Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat dan Khasiat Daun Seledri Untuk Pengobatan

Jenis Daun Seledri

Daun Seledri bahasa latinnya disebut apium graveolens, sedangkan di jawa disebut sledri. Saledri orang sunda biasa menyebutnya adalah tanaman yang termasuk ke dalam famili umbelliferae. Seledri di bagi menjadi tiga jenis diantaranya :
1. Seledri Daun atau Alpium graveolens L.var.secalinum Alef, dengan ciri khasnya terletak pada tata cara panennya. Dengan mencabut batang atau dipetik tangkai daunnya.

2. Seledri berumbi atau A.graveolens L.var.rapaceum Alef, cirinya terletak pada pangkal batangnya yang membengkak membentuk umbi. Biasanya jenis seledri ini hanya dipanen daunnya saja.

3. Seledri potongan atau A.graveolens L.var.slvestre Alef, cirinya seledri ini dipanen dengan cara memotong tanaman pada pangkal batangnya saja.
Masyarakat Indonesia banyak memanfaatkan seledri daun dibandingkan dengan dua jenis lainnya yaitu berumbi dan seledei potongan. Bentuk daun seledri menyirip ganjil dengan anak daun sekitar 4-7 helai dan bersifat majemuk. Tepi daun tampak beringgit dengan pangkal, serta ujungnya runcing.

Khasiat Daun Seledri

Mengobati batuk 

Untuk mengobati batuk bahan yang diperlukan diantaranya:
- Daun seledri segar sebanyak 30 gram
- Air bersih 3 gelas
- Madu sedikit saja
Cara membuatnya daun seledri dicuci terlebih dulu lalu dipotong-potong, kemudian rebus dalam air bersih hingga tersisa satu gelas. Setelah daun seledri dingin lalu disaring, tambahkan madu bila anda menyukainya. Cukup diminum dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Mengobati reumatik

Untuk pengobatan reumatik  bahan yang diperlukan
- Daun seledri cukup satu tangkai saja.
Cara membuatnya daun seledri di cuci sampai bersih. Berikan kepada yang sakit batuk dengan cara dimakan sebagai lalapan setiap kali makan.

Mengobati Mata kering

Untuk mengobati mata kering bahan yang diperlukan yaitu:
- Daun seledri sebanyak 2 tangkai
- Daun bayam 2 lembar
- Daun kemangi 1 lembar
- Air panas 1 gelas
Cara membuatnya semua bahan di atas, ditumbuk bersama kemudian di seduh dengan air panas dan disaring. Lalu berikan kepada yang sakit untuk meminumnya.

Menyuburkan Rambut

Bahan yang diperlukan untuk menyuburkan rambut:
- Daun seledri 7-10 tangkai
Cara pembuatannya daun seledri dicuci sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Cara menggunakannya agar rambut subur kembali adalah keramas dahulu, setelah itu gosokkan daun seledri ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan.

Mengobati Hipertensi

Bahan yang diperlukan untuk mengobati hipertensi adalah:
- Daun seledri secukupnya
- Air masak secukupnya
Cara pembuatannya daun seledri dicuci hingga bersih, lalu diperas dengan air masak, kemudian disaring. Cara menggunakannya diminum 3 kali sehari, setiap minum cukup 2 sendok makan.

Semoga artikel 5 manfaat dan khasiat daun seledri untuk pengobatan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat dan Khasiat Daun Seledri Untuk Pengobatan"