Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak, Ternyata Banyak Loh!

Buah sirsak atau durian belanda merupakan tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan. Buah yang satu ini, selain enak untuk dimakan apalagi dibuat jus, ternyata mempunyai manfaat dan khasiat yang luar biasa.

Menurut dr. Dwi Budhi Susanto dalam bukunya "Ini dia Fakta Buah dan Sayur Beracun" yang mengupas fakta dan sayuran baik dari khasiatnya maupun kandungan racunnya. Banyak manfaat khasiat dari buah sirsak, berikut diantaranya:
image dari www.fruitipedia.com

Baca juga : Ini loh, 5 makanan dan minuman pencegah kanker payudara


Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak


  • Hasil riset membuktikan jika buah sirsak ini bisa menyerang  sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, dan rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo. Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tidak membayakan atau membunuh sel-sel sehat.
  • Sirsak dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.
  • Konsumsi sirsak dapat meningkatkan energi dan memperbaiki penampilan fisik.
  • Secara efektif sirsak mampu membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas.
  • Manfaat lain dari buah sirsak ini adalah kandungan vitamin yang paling dominan yaitu vitamin C, sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 daging buah sirsak.
  • Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).
  • Mineral yang cukup dominan dalam buah sirsak adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.
  • Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, anti sembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar). 
Tunggu apalagi, yuk konsumsi buah sirsak agar kita selalu fit dan bugar :D

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak, Ternyata Banyak Loh!"