Contoh Soal UKG Pendagogik Terbaru dan Jawaban (Bag.5)
Beberapa soal pendagogik UKG 2015 beserta jawabannya telah saya bagikan di blog ini, soal pendagogik sebelumnya bisa anda baca pada tulisan contoh soal pendagogik UKG terbaru bagian 4. Berikut ini soal lanjutannya untuk anda pelajari, semoga bisa membantu bapak/ibu guru untuk menghadapi ujian kompetensi guru (UKG) Online yang sesungguhnya..
1. Jika kita menemukan siswa-siswa yang sejak kelas 1 hingga kelas 8 SD bersikap penurut saja atau selalu menguasai teman-temannya, maka sifat-sifat demikian cenderung mereka tunjukkan hingga taraf kedewasaan. Deskripsi ini merupakan gambaran kepribadian....
a. percaya lawan tidak percaya
b. otonomi lawan peragu/pemalu
c. rendah diri lawan modernisasi
d. inisiatif lawan merasa bersalah
jawaban: c
2. Siswa-siswa yang peramah, penakut, teliti, mampu mengambil kesimpulan, jujur atau pendedam merupakan karakteristik dari....
a. sikap
b. kepribadian
c. temperamen
d. sifat
jawaban: b
3. Saat menyadari ada perbedaan sifat, sikap, watak, temperamen, dan pengalaman antara dirinya dengan orang lain, mulai dialami oleh anak usia....
a. 1-2 tahun
b. 2-4 tahun
c. 5-7 tahun
d. 6-12 tahun
jawaban: d
4. Siswa yang berusaha melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan-rangsangan berupa tekanan-tekanan dan tuntutan-tuntutan dari lingkungannya, belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain, serta bertingkah laku di dalam lingkungan sosiokulturalnya dikenal sebagai....
a. akulturasi
b. akomodasi
c. asimilasi
d. sosialisasi
jawaban: c
5. Masa anak berusia 13-16 tahun (remaja awal) mencapai tahap perkembangan sosial dengan kesadaran huubungan aku-engkau atau hubungan subyektif-obyektif. Perkembangan dalam tahapan ini berlangsung secara....
a. subyektif
b. subyektif menuju obyektif
c. pra puber
d. obyektif
jawaban: b
6. Pandangan dan paham ke-Tuhan-an diterangkan secara rasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber pada tanda alam semesta sebagai pengejawantahan (manifestasi) dari keberadaan dan keagungan-Nya. Pernyataan ini merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan anak masa....
a. kanak-kanak
b. anak sekolah
c. remaja
d. masa remaja akhir
jawaban: a
7. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa, serta setia mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai suatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral....
a. prekonvensional
b. konvensional
c. postkonvensional
d. interkonvensional
jawaban: b
8. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA seta IPS sebagai media pembelajaran adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan....
a. pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkungannya (sensorimotor)
b. dominasi pengamatan bersifat egosentris (preoperational)
c. anak memahami bilangan dan angka tetap masih terikat dengan obyek bersifat kongkrit (operasional kongkrit)
d. kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat kongkrit (operasional format)
jawaban: a
9. Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan, riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia....
a. 3-5 tahun
b. 6-8 tahun
c. 10-12 tahun
d. 15-18 tahun
jawaban: c
10. Kemampuan proses berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat dengan obyek-obyek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia....
a. 0-2 tahun
b. 2-7 tahun
c. 7-11/12 tahun
d. 11/12-14/15 tahun
jawaban: c
1. Jika kita menemukan siswa-siswa yang sejak kelas 1 hingga kelas 8 SD bersikap penurut saja atau selalu menguasai teman-temannya, maka sifat-sifat demikian cenderung mereka tunjukkan hingga taraf kedewasaan. Deskripsi ini merupakan gambaran kepribadian....
a. percaya lawan tidak percaya
b. otonomi lawan peragu/pemalu
c. rendah diri lawan modernisasi
d. inisiatif lawan merasa bersalah
jawaban: c
2. Siswa-siswa yang peramah, penakut, teliti, mampu mengambil kesimpulan, jujur atau pendedam merupakan karakteristik dari....
a. sikap
b. kepribadian
c. temperamen
d. sifat
jawaban: b
3. Saat menyadari ada perbedaan sifat, sikap, watak, temperamen, dan pengalaman antara dirinya dengan orang lain, mulai dialami oleh anak usia....
a. 1-2 tahun
b. 2-4 tahun
c. 5-7 tahun
d. 6-12 tahun
jawaban: d
4. Siswa yang berusaha melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan-rangsangan berupa tekanan-tekanan dan tuntutan-tuntutan dari lingkungannya, belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain, serta bertingkah laku di dalam lingkungan sosiokulturalnya dikenal sebagai....
a. akulturasi
b. akomodasi
c. asimilasi
d. sosialisasi
jawaban: c
5. Masa anak berusia 13-16 tahun (remaja awal) mencapai tahap perkembangan sosial dengan kesadaran huubungan aku-engkau atau hubungan subyektif-obyektif. Perkembangan dalam tahapan ini berlangsung secara....
a. subyektif
b. subyektif menuju obyektif
c. pra puber
d. obyektif
jawaban: b
6. Pandangan dan paham ke-Tuhan-an diterangkan secara rasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber pada tanda alam semesta sebagai pengejawantahan (manifestasi) dari keberadaan dan keagungan-Nya. Pernyataan ini merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan anak masa....
a. kanak-kanak
b. anak sekolah
c. remaja
d. masa remaja akhir
jawaban: a
7. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa, serta setia mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai suatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral....
a. prekonvensional
b. konvensional
c. postkonvensional
d. interkonvensional
jawaban: b
8. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA seta IPS sebagai media pembelajaran adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan....
a. pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkungannya (sensorimotor)
b. dominasi pengamatan bersifat egosentris (preoperational)
c. anak memahami bilangan dan angka tetap masih terikat dengan obyek bersifat kongkrit (operasional kongkrit)
d. kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat kongkrit (operasional format)
jawaban: a
9. Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan, riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia....
a. 3-5 tahun
b. 6-8 tahun
c. 10-12 tahun
d. 15-18 tahun
jawaban: c
10. Kemampuan proses berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat dengan obyek-obyek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia....
a. 0-2 tahun
b. 2-7 tahun
c. 7-11/12 tahun
d. 11/12-14/15 tahun
jawaban: c
1 komentar untuk "Contoh Soal UKG Pendagogik Terbaru dan Jawaban (Bag.5)"
taat pada aturan sosial itu bagian keaadaran tertinggi dalam moral