Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban ~ Part-5

Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban ~ Part-5 adalah tulisan terakhir dari soal-soal B. Indonesia kelas xii semester satu dengan butir soal berbentuk essay/uraian. Tentunya, berbeda dengan soal UTS b. Indonesia bagian pertama sampai bagian ke-4 (soal nomor 31-40) yang berbentuk pilihan ganda.

( Baca juga: 100 Lebih Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XII Semester 1 )

Berikut, soal UTS b. Indonesia dengan kunci jawaban dimulai dari soal nomor 41.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

41. Jelaskan perbedaan antara fakta dan opini, berikan contoh kalimatnya!
Jawaban:
a. Fakta adalah keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan. Fakta mengungkapkan sesuatu yang benar-benar terjadi
b. Opini adalah buah piker atau tanggapan seseorang tentang suatu hal.

42. Jelaskan cara menarik kesimpulan teks dengan pola generalisasi, kemudian buatlah paragrafnya!
Jawaban: generalisasi adalah proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fakta atau gejala khusus yang diamati kemudian ditarik kesimpulan umum tentang sebagian atau seluruh gejala yang diamati itu. Jadi, generalisasi merupakan pernyataan yang berlaku secara umum untuk semua atau sebagian besar gejala yang diamati. Di dalam pengembangan karangan, generalisasi perlu ditunjang dan dibuktikan dengan fakta-fakta, contoh-contoh, data statistic, dan sebagainya yang merupakan spesifikasi atau ciri sebagai penjelasan lebih lanjut.

Contoh paragrafnya:
Saya melihat orang-orang asyik membaca koran di halte bus. Kegiatan serupa juga saya jumpai di peron stasiun kereta api. Saat jalan-jalan di taman, hal yang sama juga saya lihat orang duduk bersantai sambil membaca koran, bahka ketika keluar ruang dan sampai di trotoar, saya melihat berderek anak sekolah, kawula muda, dan orang dewasa semua sedang membaca. Jadi, banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk membaca.

3. Jelaskan cara menarik kesimpulan teks dengan pola analogi, kemudian buatlah paragrafnya!
Jawaban:  analogi adalah cara bernalar dengan membandingkan dua hal yang memiliki sifat yang sama. Cara ini berdasarkan pada sebuah asumsi bahwa jika sudah ada persamaan dalam berbagai segi, maka akan ada persamaan pula dalam bidang yang lain.

Contoh paragraf:
Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci seperti kertas putih. Bayi akan dibentuk pribadinya sesuai dengan didikan yang diterimanya seperti kertas dapat diisi dengan berbagai tulisan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Apabila bayi didiik dengan baik maka akan seperti kertas yang terisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya. Jadi, membentuk kepribadian baik seorang anak ibarat menulis di kertas putih dengan hal-hal yang bermanfaat.

4. Jelaskan cara menarik kesimpulan teks dengan pola sebab-akibat, kemudian buatlah paragrafnya!
Jawaban: sebab-akibat adalah proses penalaran yang dimulai dengan menggunakan fakta yang berupa sebab dan sampai pada kesimpulan yang merupakan akibat.
Contoh paragraf:
(1) Sepuluh tahun yang lalu hutan bakau dibabat habis-habisan. (2) Lahan bekas hutan bakau disulap menjadi tambak-tambak udang windu. (3) Memang, pada waktu itu pengusaha udang windu memperoleh keuntungan besar karena harganya sangat mahal di luar negeri. (4) Akan tetapi, setelah barang dagangan itu laku di pasaran internasional, para pengusaha kembali ke kota, meninggalkan kerusakan lingkungan. (5) Laut tercemar karena hutan bakau yang menyaring limbah yang masuk ke laut tidak ada lagi. (6) Sekarang, puluhan ribu nelayan sulit menghidupi keluarganya karena tak ada ikan ang dapat ditangkap di tepi pantai.

5. Sebutkan 6 hal yang harus dikuasai agar seseorang  memiliki keterampilan secara baik dan benar
dalam forum-forum diskusi/seminar!
Jawaban:
a. Penguasaan masalah
b. Penguasaan lafal dan intonasi
c. Pengenalan situasi
d. Keberanian berbicara
e. Penguasaan Bahasa/kekayaan kosakata dan penyampaiannya.
f. Sering latihan/membiasakan diri

 Lanjut ke soal selanjutnya, yaitu soal-soal bahasa Indonesia semester ganjil kelas xii setelah UTS => Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 dan Jawabannya ~ Pilihan Ganda (Part-5)

Posting Komentar untuk "Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban ~ Part-5"