Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Makan Secukupnya untuk Kesehatan di Bulan Ramadhan

Setelah berpuasa satu hari penuh, terkadang kita lupa di waktu berbuka makan berlebihan. Perlu diketahui bahwa makan secukupnya tidak akan membuat gemuk ataupun kurus. Kolesterol tidak tinggi atau rendah, darah tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.

Makan secukupnya merupakan cara yang paling ampuh menjauhkan diri dari penyakit. Apa yang dimaksud makan secukupnya? Baik kita ibaratkan perut kita isinya ada 3 bagian, bagian pertama berisi air, kedua berisi makanan dan ketiganya adalah udara. Jadi janglah porsi makanan mengalahkan porsi maa kanan mengalahkan jatahnya rongga udara maupun air. Ini akan menjadikan badan Anda terasa ringan dan nyaman. Jika makan kenyang kita ukur 100% maka maksimal kita hanya 80%.

Ada sebuah cerita sejarah yang diarsipkan ahli hadist. Bahwa Nabi Muhammad SAW pernah dihadiahi seorang dokter dari raja Mesir. Sang dokter bertugas mengawasi dan membantu pengobatan masyarakat Islam Madinah. Tetapi sang dokter lebih banyak menganggur, masyarakat Madinah sehat-sehat saja, jarang ada yang sakit. Sang dokter penasaran lalu bertanya kepada Nabi apa rahasianya sehingga umatnya banyak yang sehat-sehat. Nabi menjawab, "Kami suatu kaum yang tidak makan kecuali jika merasa lapar dan jika makan tidak sampai kenyang."

Bagaimana cara menjalankan makanan secukupnya? Jika aktivitas Anda sedikit maka jumlah makanan juga sedikit, jika aktivitas Anda banyak maka makannya juga banyak. Yang penting energi yang masuk ke dalam tubuh harus dikeluarkan melalui aktivitas fisik dan psikis, sehingga energi tidak menumpuk dalam tubuh.

Sumber: Sehat dan Bugar dengan terapi jus buah dan sayur (Shinta Faramita: 2012)

Posting Komentar untuk "Manfaat Makan Secukupnya untuk Kesehatan di Bulan Ramadhan"