Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Geografi Kelas XII Semester 2 Beserta Jawabannya (Essay Part-4)

Melanjutkan bagian ketiga contoh soal geografi kelas XII Semester 2 beserta jawabannya dalam bentuk essay. Pada bagian keempat masih berisikan materi tentang pola keruangan kota, dengan soal dimulai dari nomor 31 sampai dengan 40.

31. Salah satu permasalahan penduduk kota yang berkenaan dengan jumlah penduduk yang besar merupakan permasalahan secara...
Jawaban: demografis

32. Berdasarkan fungsinya, kota yang berhubungan erat dengan adat istiadat yang berlaku pada masyarakat setempat disebut...
Jawaban: kota-kota sebagai sebagai pusat pusat kebudayaan

33. Berdasarkan fungsinya kota sebagai ibu kota negara, seperti Jakarta, dikelompokkan ke dalam...
Jawaban: pusat pemerintahan

34. Sebutan untuk kota Kecamatan adalah....
Jawaban:  township

35. Berdasarkan perkembangannya, kota yang kehidupan masyarakatnya sudah dikuasai oleh para tiran sehingga sangat kacau dinamakan....
Jawaban: trynopolis

36. Jelaskan perbedaan antara kota sebagai pusat kebudayaan dan kota sebagai pusat perdagangan!
Jawaban: perbedaan antara kota sebagai pusat kebudayaan dan kota sebagai pusat perdagangan
a. Kota sebagai pusat kebudayaan, yaitu kota yang berhubungan erat dengan adat istiadat yang berlaku pada masyarakat setempat
b. Kota pusat perdagangan, yaitu kota yang mempunyai sarana sebagai penyalur bahan kebutuhan pokok daerah kota dan hinterlandnya.

37. Jelaskan faktor kependudukan yang memengaruhi perkembangan kota!
Jawaban: 
a. Pertambahan penduduk alami
Pertambahan penduduk alami adalah pertambahan penduduk yang dihitung berdasarkan jumlah kelahiran dan kematian. Pertambahan penduduk alami akan menggambarkan adanya pertumbuhan kota. Apabila sebuah kota pertumbuhan penduduknya hampir sama sama dengan desa dapat diperkirakan bahwa kota tersebut akan sedikit sekali terjadi pergeseran penduduk dari sektor pertanian ke luar sektor pertanian. Selain itu tingkat urbanisasinya juga sangat kecil

b. Urbanisasi
Urbanisasi yaitu proses persebaran atau distribusi, perubahan difusi, dan pola menurut waktu dan tempat. Namun urbanisasi lebih diartikan sebagai perpindhan penduduk dari desa ke kota.

38. Jelaskan mengenai teori konsentris yang mendasari perkembangan suatu kota!
Jawaban: teori konsentris beranggapan bahwa kota yang besar mempunyai kecenderungan berkembang ke arah luar di semua bagian-bagiannya. Oleh karena itu, pola keruangan yang dihasilkan akan berbentuk seperti lingkaran yang berlapis-lapis dengan daerah pusat kegiatan (CBD) sebagai intinya.
Baca juga: Contoh Soal USBN Geografi SMA dan Kunci Jawabannya
39. Apa yang menyebabkan munculnya segregrasi sosial pada penduduk kota?
Jawaban: Segregasi sosial pada penduduk kota muncul karena penduduk kota mempunyai ciri-ciri yang heterogen, sehingga mempunyai berbagai tingkat kegiatan dan kemampuan yang menyebabkan munculnya segregasi sosial. Segregasi ini pada akhirnya akan membangun struktur sosial yang dapat dilihat pada pola homogen daerah kota.

40. Jelaskan aspek-aspek yang digunakan untuk melihat struktur penduduk kota!
Jawaban: aspek-aspek yang digunakan untuk melihat struktur peduduk kota sebagai berikut.
a. Struktur penduduk kota dilihat dari jenis mata pencaharian.
Mata pencaharian penduduk kota bersifat nonagraris, seperti menjadi pegawai, pedagang, pekerja pabrik, maupun bidang jasa sehingga struktur jenis mata pencaharian penduduknya akan mengikuti fungsi kota tempat inggalnya.
b. Struktur penduduk kota dilihat dari segi umur.
Sebagian besar penduduk yang tinggal di kota merupakan kelompok umur produktif. Hal ini karena penduduk yang sudah tidak produktif akan tinggal di luar kota yang mempunyai suasana yang lebih tenang.
c. Struktur penduduk kota dilihat dari jenis kelamin.
Adna Ferrin Weber mengatakan bahwa perkembangan jumlah penduduk kota antara pria dan wanita pada kota besar ternyata lebih banyak dihuni oleh wanita daripada pria.

Lanjut ke soal nomor 41-50 => Contoh Soal Geografi Kelas XII Semester 2 Beserta Jawabannya (Essay Part-5)

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Geografi Kelas XII Semester 2 Beserta Jawabannya (Essay Part-4)"