Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Sistem Operasi GUI dan Teks (CUI/Character User Interface)

Pada tulisan kali ini, membahas tentang perbedaan sistem operasi GUI (graphic user interface) dan teks atau disebut juga CUI (character user interface).

Sistem Operasi Berbasis GUI

Sistem Operasi GUI merupakan sistem operasi dimana user/pengguna dapat berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar/simbol-simbol, dan tentu hal ini akan lebih memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna. Sistem operasi berbasis GUI disebut juga sistem operasi yang "user freindly" atau mudah digunakan.


Contoh Sistem Operasi GUI

1. Windows

Siapa tak kenal sistem operasi yang satu ini, dari kita sekolah dasar sampai menengah atas, telah terbiasa menggunakan sistem operasi keluaran microsoft corportation ini. Windows sendiri merupakan sistem operasi yang bekerja dibawah kendali DOS (Disk Operating System). Kelebihan windows dibandingkan dengan DOS adalah Multitasking, yaitu kemampuannya untuk melakukan beberapa program secara serempak dalam waktu yang bersamaan dalam bentuk jendela yang dapat dipindah dari satu program ke program lainnya. Contoh sistem operasi windows, diantaranya: Microsoft Windows 98, Windows XP, Vista, Windows7, Windows 8 dan yang terbaru adalah windows 10.

2. Linux

Linux merupakan sistem operasi open source alias gratis yang dikeluarkan pada tahun 1991. Linux generasi I merupakan sistem operasi berbasis teks. Setelah berkembang pesat, Linux saat ini telah berbasiskan grafis sebagai antar mukanya. Linux terdiri dari beberapa distribusi (pengembang). Jenis sistem operasi Linux diantaranya: Linux Redhat, Linux Debian, Linux Caldera Open, Linux Mandrake, Linux Caldera Open, Linux Suse, Linux Turbo, Linux Corel, Linux Fedora dan Linux Ubuntu.

Linux merupakan sistem operasi untuk PC yang bekerja secara multitasking dan multiuser. Multitasking artinya dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, misalnya sobat dapat bermain game sambil mendownload dari internet. Sedangkan multiuser artinya Linux mensupport (mendukung) penggunaan aplikasi atau komputer untuk melayani beberapa user sekaligus, misalnya sebuah program dapat digunakan bersama-sama pada jaringan/network. Sistem operasi Linux merupakan tiruan dari UNIX yang dirancang untuk dijalankan pada Personal Computer (PC).

3. Macintosh 

Sistem Operasi Macintosh merupakan sistem operasi  yang dibuat oleh Apple, yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc. pada bulan Januari  tahun1984. Apple merupakan perusahaan silicon valley berbasis cupertino, California yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Pada tahun 1970an Apple banyak membantu revolusi komputer pribadi dengan produknya yang dinamai Apple II, dan melanjutkan sejak tahun 1980an hingga sekarang dengan nama Macintosh Operating System atau disingkat Mac Os. Sistem Operasi Mac Os merupakan sistem operasi (OS) pertama yagn menggunakan GUI.

Sistem Operasi Berbasis Teks (CUI)

Sistem operasi berbasis teks disebut juga CUI (character user interface) dimana user berinteraksi dengan sistem yang menggunakan perintah-perintah yang berupa text.
Contoh Sistem Operasi Berbasis Teks

1. Unix

Sistem operasi Unix adalah sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan pada tahun 1960. Sistem Operasi Unix merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix, yaitu Unix, OpenBsd dan FreeBSD. Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP, dan Sun Solaris. Unix merupakan sistem operasi yang bersifat tidak tergantung padsa perangkat dasar tertentu (portable), sehingga dapat digunakan mulai dari platform Notebook hingga super komputer.

2. Dos (disk operating system)

Sistem Operasi DOS adalah sistem operasi pada komputer dengan menggunakan karakter-karakter teks (character user interface), baik untuk user/pengguna maupun pada sistemnya. DOS adalah sistem operasi pertama yagn dijalankan  pada komputer IBM PC kompatibel. Sistem operasi DOS pertama kali dikembangkan oleh IBM lalu dilanjutkan oleh Microsoft. DOS dikeluarkan pada tahun 1981 oleh Microsoft dan sampai sekarang tetap disertakan dalam sistem operasi windows.


Demikian artikel singkat tentang perbedaan sistem operasi GUI dan Teks, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Perbedaan Sistem Operasi GUI dan Teks (CUI/Character User Interface)"