Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Dasar PHP

Apa itu PHP ?

PHP adalah bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Karena itu sintaks dan perintah-perintah PHP akan dieksekusi di server kemudian hasilnya dikirimkan ke browser dalam format HTML. Jadi kode program yang ditulis dalam PHP tidak akan terlihat oleh user sehingga keamanan halaman web lebih terjamin.
(PHP: Hypertext Preprocessor)

Kepanjangan PHP adalah Hypertext Prepocessor, dirancang untuk membentuk halaman web yang dinamis, yaitu halaman web yang dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan halaman permintaan terkini, seperti menampilkan isi basis data ke halaman web. PHP adalah Open Source Product, sehingga source code PHP dapat diubah dan didistribusikan secara bebas. Untuk versi terbaru PHP dapat diunduh gratis di situs resminya PHP: http:///www/php.net.

Persiapan yang diperlukan untuk belajar PHP diantaranya adalah: 
  1. Sistem operasi bisa menggunakan windows
  2. Browser seperti mozilla firefox, internet explorer, google chrome dll.
  3. XAMPP merupakan aplikasi yang mengintegrasikan beberapa aplikasi utama web di dalamnya. Di dalam XAMPP tersedia  instalasi modul PHP, MySQL, web server Apache. Untuk XAMPP terbaru dapat diunduh di http://sourceforge.net/projects/xampp/
  4. Web editor. Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengetikkan kode-kode program PHP, HTML, Javascript. Seprti Notepad, Notepad++, Adobe dreamweaver dan sebagainya.

Baca juga  Artikel lainnya:  Download ebook PHP dan HTML

Bagi yang mau mendownload yang lainnya silahkan kunjungi navigasi menu pada blog ini yaitu : menu halaman utama umar-danny.blogspot.com


Demikian artikel singkat mengenai pengertian PHP dan persiapan yang diperlukan untuk belajar PHP. Selanjutnya untuk lebih memahami dan mendalaminya, silahkan baca dan download sebuah ebook yang cukup bagus, dari achmatim (achmatim.net) di bawah ini :

Download Tutorial PHP MySQL Tutorial PDF Lengkap Bahasa Indonesia


Untuk mendapatkannya, silahkan klik link berikut ini Free Download ebook pemprograman web dengan php dan mysql.

Sumber artikel: umardanny.com

Posting Komentar untuk "Pengenalan Dasar PHP "