Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Beserta Jawaban ~ Part-4
Berbeda dengan soal-soal UAS B.Indonesia kelas 10 semester genap sebelumnya, yaitu soal UAS bagian pertama sampai ketiga (soal nomor 21-30) yang berbentuk pilihan ganda, bagian keempat atau terakhir tulisan ulangan akhir semester ini berbentuk essay/uraian.
31. Karangan yang bertujuan menjelaskan suatu masalah secara mendalam sehingga pembaca memperoleh pengertian yang jelas disebut ....
Jawaban: eksposisi
32. Teknik yang digunakan dalam membaca tabel atau grafik adalah ....
Jawaban: memindai
33. Daftar ringkasan fakta atau informasi berupa nama atau bilangan yang disusun urut ke bawah dengan garis pembatas sehingga mudah disimak disebut ....
Jawaban: tabel
34. Karya sastra lama biasanya bersifat pralogis. Pralogis artinya ....
Jawaban: diluar akal
35. Kampanye tertulis merupakan salah satu betuk paragraf ....
Jawaban: persuasif
36. Metode pidato dengan penerapan naskah tetapi hanya berupa catatan garis besarnya disebut ....
Jawaban: ekstemporan
37. Berdesik-desik daun buluh
Dibuai angin dengan sayang
Ayam berkokok sayap suara
Baris ketiga puisi di atas mengandung citraan...
Jawaban: pendengaran
38. Unsur dari luar cerita yang membangun sebuah karya disebut ....
Jawaban: unsur ekstrinsik
39. Orang yang pandai berpidato disebut ....
Jawaban: orator
40. Paragraf yang berisikan imbauan atau ajakan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu seperti diharapkan penulisnya disebut ....
Jawaban: persuasif
41. Sebutkan ciri-ciri sastra Melayu klasik!
Jawaban:
a. Statis, artinya tetap, baik bentuk maupun tema
b. Istana sentris, artinya karya-karya yang dibuat untuk kepentingan raja dan istananya
c. Anonim, artinya pengarang tidak disebutkan
d. Disajikan secara lisan
e. Berbahasa Melayu dan romantis
f. Menggunakan tema perjuangan baik-buruk, pendidikan moral, pahlawan, dan keagungan raja
g. khayal dan fantastis
42. Jelaskan bagian-bagian kerangka pidato!
Jawaban:
a. Pendahuluan
Pendahuluan dimulai dengan kalimat pembukan yang dapat menarik perhatian para pendengar
b. Isi
Isi pidato terdiri atas bagian atau rencana butir-butir yang hendak disampaikan, yakni berupa pikiran-pikiran utama
c. Penutup
Penutup atau kesimpulan sebaiknya tidak panjang. Penutup terdiri atas satu atau dua kalimat yang berisi kesimpulan, dan selanjutnya diikuti dengan ucapan terima kasih
43. Apa sajakah metode yang dapat digunakan dalam berpidato?
Jawaban:
a. Metode serta-merta (impromptu)
Metode serta merata maksudnya pidato dilakukan tanpa persiapan atau tanpa menggunakan teks.
b. Metode menghafal
Metode menghafal maksudnya pidato dilakukan dengan menghafalkan naskah
c. Metode ektemporan
Metode ekstemporan maksudnya pidato dilakukan dengan membuat outline atau kerangka pidato terlebih dahulu
44. Sebuah unsur-unsur intrinsik cerpen!
Jawaban: tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, amanat, gaya bahasa
45. Buatlah sebuah paragraf persuasif!
- Contoh Soal UAS/PAT Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban
- Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- Contoh Soal UAS/PAT B. Indonesia kelas 10 semester genap
31. Karangan yang bertujuan menjelaskan suatu masalah secara mendalam sehingga pembaca memperoleh pengertian yang jelas disebut ....
Jawaban: eksposisi
32. Teknik yang digunakan dalam membaca tabel atau grafik adalah ....
Jawaban: memindai
33. Daftar ringkasan fakta atau informasi berupa nama atau bilangan yang disusun urut ke bawah dengan garis pembatas sehingga mudah disimak disebut ....
Jawaban: tabel
34. Karya sastra lama biasanya bersifat pralogis. Pralogis artinya ....
Jawaban: diluar akal
35. Kampanye tertulis merupakan salah satu betuk paragraf ....
Jawaban: persuasif
36. Metode pidato dengan penerapan naskah tetapi hanya berupa catatan garis besarnya disebut ....
Jawaban: ekstemporan
37. Berdesik-desik daun buluh
Dibuai angin dengan sayang
Ayam berkokok sayap suara
Baris ketiga puisi di atas mengandung citraan...
Jawaban: pendengaran
38. Unsur dari luar cerita yang membangun sebuah karya disebut ....
Jawaban: unsur ekstrinsik
39. Orang yang pandai berpidato disebut ....
Jawaban: orator
40. Paragraf yang berisikan imbauan atau ajakan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu seperti diharapkan penulisnya disebut ....
Jawaban: persuasif
41. Sebutkan ciri-ciri sastra Melayu klasik!
Jawaban:
a. Statis, artinya tetap, baik bentuk maupun tema
b. Istana sentris, artinya karya-karya yang dibuat untuk kepentingan raja dan istananya
c. Anonim, artinya pengarang tidak disebutkan
d. Disajikan secara lisan
e. Berbahasa Melayu dan romantis
f. Menggunakan tema perjuangan baik-buruk, pendidikan moral, pahlawan, dan keagungan raja
g. khayal dan fantastis
42. Jelaskan bagian-bagian kerangka pidato!
Jawaban:
a. Pendahuluan
Pendahuluan dimulai dengan kalimat pembukan yang dapat menarik perhatian para pendengar
b. Isi
Isi pidato terdiri atas bagian atau rencana butir-butir yang hendak disampaikan, yakni berupa pikiran-pikiran utama
c. Penutup
Penutup atau kesimpulan sebaiknya tidak panjang. Penutup terdiri atas satu atau dua kalimat yang berisi kesimpulan, dan selanjutnya diikuti dengan ucapan terima kasih
43. Apa sajakah metode yang dapat digunakan dalam berpidato?
Jawaban:
a. Metode serta-merta (impromptu)
Metode serta merata maksudnya pidato dilakukan tanpa persiapan atau tanpa menggunakan teks.
b. Metode menghafal
Metode menghafal maksudnya pidato dilakukan dengan menghafalkan naskah
c. Metode ektemporan
Metode ekstemporan maksudnya pidato dilakukan dengan membuat outline atau kerangka pidato terlebih dahulu
44. Sebuah unsur-unsur intrinsik cerpen!
Jawaban: tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, amanat, gaya bahasa
45. Buatlah sebuah paragraf persuasif!
Jawaban:
Kenakalan remaja seperti perkelahian antarsekolah atau kebut-kebutan di jalan, sebenarnya bukan hal baru. Kenakalan itu pada dasarnya disebabkan oleh kelebihan energi pada remaja. Energi mereka berlebih dan tidak disalurkan dengan positif. Hal ini sesuai dengan sifat remaja yang selalu dinamis. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran energinya itu. Dalam hal ini sekolah mempunyai peran yang penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melakukan kegiatan yang lebih berguna, seperti olahraga, musik, bakti sosial, tulis-menulis, dan sebagainya.
Kenakalan remaja seperti perkelahian antarsekolah atau kebut-kebutan di jalan, sebenarnya bukan hal baru. Kenakalan itu pada dasarnya disebabkan oleh kelebihan energi pada remaja. Energi mereka berlebih dan tidak disalurkan dengan positif. Hal ini sesuai dengan sifat remaja yang selalu dinamis. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran energinya itu. Dalam hal ini sekolah mempunyai peran yang penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melakukan kegiatan yang lebih berguna, seperti olahraga, musik, bakti sosial, tulis-menulis, dan sebagainya.
Dengan adanya kegiatan itu, berarti sekolah telah menyalurkan energi siswa sehingga tidak sempat berbuat yang negatif. Oleh karena itu, untuk memecahkan masalah kenakalan remaja di sekolah, dapat disusun program kegiatan penyaluran energi siswa selain kegiatan belajar-mengajar.
Baca juga:
Baca juga:
- Contoh Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- Contoh Soal UAS/PAT B. Indonesia kelas 10 semester genap
Posting Komentar untuk "Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Beserta Jawaban ~ Part-4"