Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengatasi Radang: Kandung Kemih (Cystitis) Pada Anak

Gejala infeksi saluran kemih ditandai dengan adanya rasa neyeri saat buang air kecil. Infeksi ini dapat menjalar ke ginjal dan menimbulkan nyeri pinggang, demam, berkeringat, menggigil ataupun sakit kepala. Umumnya, infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri.

Bila anak Anda mengalami keluhan sakit ketika buang air kecil, curigai terinfeksinya saluran kemih, dr. Aji memberikan saran bagi bunda atau orang tua, untuk melakukan hal berikut di bawah ini:

  1. Berikan anak minum air dalam jumlah sedikit, tetapi sering.
  2. Jagalah kebersihan daerah kemaluan, terutama anak perempuan, bersihkan dengan baik, yakni dengan cara mengelap dari depan ke belakang, bukan dari belakang ke depan, serta gunakan pakaian dalam berbahan katun warna putih agar kotoran dapat terlihat.
  3. Hubungi dokter bila bertambah buruk.
gambar anak ceria tanpa radang kandung kemih

Cara Mengatasi Radang: Kandung Kemih dengan Resep Tradisional

Selain cara di atas, resep tradisional dapat juga Anda gunakan sebagai obat kandung kemih dengan cara memberikan kapsul garlic (bawang putih) yang dapat dibeli di apotek sesuai dosis atau asamkan urin dengan cara minum larutan 2 sdt cuka apel dan 1 sdt madu murni dengan 1 gelas air tiap makan.

Semoga tulisan singkat bagaimana cara mengatasi radang: kandung kemih (cystitis) pada anak, bermanfaat bagi bunda dan orang tua.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengatasi Radang: Kandung Kemih (Cystitis) Pada Anak"