Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan ~ Part-2

Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan ~ Part-2 berisikan materi soal ujian nasional yang berbeda, dengan soal UN Ssosiologi bagian pertama (soal nomor 1-14), dimana bagian ke-2 berisikan materi tentang Kehidupan Sosial, Permasalahan, dan Solusinya, yang berisikan sub pokok bahasan sesuai SKL, yaitu: "Nilai, Norma, Sosial, dan keturunan sosial"  serta "Sosialisasi Nilai atau Norma dan Media Sosialisasi".

15. Saat menjamu teman yang berkunjung ke rumah, andi menyediakan minuman dan makanan kecil di meja ruang tamu. Halini selalu dilakukan saat ada tamu yang datang ke rumah. Berdasarkan daya ikutnya, perilaku sosial tersebut termasuk pelaksanaan norma ….
 a. cara
b. kebiasaan
c. tata kelakuan
d. adat istiadat
e. hukum
Jawaban: B
Pembahasan:
Norma kebiasaan merupakan norma yang sudah menjadi kebiasaan suatu masyarakat. apabila tidak dilakukan sanksinya adalah akan menjadi bahan pembicaraan oleh masyarakat.

16. Perhatikan perilkau berikut!
(1) Tidak memotong pembicaraan orang lain
(2) Menunaikan ibadah sesuai dengan ajaran agama
(3) Mempersilakan ibu hamil duduk saat di bus
(4) Selalu menaati peraturan lalu lintas
(5) Tidak membantah saat dinasihati orang tua
Perilaku yang terkait dengan norma kesopanan ditunjukan pada nomor ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
Jawaban: C
Pembahasan:
Norma kesopanan berkaitan dengan tata kelakuan yang baik dan diharapkan oleh masyarakat karena pada dasarnya norma kesopanan bersumber pada tata aturan masyarakat dalam berperilaku.

17. Ani merupakan remaja yang bergaul dengan banyak teman. Namun, ia sering pulang larut malam sehingga ani sering digunjingkan bahkan mendapat teguran dari tetangganya. Perilaku ani telah melanggar norma ….
a. usage
b. folkways
c. mores
d. custom
e. law
Jawaban: E
Pembahasan:
Mores merupakan norma atau aturan-aturan yang menyangkut tata kelakuan individu dalam masyarakat. setiap perilaku atau tata kelakuan individu diatur dalam mores. Pelanggaran pada norma ini adalah berupa cemohan atau teguran dari masyarakat.

18. Saat upacara bendera seluruh siswa berbaris dengan tertib tanpa ada yang berbicara. Mereka mengikuti upacara bendera dengan khidmat. Faktor pembentuk keteraturan tersebut adalah ….
a. ketertiban
b. keteraturan
c. sosialisasi
d. keajegan
e. kesadaran
Jawaban: A
Pembahasan:
Salah satu unsur pembentuk keteraturan sosial adalah tertib sosial. Siswa yang berperilaku tertib sesuai peraturan sekolah telah membentuk keteraturan di sekolah tersebut.

19. Sebelum memulai pelajaran setiap siswa selalu hormat bendera, menyanyikan lagu Indonesia raya,  kemudian berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Untuk terciptanya keteraturan sosial tersebut adalah …..
a. pola
b. tata tertib
c. order sosial
d. keajegan
e. keteraturan
Jawaban: D
Pembahasan:
Keajegan merupakan keadaan yang memperlihatkan keteraturan yang berlangsung secara terus menerus.

20. Di sebuah kantor BUMN terpasang tata tertib yang harus dipatuhi oleh karyawan. Setiap pagi karyawan dapat membaca tata tertib yang terpasang disamping pintu masuk. Oleh karena itu, seluruh karyawan bertindak sesuai dengan tata tertib yang ada. Pembentuk keteraturan dalam contoh tersebut adalah …..
a. pola
b. tertib sosial
c. order sosial
d. keajegan
e. paksaan
Jawaban: C
Pembahasan: order sosial merupakan suatu tata nilai yang diinginkan untuk membentuk keteraturan dan diakui serta ditaati oleh masyarakat. tata tertib yang ada di kantor BUMN merupakan order sosial.

21. Sejak kecil rino selalu diajarkan untuk mencium tangan ayah dan ibunya sebelum dan sesudah berpergian. Hingga pada saat rino dewasa hal tersebut telah menjadi kebiasaan rino bahkan rino juga selalu menghormati orang yang lebih tua. Contoh tersebut merupakan bagian dari tujuan sosialisasi, yaitu …..
a. melaksanakan kewajiban yang harus dilakukan oleh anak
b. menjadikan anak patuh pada orang tua dan orang yang lebih tua
c. menjaga kewibawaan keluarga sebagai pembentuk kepribdiaan
d. menciptakan generasi muda yang selalu menghormati orang tua
e. membentuk kepribadiaan anak sesuai dengan harapan orang tua
Jawaban: E
Pembahasan:
Sosialisasi bertujuan menerapkan nilai dan norma pada individu sehingga terbentuk kepribadian sesuai dengan harapan orang tua, keluarga, dan masyarakat.

22. Di rumah, Andina merupakan gadis yang menurut kedua orang tua nya mendidik dengan penuh kesabaran. Mereka selalu memberikan contoh yang baik kepada andina. Namun, akhir-akhir ini andina mulai berubah menjadi anak yang dengan mudah berkata-kata kasar kepada orang tuanya. Berperilaku andina berubah saat ia sering bermain dengan sapta, teman laki-laki yang baru ia kenal. Perilaku andina tersebut merupakan bentuk sosialisasi …..
a. partisipasif
b. preventif
c. sekunder
d. represif
e. primer
Jawaban: C
Pembahasan:
Bentuk sosialisasi ada dua macam, yaitu sosialisasi primer yang terjadi dalam lembaga keluarga dan sosialisasi sekunder, yaitu proses sosialisasi yang terjadi di lingkungan luar, baik sekolah, masyarakat, lingkungan bermain, maupun lingkungan keluarga.

23. Ketika seorang anak menginjak usia remaja, ia akan mencari sosok figure yang dijadikan panuta. Sosialisasi tersebut menunjukan anak telah mampu mengambil peran orang lain. Ia pun telah menentukan sikap yang lebih luas sehingga menjadi individu yang mandiri. Hal ini menempatkan sosialisasi anak berada pada tahapan ….
a. play stage
b. game stage
c. significant other
d. preparatory stage
e. generalized other
Jawaban: B
Pembahasan:
 Pada tahap game stage seorang anak sudah meninggalkan kebiasaan meniru. Seseorang telah mampu mengambil peran secara sadar dan mulai mengenal teman-teman yang lebih banyak.

24. Ketika lulus SMA, yuni mendapatkan teman-teman baru di Universitas tempatnya menempuh pendidikan sekarang ini. Karena masuk pada jurusan seni, perilaku penampilan yuni menjadi berubah. Sekarang ia gemar mengecat rambut, berpakaian serba unik seperti yang dilakukan oleh teman-temannya. Agen sosialisasi dari kasus tersebut adalah ….
a. lingkungan pergaulan
b. keluarga
c. sekolah formal
d. lingkungan kerja
e. media massa
Jawaban: A
Pembahasan:
Agen sosialisasi merupakan pihak-pihak yang berperan dalam sosialisasi seorang individu. Dalam kasus tersebut perilaku yuni berubah setelah bergaul dengan teman-teman barunya. Artinya, agen soialisasi yang berperan adalah lingkungan bergaul atau teman sepermainan.

25. semakin maraknya sinetron di televisi ternyata memberikan pengaruh negative terhadap pemirsanya yang sebagian besar adalah remaja. Adegan yang menonjolkan perilaku hedonis dan kekerasan berpengaruh terhadap kepribadiaan remaja. Hal yang paling dapat dilakukan untuk melindungi kepribadiaan remaja berkaitan dengan masalah tersebut sesuai dengan prinsip sosialisasi partisipatif adalah ….
a. memberlakukan jam belajar bagi siswa sekolah saat malam hari
b. memberikan bekal keimanan dan ketakwaan kepada remaja
c. menambah kegiatan ekstrakurikuler pada remaja
d. mendampingi para remaja saat menonton televisi
e. melarang para remaja menonton televisi
Jawaban: D
Pembahasan:
Sosialisasi partisipatif adalah sosialisasi dengan mempertimbangkan hak-hak dan kemauan sang anak tanpa disertai unsur kekerasan dan paksaan. Hal yang mungkin dilakukan adalah mendampingi anak. Artinya, remaja diberi kebebasan dengan tetap diberi arahan sehingga kepribadiaan mereka tidak mudah terpengaruh hal-hal yang negatif.

26. Fikri seorang remaja yang sering berkata-kata tidak sopan kepada temannya. Tak jarang pula ia memukul temannya apabila merasa tersinggung. Hal ini terjadi karena di rumah fikri sering melihat kedua orang tuanya bertengkar dengan saling mengumpat dan bertindak kasar.
Media atau agen sosialisasi yang berperan dalam membentuk kepribadiaan fikri adalah ….
a. sekolah
b. keluarga
c. media sosial
d. lingkungan kerja
e. kelompok persahabatan
Jawaban: B
Pembahasan:
Hal ini terjadi karena di rumah fikri sering melihat kedua orang tuanya bertengkar dengan saling mengumpat dan bertindak kasar. Kalimat yang dapat menjadi kata kunci soal yang merujuk pada jawaban, media yang berperan adalah keluarga karena fikri merekam kekerasan yang dilakukan kedua orang tuanya.

Lanjut ke soal nomor 27-41 => Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan ~ Part-3

Posting Komentar untuk "Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan ~ Part-2"