Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya ~ Part-2

Melanjutkan tulisan Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya bagian pertama (soal nomor 1-10), bagian kedua soal ujian sekolah/UASBN Sejarah dimulai dari nomor 11.

11. Salah satu ciri kehidupan yang menonjol pada masyarakat zaman mesolithikum atau zaman batu madya adalah hidup dari meramu dan berburu. Kebanyakan dari mereka hidup di gua-gua di tepi pantai. Hal ini terbukti dengan banyak ditemukannya ….
A. mata tombak dan mata panah di dasar-dasar sungai di Indonesia
B. peninggalan berupa menhir, sarkofagus dan pundek berundak
C. alat-alat rumah tangga berupa periuk belanga dan manik-manik
D. sampah dapur yang dikenal dengan sebutan kjokkenmoddinger
E. peninggalan yang berupa manik-manik dan perhiasan lainnya                                                            Jawaban: D

12. Agama Islam masuk ke Indonesia selain dibawa oleh pedagang muslim ternyata ada yang secara sengaja disebarkan oleh para ulama atau mubalig. Cara penyebaran Islam ini dilakukan melalui ....
A. dakwah
B. politik
C. kesenian
D. pendidikan
E. tasawuf
Jawaban: A

13. Pengaruh Hindu masuk ke wilayah Indonesia dalam segala bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Contoh berkembangnya pengaruh India dalam tradisi pemerintahan bangsa Indonesia adalah ….
A. kepala suku menentukan kelompok sukunya
B. pengangkatan raja di lingkungan rakyat
C. raja menentukan kerajaan mutlak
D. munculnya pemerintahan berbentuk kerajaan
E. dikenalkannya kasta dalam masyarakat
Jawaban: D

14. Sultan Iskandar Muda berkuasa di Kerajaan Aceh pada tahun 1607-1636.  Pada masa pemerintahannya terjadi banyak penaklukan di wilayah yang berdekatan dengan Aceh. Wilayah berikut ini termasuk kekuasaan Aceh, kecuali ....
A. Deli, Bintan, dan Kampar
B. Pariaman, Minangkabau dan Perak
C. Pahang, Bintan, dan Kedah
D. Palembang, Johor, dan Minangkabau
E. Pariaman, Kampar, dan Pahang
Jawaban: C

15. Perhatikan pernyataan dibawah ini :
1) Jarak yang terlalu jauh
2) Portugis dibantu oleh pihak lain
3) Peralatan perang yang kurang seimbang
4) Lemahnya semangat pasukan Kerajaan Demak
5) Strategi perang yang kurang jitu
Dari pernyataan di atas,  manakah yang menjadi faktor kegagalan Adipati Unus saat menyerang Portugis di Malaka ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 4, 5
C. 1, 3, 5
D. 3, 4, 5
E. 2, 3, 4
Jawaban: C
                                                                                                           
16. Kesultanan Banten mengalami kemakmuran pada masa pemerintahan ....
A. Sultan Hasanudin
B. Sultan Maulana Yusuf
C. Sultan Ageng Tirtayasa
D. Sultan Abul Ma'ali Ahmad Kenari
E. Sultan Abdul Mufachir Mamud Abdul Kadir Kenari       
Jawaban: E

17. Di wilayah Banten banyak ditemukan sejumlah artefak masa pra-aksara zaman megalitikum yang terpusat di sekitar Gunung Pulosari. Salah satunya adalah Situs Citaman yang terletak di ... .
A. Kabupaten Serang
B. Kabupaen Lebak
C. Kabupaten Pandeglang
D. Kota Serang
E. Kota Cilegon
Jawaban: B

18. Penjelajah asal Belanda yang tiba di pelabuhan Banten pada tahun 1596 dan melakukan kontak dagang dengan kesultanan Banten adalah …
A. Christoper Columbus
B. Cornelies de Houtman
C. Alfonso de Albuquerque
D. Vasco da Gama
E. Bhartolomeus Dhiaz
Jawaban: B

19. Munculnya pergerakan rakyat Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908. Tujuan Pergerakan Nasional Indonesia adalah ....
A. mencapai kemerdekaan bangsa dari penindasaan kaum penjajah
B. memperoleh keuntungan di bidang perdagangan
C. memajukan pendidikan dan pengajaran di Indonesia
D. meningkatkan kesejahteraan sosial Indonesia
E. mengembangkan kebudayaan nasional Indonesia
Jawaban: A

20. Pada masa awal pendudukan Jepang di Indonesia, para tokoh pergerakan nasional bersikap kooperatif terhadap Jepang. Hal ini terbukti dengan dibentuknya organisasi Pusat Tenaga Rakyat (Putera) oleh Jepang yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Jepang berharap organisasi tersebut dapat dijadikan alat untuk mendukung perang Jepang di Pasifik. Namun kenyataan sebaliknya, para tokoh memanfaatkan organisasi tersebut untuk ….
A. mendapat simpati dalam upaya mempengaruhi kebijakan pemerintah
B. melakukan gerakan di bawah tanah untuk berbalik menyerang Jepang
C. mempelajari strategi yang dilakukan Jepang dalam menghadapi Sekutu
D. menduduki posisi dalam pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia
E. menanamkan semangat nasionalisme untuk mewujudkan Indonesia merdeka Jepang   
Jawaban: E

Lanjut ke soal nomor 21-30 => Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya ~ Part-3                                                                                                 

Posting Komentar untuk "Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya ~ Part-2"