Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal UTS Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban ~ Part-4

Bila Contoh Soal UTS Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban bagian pertama sampai ketiga (soal nomor 21-30), berbentuk pilihan ganda, maka untuk bagian terakhir atau keempat soal-soal MID biologi ini, berisikan essay/uraian, dimulai dari soal nomor 31.

31. Sebutkan bahan-bahan yang diperlukan dan yang dihasilkan pada peristiwa glikolisis!
Jawaban: Glikolisis merupakan awal terjadinya respirasi sel. Molekul glukos akan masuk ke dalam sel melalui proses difusi. Agar dapat bereaksi, glukosa diberi energy aktivitas berupa satu ATP. Hal ini mengakibatkan glukosa dalam keadaan terfosforlisasi menjadi glukosa-6 fosfat yang dibantu oleh enzim heksokinase. Secara singkat, glukosa-6 fosfat dipecah menjadi 2 buah molekul gliseraldehid-3-fosfat (PGAL) dengan batuan satu ATP dan enzim fosfoheksokinase. Proses selanjutnya merupakan proses eksergonik. Hasilnya adalah 4 molekul ATP dan hasl akhir berupa 2 molekul asa piruvat (C3).

32. Jelaskan tentang reaksi terang! Dimana tempat berlangsungnya, apa yang diperlukan dan apa yang dihasilkan?
Jawaban: Reaksi terang merupakan salah satu langkah dalam fotosintesis untuk mengubah energy matahari menjadi energi kimia. Reaks terang ini berlangsung di dalam grana. Menghasilkan ATP dan NADPH2. NADPH2 dan ATP yang dihasilkan dalam elektron nonsiklik akan digunakan dalam reaksi tahap kedua (reaki gelap) sintesis karbohidrat.

33. Sebutkan empat faktor yang memengaruhi proses fotosintesis!
Jawaban: Cahaya, air, suhu dan klorofil

34. Sebutkan struktur dan sifat AND!
Jawaban: DNA merupakan polimer besar yang tersusun atas unit-unit nukleotida yang berulang-ulang. Setiap nukleotida tersusun atas gugus fosfat, gula pentose, dan basa nitrogen. Gugus fosfat berfungsi menghubungkan antara mlekul gula yang satu dan molekul gula yang lain. Gula pentose pada nukleotida merupakan gula deoksiribosa karena salah satu atom Cnya kehilangan gugus OH. Molekul gula ini terikat pada basa nitrogen.

35. Mengapa kromosom disebut sebagai substansi pembawa sifat?
Jawaban: Kromosom berfungsi membawa sifat individu dan membawa informasi genetika, karena di dalam kromosom mengandung gen. Gen-gen pada kromosom terdapat pada tempatnya yang disebut dengan lokus. Gen merupakan bagian dari molekul DNA.

Lanjut ke materi soal setelah UTS => Contoh Soal PG Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban ~ Part-7

Posting Komentar untuk "Contoh Soal UTS Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban ~ Part-4"