Contoh Soal PG dan Jawaban Sejarah Kelas XI IPA Semester 2 (Part-2)
Soal Uji Kompetensi yang sedang Anda baca ini, merupakan lanjutan dari Contoh Soal PG dan Jawaban Sejarah Kelas XI IPA Semester 2 bagian pertama (soal nomor 1-15). Pada bagian kedua, berisikan materi soal sejarah yang sama dengan Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Kelas XI IPA Semester 2 bagian kedua, yaitu tentang"Peristiwa-peristiwa Penting Sekitar Proklamasi", seperti: peristiwa Rengasdengklok, perumusan teks proklamasi, serta pelaksanaan Proklamasi dan penyebaran berita Proklamasi.
Berikut di bawah ini, soal Pilihan Ganda Sejarah untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 16 sampai dengan 30.
16. Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena adanya perbedaan pendapat mengenai....
a. penandatanganan naskah proklamasi
b. waktu pelaksanaan proklamasi
c. pembaca teks proklamasi
d. penyerahan tentara-tentara Jepang kepada Sekutu
e. tempat pelaksanaan proklamasi
Jawaban: b
17. Ketegangan di Rengasdengklok dapat diakhiri setelah....
a. Jepang mengabulkan permintaan golongan muda
b. dibacakannya proklamasi
c. golongan tua mendapat izin dari Jepang
d. adanya jaminan dari Ahmad Subardjo
e. adanya jaminan dari Laksamana Maeda
Jawaban: d
18. Latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah....
a. pertentangan para pemuda dengan para pemimpin Jepang
b. pertentangan antara para pemuda dengan golongan tua tentang proklamasi kemerdekaan
c. pertentangan antara pihak Jepang dengan pihak Sekutu
d. Jepang menghalangi persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia
e. para pemuda ingin memproklamasikan kemerdekaan di Rengasdengklok
Jawaban: b
19. Tujuan para pemuda menculik Ir. Seokarno dan Drs. Moh. Hatta ke luar kota adalah....
a. memaksa kedua tokoh tersebut untuk memproklamasikan Indonesia
b. menjauhkan keduanya dari pengaruh Jepang
c. memusyawarahkan waktu pelaksanaan proklamasi Indonesia
d. menjaga keamanan kedua tokoh tersebut dari ancaman golongan ekstrem
e. mengangkat kedua tokoh tersebut sebagai tokoh proklamator Indonesia
Jawaban: b
20. Naskah proklamasi kemerdekaan dari Soekarno diketik oleh Sayuti Melik, dengan alasan....
a. agar tidak menimbulkan persepsi yang salah tentang teks proklamasi
b. teks proklamasi Sokearno ada yang salah
c. tidak dapat dibaca dengan mudah
d. kertasnya sangat sederhana
e. bahasanya kurang jelas
Jawaban: a
21. Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dirumuskan oleh....
a. Ir. Soekarno, Drs. Moh Hatta, dan Mr. Ahmad Soebardjo
b. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan dr. Radjiman Wediodiningrat
c. dr. Radjiman Wediodiningrat, Sukarni, dan Sudiro
d. Ir. Soekarno, Mr. A. Soebardjo, dan Sukarni
e. Drs. Moh. Hatta, Wikana, dan A.G. Pringgodigdo
Jawaban: a
22. Peran tokoh Sayuti Melik dalam peristiwa proklamasi adalah...
a. sebagai penghubung antara golongan tua dengan golongan muda
b. sebagai pelaksana penculikan terhadap Ir. Soekarno dan Moh. Hatta
c. pengetik naskah proklamasi yang autentik
d. perumus naskah proklamasi bersama dengan Soekarno dan Hatta
e. tokoh muda yang mendampingi Ahmad Subardjo ke Rengasdengklok
Jawaban: c
23. Keputusan golongan muda alam rapat tanggal 15 Agustus 1945 aalah....
a. kemerdekaan harus dibicarakan dengan golongan tua
b. golongan muda siap untuk melaksanakna proklamasi kemerdekaan
c. kemerdekaan Indonesia harus dibicarakan dengan pihak Jepang
d. kemerdekaan Indonesia adalah hak dan merupakan masalah rakyat Indonesia sendiri
e. mendesak kepada Soekarno dan Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan
Jawaban: e
24. Untuk mengamankan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta golongan pemuda membawanya ke Rengasdengklok dengan alasan....
a. tempat itu sangat keramat dan sulit dijangkau
b. terpencil dari jalan raya antara Jakarta-Cirebon sehingga dapat mengawasi tentara Jepang yang akan datang ke Rengasdengklok
c. di sana banyak pohon-pohon besar dan binatang buas sehingga cukup aman
d. tentara Jepang belum tahu tempat itu sehingga Ir. Soekarno-Moh.Hata tak akan ditemukan tentara Jepang
e. Rengasdengklok tempat khusus yang disiapkan golongan muda untuk menculik Soekano-Hatta.
Jawaban: b
25. Tujuan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta menghubungi Somobucho Nishimura setelah kembali dari Rengasdengklok dalam kaitannya dengan Proklamasi Indonesia adalah....
a. mengajak kerja sama untuk melaksanakan proklamasi Indonesia
b. memberikan penjelasan tentang tujuan proklamasi Indonesia
c. menjajaki sikap Jepang terhadap proklamasi Indonesia
d. meminta agar Jepang tidak menganggu pelaksanaan proklamasi Indonesia
e. menuntut Jepang untuk menyerahkan wilayah Indonesia kepada bangsa Indonesia
Jawaban: c
26. Fungsi proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah....
a. sebagai jembatan emas untuk mencapai tujuan bangsa
b. sebagai tujuan akhir perjuangan bangsa
c. mengusir semua intervensi asing yang aa di Indonesia
d. menguji semangat perjuangan para pemuda Indonesia
e. mendorong lahirnya semangat juang bagi generasi sekarang
Jawaban: a
27. Berikut ini merupakan pernyataan yang tepat tentang proklamasi, kecuali....
a. proklamasi dibacakan di Lapangan ikada
b. penyusunan teks proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Maeda
c. proklamasi diawali dengan Peristiwa Rengasdengklok
d. teks proklmasi dibacakan oleh Soekarno
e. konsep teks proklamasi ditulis tangan oleh Soekarno
Jawaban: a
28. Proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan ke luar negeri dengan tujuan...
a. untuk mendapatkan bantuan tentara dari negara lain
b. agar tidak diserang negara lain
c. agar diakui kedaulatannya
d. memelopori perjuangan bangsa lain
e. agar kerja sama mengusir penjajah tetap terbina
Jawaban: c
29. Peristiwa penting yang menyebabkan tentara Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu adalah....
a. kekalahan Jepang dalam perang di Laut Karang
b. jatuhnya kota Tarakan ke tangan Sekutu
c. jatuhnya kota Saigon ke tangan Inggris
d. Hiroshima dan Nagasaki dibom atom Sekutu
e. merosotnya dukungan rakyat jajahan kepada Jepang
Jawaban: d
30. Tokoh nasionalis yang dipanggil ke Dalat, Vietnam, adalah....
a. Ir. Soekarno, Ahmad Subardjo, dan Moh. Hatta
b. Moh. Hatta, Kasman Singodimejo, dan Sukarni
c. Radjiman Wediodiningrat, Ir. Soekarno, dan Moh. Hatta
d. Radjiman Wediodiningrat, Ahmad Subardjo, dan Ir. Soekarno
e. Moh. Hatta, Wikana, dan Darwis
Jawaban: c
Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal PG dan Jawaban Sejarah Kelas XI IPA Semester 2 bagian ketiga
Berikut di bawah ini, soal Pilihan Ganda Sejarah untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 16 sampai dengan 30.
16. Peristiwa Rengasdengklok terjadi karena adanya perbedaan pendapat mengenai....
a. penandatanganan naskah proklamasi
b. waktu pelaksanaan proklamasi
c. pembaca teks proklamasi
d. penyerahan tentara-tentara Jepang kepada Sekutu
e. tempat pelaksanaan proklamasi
Jawaban: b
17. Ketegangan di Rengasdengklok dapat diakhiri setelah....
a. Jepang mengabulkan permintaan golongan muda
b. dibacakannya proklamasi
c. golongan tua mendapat izin dari Jepang
d. adanya jaminan dari Ahmad Subardjo
e. adanya jaminan dari Laksamana Maeda
Jawaban: d
18. Latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah....
a. pertentangan para pemuda dengan para pemimpin Jepang
b. pertentangan antara para pemuda dengan golongan tua tentang proklamasi kemerdekaan
c. pertentangan antara pihak Jepang dengan pihak Sekutu
d. Jepang menghalangi persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia
e. para pemuda ingin memproklamasikan kemerdekaan di Rengasdengklok
Jawaban: b
19. Tujuan para pemuda menculik Ir. Seokarno dan Drs. Moh. Hatta ke luar kota adalah....
a. memaksa kedua tokoh tersebut untuk memproklamasikan Indonesia
b. menjauhkan keduanya dari pengaruh Jepang
c. memusyawarahkan waktu pelaksanaan proklamasi Indonesia
d. menjaga keamanan kedua tokoh tersebut dari ancaman golongan ekstrem
e. mengangkat kedua tokoh tersebut sebagai tokoh proklamator Indonesia
Jawaban: b
20. Naskah proklamasi kemerdekaan dari Soekarno diketik oleh Sayuti Melik, dengan alasan....
a. agar tidak menimbulkan persepsi yang salah tentang teks proklamasi
b. teks proklamasi Sokearno ada yang salah
c. tidak dapat dibaca dengan mudah
d. kertasnya sangat sederhana
e. bahasanya kurang jelas
Jawaban: a
21. Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dirumuskan oleh....
a. Ir. Soekarno, Drs. Moh Hatta, dan Mr. Ahmad Soebardjo
b. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan dr. Radjiman Wediodiningrat
c. dr. Radjiman Wediodiningrat, Sukarni, dan Sudiro
d. Ir. Soekarno, Mr. A. Soebardjo, dan Sukarni
e. Drs. Moh. Hatta, Wikana, dan A.G. Pringgodigdo
Jawaban: a
22. Peran tokoh Sayuti Melik dalam peristiwa proklamasi adalah...
a. sebagai penghubung antara golongan tua dengan golongan muda
b. sebagai pelaksana penculikan terhadap Ir. Soekarno dan Moh. Hatta
c. pengetik naskah proklamasi yang autentik
d. perumus naskah proklamasi bersama dengan Soekarno dan Hatta
e. tokoh muda yang mendampingi Ahmad Subardjo ke Rengasdengklok
Jawaban: c
23. Keputusan golongan muda alam rapat tanggal 15 Agustus 1945 aalah....
a. kemerdekaan harus dibicarakan dengan golongan tua
b. golongan muda siap untuk melaksanakna proklamasi kemerdekaan
c. kemerdekaan Indonesia harus dibicarakan dengan pihak Jepang
d. kemerdekaan Indonesia adalah hak dan merupakan masalah rakyat Indonesia sendiri
e. mendesak kepada Soekarno dan Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan
Jawaban: e
24. Untuk mengamankan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta golongan pemuda membawanya ke Rengasdengklok dengan alasan....
a. tempat itu sangat keramat dan sulit dijangkau
b. terpencil dari jalan raya antara Jakarta-Cirebon sehingga dapat mengawasi tentara Jepang yang akan datang ke Rengasdengklok
c. di sana banyak pohon-pohon besar dan binatang buas sehingga cukup aman
d. tentara Jepang belum tahu tempat itu sehingga Ir. Soekarno-Moh.Hata tak akan ditemukan tentara Jepang
e. Rengasdengklok tempat khusus yang disiapkan golongan muda untuk menculik Soekano-Hatta.
Jawaban: b
25. Tujuan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta menghubungi Somobucho Nishimura setelah kembali dari Rengasdengklok dalam kaitannya dengan Proklamasi Indonesia adalah....
a. mengajak kerja sama untuk melaksanakan proklamasi Indonesia
b. memberikan penjelasan tentang tujuan proklamasi Indonesia
c. menjajaki sikap Jepang terhadap proklamasi Indonesia
d. meminta agar Jepang tidak menganggu pelaksanaan proklamasi Indonesia
e. menuntut Jepang untuk menyerahkan wilayah Indonesia kepada bangsa Indonesia
Jawaban: c
Baca juga: Contoh Soal UAS Sejarah Kelas XI IPA Semester 2 Beserta Jawaban)
26. Fungsi proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah....
a. sebagai jembatan emas untuk mencapai tujuan bangsa
b. sebagai tujuan akhir perjuangan bangsa
c. mengusir semua intervensi asing yang aa di Indonesia
d. menguji semangat perjuangan para pemuda Indonesia
e. mendorong lahirnya semangat juang bagi generasi sekarang
Jawaban: a
27. Berikut ini merupakan pernyataan yang tepat tentang proklamasi, kecuali....
a. proklamasi dibacakan di Lapangan ikada
b. penyusunan teks proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Maeda
c. proklamasi diawali dengan Peristiwa Rengasdengklok
d. teks proklmasi dibacakan oleh Soekarno
e. konsep teks proklamasi ditulis tangan oleh Soekarno
Jawaban: a
28. Proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan ke luar negeri dengan tujuan...
a. untuk mendapatkan bantuan tentara dari negara lain
b. agar tidak diserang negara lain
c. agar diakui kedaulatannya
d. memelopori perjuangan bangsa lain
e. agar kerja sama mengusir penjajah tetap terbina
Jawaban: c
29. Peristiwa penting yang menyebabkan tentara Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu adalah....
a. kekalahan Jepang dalam perang di Laut Karang
b. jatuhnya kota Tarakan ke tangan Sekutu
c. jatuhnya kota Saigon ke tangan Inggris
d. Hiroshima dan Nagasaki dibom atom Sekutu
e. merosotnya dukungan rakyat jajahan kepada Jepang
Jawaban: d
30. Tokoh nasionalis yang dipanggil ke Dalat, Vietnam, adalah....
a. Ir. Soekarno, Ahmad Subardjo, dan Moh. Hatta
b. Moh. Hatta, Kasman Singodimejo, dan Sukarni
c. Radjiman Wediodiningrat, Ir. Soekarno, dan Moh. Hatta
d. Radjiman Wediodiningrat, Ahmad Subardjo, dan Ir. Soekarno
e. Moh. Hatta, Wikana, dan Darwis
Jawaban: c
Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal PG dan Jawaban Sejarah Kelas XI IPA Semester 2 bagian ketiga
Posting Komentar untuk "Contoh Soal PG dan Jawaban Sejarah Kelas XI IPA Semester 2 (Part-2)"