Contoh Soal UKG SD dan Kunci Jawaban (Bag. 2)
Pada contoh soal UKG SD dan Kunci Jawaban yang pertama telah dibuat soal dan kunci jawaban sebanyak 10 (sepuluh). Berikut ini lanjutan dari soal UKG yang pertama:
1. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut....
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen
E.Ada 2 jawaban benar
Jawaban: A
2. Pada operasi pengurangan bilangan-bilangan bulat tidak berlaku sifat - sifat berikut, kecuali....
A.komutatif
B.asosiatif
C.tertutup
D.ada unsur inversinya
Jawaban: C
3. Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu....
A.Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi
B.Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C.Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu
D.Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E.Tidak ada jawaban benar
Jawaban: D
4. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah adalah sebagai berikut, kecuali....
A.tingkat keseriusan masalah
B.kemampuan guru untuk menangani masalah
C.ada tidaknya mitra kolaborasi
D.kompleks tidaknya masalah.
E.Semua jawaban benar
Jawaban: C
5. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan....
A.Tahap pengetahuan (kowledge)
B.Tahap bujukan (persuasion)
C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.Tahap implementasi (implementation)
E.Tidak ada jawaban
Jawaban: B
6. Kelebihan soal obyektif antara lain....
A.materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B.menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C.scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D.materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E.Ada 2 jawaban benar
Jawaban: D
7. Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran....
A.CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
B.MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
C.PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
D.Unit / Pembelajaran Terpadu.
E.PKR - Unit
Jawaban: D
8. Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
A.organ, saraf, dan otak
B.otot, badan, dan otak
C.otot, saraf, dan otak
D.otot, saraf, dan pikiran
E.otak, mainan edukatif
Jawaban: C
9. Perbandingan uang Amin dan Ahmad adalah 2 : 3 Jika jumlah uang mereka Rp.2000.000, selisih uang mereka adalah....
A.Rp.500.000
B.Rp.400.000
C.Rp.300.000
D.Rp.200.000
E.Rp.100.000
Jawaban: B
10. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam....
A.Tujuan yang ingin dicapai
B.Prosedur yang digunakan
C.Kondisi normatif
D.Struktur sosial
E.Semua jawaban benar
Jawaban: D
1. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut....
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen
E.Ada 2 jawaban benar
Jawaban: A
2. Pada operasi pengurangan bilangan-bilangan bulat tidak berlaku sifat - sifat berikut, kecuali....
A.komutatif
B.asosiatif
C.tertutup
D.ada unsur inversinya
Jawaban: C
3. Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu....
A.Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi
B.Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C.Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu
D.Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E.Tidak ada jawaban benar
Jawaban: D
4. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah adalah sebagai berikut, kecuali....
A.tingkat keseriusan masalah
B.kemampuan guru untuk menangani masalah
C.ada tidaknya mitra kolaborasi
D.kompleks tidaknya masalah.
E.Semua jawaban benar
Jawaban: C
5. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan....
A.Tahap pengetahuan (kowledge)
B.Tahap bujukan (persuasion)
C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.Tahap implementasi (implementation)
E.Tidak ada jawaban
Jawaban: B
6. Kelebihan soal obyektif antara lain....
A.materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B.menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C.scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D.materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E.Ada 2 jawaban benar
Jawaban: D
7. Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran....
A.CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
B.MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
C.PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
D.Unit / Pembelajaran Terpadu.
E.PKR - Unit
Jawaban: D
8. Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
A.organ, saraf, dan otak
B.otot, badan, dan otak
C.otot, saraf, dan otak
D.otot, saraf, dan pikiran
E.otak, mainan edukatif
Jawaban: C
9. Perbandingan uang Amin dan Ahmad adalah 2 : 3 Jika jumlah uang mereka Rp.2000.000, selisih uang mereka adalah....
A.Rp.500.000
B.Rp.400.000
C.Rp.300.000
D.Rp.200.000
E.Rp.100.000
Jawaban: B
10. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam....
A.Tujuan yang ingin dicapai
B.Prosedur yang digunakan
C.Kondisi normatif
D.Struktur sosial
E.Semua jawaban benar
Jawaban: D
Posting Komentar untuk "Contoh Soal UKG SD dan Kunci Jawaban (Bag. 2)"