Contoh Soal PG Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 ~ Part-4
Soal-soal pilihan ganda Prakarya dan KWU kelas 10 yang sedang Anda baca ini, merupakan lanjutan Contoh Soal PG Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 bagian ketiga (soal nomor 21-30), dan untuk PG bagian ke-4 soal dimulai dari nomor 31.
31. Hal yang diperlukan untuk membentuk dan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pembeli dalam hubungannya dengan transportasi logistik adalah ….
a. penyesuaian
b. informasi
c. promosi
d. negosiasi
e. kontak
Jawaban: a. penyesuaian
Pembahasan:
Penyesuaian, yaitu membentuk dan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pembeli, meliputi aktifitas seperti pembuatan, pemilahan, perakitan dan pengemasan.
32. Berikut bukan termasuk unsur-unsur dari logistik, yaitu ….
a. manufaktur
b. pemasok
c. pemerintah
d. distribusi
e. pelanggan/customer
Jawaban: c. pemerintah
Pembahasan:
Logistik akan selalu melibatkan unsur pemasok, manufaktur, distribusi dan para pelanggan.
33. Fungsi penting transportasi memberikan solusi layanan logistik dalam hal pergerakan produk (product movement) dan penyimpanan barang (product storage) yang termuat dalam ….
a. waktu singgah
b. bongkar barang
c. pengiriman barang
d. manajemen rantai pasok
e. aktivitas pergudangan
Jawaban: d. manajemen rantai pasok
Pembahasan:
Dalam konteks manajemen rantai pasok, fungsi penting transportasi memberikan solusi layanan logistik di antaranya pergerakan produk (product movement) dan penyimpanan barang (product storage).
34. Berikut pihak yang terlibat dalam manajemen transportasi, kecuali ….
a. shipper
b. receiver
c. government
d. producent
e. agent
Jawaban: d. producent
Pembahasan:
Setidaknya ada enam pihak dalam manajemen transportasi (Bowersox, 2013), yaitu pengirim (shipper), seringkali disebut sebagai consignor, penerima (receiver), dikenal sebagai consignee; perusahaan penyedia jasa transportasi (carrier dan agent); pemerintah (govermment); teknologi informasi dan komunikasi (ICT); dan masyarakat (public).
35. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat fiberglass, kecuali …
a. resin bening
b. kuas
c. katalis
d. matt
e. serat kaca
Jawaban: b. kuas
Pembahasan:
Membeli bahan-bahannya di toko kimia, yaitu sebagai berikut:
1. Resin bening/bukan bening sama saja = 1 kilo 40 ribu – 50 ribu.
2. Katalisnya = 2 ribu.
3. Pipet tetes (untuk meneteskan katalis ke adonan resin) = 2 ribu.
4. Matt atau serat kaca = setengah kilo 18000.
5. Bahan-bahan disana pasti lebih mudah didapatkan dan para pemilik toko kimia pun mengerti apabila anda menanyakan bahan untuk membuat fiberglass.
6. Cetakan customnya
Kuas bukan bahan, tetapi kuas termasuk dalam peralatan.
36. Hal yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan usaha yang fair dan kompetitif, mencegah monopoli, keseimbangan lingkungan dan hemat energi adalah ….
a. sarana transportasi
b. sarana bongkar muat
c. kebijakan transportasi
d. biaya transportasi
e. produk transportasi
Jawaban: c. kebijakan transportasi
Pembahasan:
Kebijakan transportasi diarahkan untuk menciptakan lingkungan usaha yang fair dan dan kompetitif, mencegah monopoli, keseimbangan lingkungan dan hemat energi.
37. Hal yang diperlukan untuk menyediakan informasi yang akurat dan real-time antara pelanggan dan pemasok atau antara pengirim dan penerima adalah ….
a. transportation management system
b. web
c. cloud
d. information communication technology
e. flett management system
Jawaban: d. information communication technology
Pembahasan:
ICT diperlukan untuk menyediakan informasi yang akurat dan real-time antara pelanggan dan pemasok atau antara pengirim dan penerima.
38. Moda yang tepat untuk transportasi barang-barang yang memerlukan kapasitas besar, berat, densitas tinggi, dan jarak jauh, yaitu ….
a. truk
b. kereta api
c. pipeline
d. air freight
e. sea freight
Jawaban: b. kereta api
Pembahasan:
Mode kereta api tepat untuk transportasi barang-barang yang memerlukan kapasitas besar, berat, densitas tinggi, dan jarak jauh.
39. Transportasi dengan moda pipeline memerlukan insfrastruktur dengan investasi yang besar dalam hal ….
a. biaya tetap
b. biaya perolehan
c. harga pokok produksi
d. biaya operasional
e. biaya penyusutan
Jawaban: a. biaya tetap
Pembahasan:
Transportasi dengan mode pipeline memerlukan infrastruktur dengan investasi biaya tetap yang besar.
40. Proses pengolahan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang, barang jadi dari supplier di antara fasilitas-fasilitas perusahaan dan para pelanggan disebut ….
a. transportasi
b. bongkar muat
c. logistik
d. manajemen logistik
e. misi logistik
Jawaban: c. logistik
Pembahasan:
Logistik adalah proses pengolahan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, saku cadangan, barang jadi dari supplier di antara fasilitas-fasilitas perusahaan dan para pelanggan.
Lanjut ke soal Penilaian Tengah Semester => Contoh Soal UTS Prakarya dan KWU Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013
Atau Lanjut ke soal setelah MID (soal nomor 41-50) => Contoh Soal PG Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 ~ Part-5
31. Hal yang diperlukan untuk membentuk dan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pembeli dalam hubungannya dengan transportasi logistik adalah ….
a. penyesuaian
b. informasi
c. promosi
d. negosiasi
e. kontak
Jawaban: a. penyesuaian
Pembahasan:
Penyesuaian, yaitu membentuk dan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pembeli, meliputi aktifitas seperti pembuatan, pemilahan, perakitan dan pengemasan.
a. manufaktur
b. pemasok
c. pemerintah
d. distribusi
e. pelanggan/customer
Jawaban: c. pemerintah
Pembahasan:
Logistik akan selalu melibatkan unsur pemasok, manufaktur, distribusi dan para pelanggan.
33. Fungsi penting transportasi memberikan solusi layanan logistik dalam hal pergerakan produk (product movement) dan penyimpanan barang (product storage) yang termuat dalam ….
a. waktu singgah
b. bongkar barang
c. pengiriman barang
d. manajemen rantai pasok
e. aktivitas pergudangan
Jawaban: d. manajemen rantai pasok
Pembahasan:
Dalam konteks manajemen rantai pasok, fungsi penting transportasi memberikan solusi layanan logistik di antaranya pergerakan produk (product movement) dan penyimpanan barang (product storage).
34. Berikut pihak yang terlibat dalam manajemen transportasi, kecuali ….
a. shipper
b. receiver
c. government
d. producent
e. agent
Jawaban: d. producent
Pembahasan:
Setidaknya ada enam pihak dalam manajemen transportasi (Bowersox, 2013), yaitu pengirim (shipper), seringkali disebut sebagai consignor, penerima (receiver), dikenal sebagai consignee; perusahaan penyedia jasa transportasi (carrier dan agent); pemerintah (govermment); teknologi informasi dan komunikasi (ICT); dan masyarakat (public).
35. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat fiberglass, kecuali …
a. resin bening
b. kuas
c. katalis
d. matt
e. serat kaca
Jawaban: b. kuas
Pembahasan:
Membeli bahan-bahannya di toko kimia, yaitu sebagai berikut:
1. Resin bening/bukan bening sama saja = 1 kilo 40 ribu – 50 ribu.
2. Katalisnya = 2 ribu.
3. Pipet tetes (untuk meneteskan katalis ke adonan resin) = 2 ribu.
4. Matt atau serat kaca = setengah kilo 18000.
5. Bahan-bahan disana pasti lebih mudah didapatkan dan para pemilik toko kimia pun mengerti apabila anda menanyakan bahan untuk membuat fiberglass.
6. Cetakan customnya
Kuas bukan bahan, tetapi kuas termasuk dalam peralatan.
36. Hal yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan usaha yang fair dan kompetitif, mencegah monopoli, keseimbangan lingkungan dan hemat energi adalah ….
a. sarana transportasi
b. sarana bongkar muat
c. kebijakan transportasi
d. biaya transportasi
e. produk transportasi
Jawaban: c. kebijakan transportasi
Pembahasan:
Kebijakan transportasi diarahkan untuk menciptakan lingkungan usaha yang fair dan dan kompetitif, mencegah monopoli, keseimbangan lingkungan dan hemat energi.
37. Hal yang diperlukan untuk menyediakan informasi yang akurat dan real-time antara pelanggan dan pemasok atau antara pengirim dan penerima adalah ….
a. transportation management system
b. web
c. cloud
d. information communication technology
e. flett management system
Jawaban: d. information communication technology
Pembahasan:
ICT diperlukan untuk menyediakan informasi yang akurat dan real-time antara pelanggan dan pemasok atau antara pengirim dan penerima.
38. Moda yang tepat untuk transportasi barang-barang yang memerlukan kapasitas besar, berat, densitas tinggi, dan jarak jauh, yaitu ….
a. truk
b. kereta api
c. pipeline
d. air freight
e. sea freight
Jawaban: b. kereta api
Pembahasan:
Mode kereta api tepat untuk transportasi barang-barang yang memerlukan kapasitas besar, berat, densitas tinggi, dan jarak jauh.
39. Transportasi dengan moda pipeline memerlukan insfrastruktur dengan investasi yang besar dalam hal ….
a. biaya tetap
b. biaya perolehan
c. harga pokok produksi
d. biaya operasional
e. biaya penyusutan
Jawaban: a. biaya tetap
Pembahasan:
Transportasi dengan mode pipeline memerlukan infrastruktur dengan investasi biaya tetap yang besar.
40. Proses pengolahan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang, barang jadi dari supplier di antara fasilitas-fasilitas perusahaan dan para pelanggan disebut ….
a. transportasi
b. bongkar muat
c. logistik
d. manajemen logistik
e. misi logistik
Jawaban: c. logistik
Pembahasan:
Logistik adalah proses pengolahan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, saku cadangan, barang jadi dari supplier di antara fasilitas-fasilitas perusahaan dan para pelanggan.
Lanjut ke soal Penilaian Tengah Semester => Contoh Soal UTS Prakarya dan KWU Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013
Atau Lanjut ke soal setelah MID (soal nomor 41-50) => Contoh Soal PG Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 ~ Part-5
Posting Komentar untuk "Contoh Soal PG Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 ~ Part-4"