Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Inggris SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL~Part-4

Tulisan Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Inggris SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL~Part-4 adalah lanjutan ringkasan materi ujian nasional b. Inggris kelas 12 bagian ke-3, dan bagian ke-4 berisikan materi yang berbeda dengan sebelumnya, yaitu tentang Menentukan Gambaran Umum/ Informasi Tertentu/ Informasi Rinci/ Informasi Tersirat dari Teks Monolog yang Diperdengarkan.

Berikut dibawah ini, ringkasan materi ujian nasional berbasis komputer bahasa Inggris untuk siswa SMA/MA/Sederajat di tahun ajaran 2019.

4# Menentukan Gambaran Umum/ Informasi Tertentu/ Informasi Rinci/ Informasi Tersirat dari Teks Monolog yang Diperdengarkan.


1. Menentukan Gambaran Umum dalam Monolog

Secara garis besar, cara menentukan gambaran umum dalam menolong sama dengan cara menentukan gambaran umum pada sebuah percakapan. Gambaran gambaran umum dalam sebuah monolog menggambarkan isi keseluruhan teks monolog. Untuk mendapatkan gambaran umum dari sebuah monolog. Carilah kata-kata yang berulang kali disebutkan atau kata yang memiliki hubungan satu  dengan lainnya.
Contoh:
- What is the most suitable title for the monolog?
- What is the monolog about?

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Inggris 

1. Narrator : There was once a poor woman who wished very much to have a little child. She want to a fairy godmother who lived near the green meadow in a valley. The woman received a barleycorn seed from the fairy. She went home and planted it in a flowerpot. Several days later, the seed grew up into a large beautiful flower. Surprisingly, the woman saw a little girl inside the flower. The sweet little girl was as long as a thumb. The woman gave her the name Thumbeline because she was so small.
Question: What is the story about?
a. A fairy godmother
b. The barleycorn
c. The beautifull flower
d. Thumbeline, a tiny little girl
e. A poor man who lived in the forest
Jawaban: D

Pembahasan:
Pembahasan pokok dari teks monolog ini adalah mengenai Thumbeline.

2. Narrator : There’s a new restaurant near the park. The restaurant is outside in a garden. There are some trees and plants in the garden. Some tables are covered with umbrellas and some others are under a big tree. The waitresses are beautifull, friendly and polite. They wear uniform. The restaurant’s special menu is seafood and chinese food. It is said that the restaurant has skilled male cooks. No wonder that the restaurant is always crowded with customers.
Question: What is the text about?
a. A new restaurant
b. A new restaurant near a park
c. The new restaurant’s skilled cooks
d. The new restaurant’s special menu
e. The restaurant’s beautifull waitresses
Jawaban: B

Pembahasan:
Pilihan jawaban A, masih terlalu umum. Sedangkan untuk pilihan C, D, dan E sudah terlalu spesifik. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah “A new restaurant near a park”.

2. Menentukan Informasi Tertentu dalam Monolog

Secara garis besar, cara menentukan informasi tertentu dalam monolog sama dengan cara menentukan informasi tertentu pada sebuah percakapan.informasi yang ditanyakan disebutkan jelas dalam monolog dan mudah dipahami.
Contoh:
- What is the woman suggesting?
- What dose the woman want to buy?

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Inggris 

1. Narrator : On Friday, we went to the Blue Mountains. We stayed at David and Della’s House. It has a big garden with lots of colorful flowers and a tennis court. On Saturday, we saw The Three Sisters. There, we went on the scenic railway. It was scary. Then, mommy and I went shopping with Della. We went to some antique shops, and I tried on some old hats. On Sunday, we went on the scenic skyway. We saw cockkatoos having a shower. In the afternoon, we went home.
Question: Where did they go shopping?
a. To the mall
b. To the market
c. To the boutique
d. To some antique shops
e. To the department store
Jawaban: D

Pembahasan:
Dalam teks monolog ini diperdengarkan kalimat “We went to some antique shops . . . “

2. Narrator : Don took us for dinner at ‘Bambu Kuning’ restaurant as a special treat. For the first course, we had Onion Soup. For the main course, Don ordered Deep Fried Shrimp, Crab Stuffing, Yakiniku, Arataki, Cap Cay and Don’s favorite food, Roest Duckling with Apple Sauce. We all were satisfied and enjoyed the meal.
Question: What is Don’s favorite food?
a. Arataki
b. Cap Cay
c. Yakiniku
d. Onion Soup
e. Roest Duckling with Apple Sauce
Jawaban: E

Pembahasan:
Dalam monolog ini terdapat kalimat “ . . . Don’s favorite food, Roast Duckling with apple Sauce.”

3. Menentukan Informasi Rinci/ Informasi Tersirat dalam Monolog.

Secara garis besar, cara menentukan informasi rinci/ informasi tersirat dalam monolog sama dengan cara menentukan informasi rinci/informasi tersirat pada sebuah percakapan.

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Inggris 

Narrator : Italy enjoyed a highly developed and specialized civilization from about 264 B.C. until the fall of the Roman Empire in 476 A.D. Important contributions were made in art, science, education, religion, and architecture. Remains of Roman-aqueducts and amphitheaters can still be seen in various parts of Africa and Europe today. Probably, the most lasting of the Roman heritage to the world can be found in laws based on Roman legal principles as found in England, Latin America and the United States, as well as the Roman alphabet which forms the basis of many languages among which are English, Spanish and German.
Question : Where can we still find evidence of Roman architecture today
a. Asia
b. Africa
c. Russia
d. United States
e. Latin America
Jawaban: B

Pembahasan:
Dalam monolog ini, terdapat kalimat “Remains of Roman-aqueducts and amphitheaters can still be seen in various parts of Africa and Europe today.

Keterangan Tambahan:

1. Informasi Tertentu dalam Sebuah Teks

Informasi tertentu merupakan informasi yang paling mudah ditemukan dalam sebuah teks karena tertera jelas. Pertanyaannya biasa menggunkan WH question words dan sebenarnya hanya terdapat dalam teks tertentum, misalnya ‘a train schedule’, ‘a telephone book.’ Dan sebagainya.

2. Gambaran Umum dalam Sebuah Teks

Gambaran Umum dalam sebuah teks ialah informasi yang menggambarkan tentang isi sebuah paragraf atau teks secara keseluruhan. Untuk mendapatkan sebuah topik dalam paragraf atau teks, carilah kata-kata yang paling sering digunakan dalam paragraf atau teks tersebut.

3. Informasi Rinci dalam Sebuah Teks

Informasi Rinci dalam sebuah teks ialah informsi tentang suatu hal. Informasi ini harus ada di dalam teks. Untuk menemukan informasi rinci, teks harus dibaca dengan cermat dan teliti.

4. Pikiran Utama Paragraf

Pikiran Utama suatu Paragraf ialah suatu ide dari penulis tentang topic dari paragraf yang bersangkutan. Jadi, pikiran utama dalam paragraf merupakan topic yang lengkap. Oleh karena itu, pikiran utama suatu paragraf dinyatakan dalam bentuk kalimat. Untuk memudahkan mendapatkan pikiran utama suatu paragraf, lebih baik mencari topik dari paragraf tersebut.

5. Informasi Tersirat dalam Sebuah Teks

Informasi Tersirat adalah informasi yang tidak tertera jelas dalam sebuah teks. Informasi tersebut merupakan makna/kesimpulan dari yang tertulis dalam teks. Untuk menemukan informasi tersirat, bacaah teks dengan teliti, dan cari kata yang merupakan petunjuk untuk memahami teks atau kalimat tersebut.

6. Rujukan Kata dalam Sebuah Teks

Dalam buku-buku berbahasa inggris, pengulangan kata sedapat mungkin dihindari. Untuk menghindari adanya pengulangan kata, maka digunakan ‘pronouns’ sebagai kata pengganti (substitusi words). Letak kata pengganti tidak jauh dari kata yang dirujuk (reference word)

Baca juga:
- 45 Soal Latihan UN/UNBK Bahasa Inggris Kelas XII Beserta Jawaban
Contoh Soal UTS Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 Beserta Jawaban

7. Makna Kata dalam Sebuah Teks

Pertanyaan yang biasa muncul dalam soal yang menanyakan makna kata menanyakan baik makna maupun persamaan dan juga lawan kata dari kata yang ditanyakan dalam soal.

Lanjut ke ringksan ujian nasional bagian ke-5 => Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Inggris SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL~Part-5

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Inggris SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL~Part-4"