Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Contoh Soal UTS/PTS Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part3

40 Contoh Soal UTS/PTS Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part3 Edisi Revisi - Postingan soal penilaian tengah semester genap bagian ketiga ini, merupakan bagian terakhir dari rangkaian tulisan UTS informatika dan merupakan lanjutan 40 contoh soal informatika kelas xi semester genap bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal mid nomor 11-20). Bila soalnya sebelumnya berbentuk pilihan ganda, maka untuk bagian ini berbentuk essay/uraian.

Dimulai dari pertanyaan nomor 21, berikut dibawah ini soal uts/pts informatika dilengkapi kunci jawaban kurtilas edisi revisi.

21. Uraikan tentang prosedur klasifikasi ilmu kimia berdasarkan objek kajian!
Jawaban : Prosedur klasifikasi digunakan secara berbeda berdasarkan objek kalian, seperti penggolongan kimia atas kimia organic, kimia anorganik, dan biokimia. Walaupun dengan titik pandang yang berbeda, ilmu komputasi sebagai bentuk ketiga dari ilmu (sains) telah banyak disampaikan oleh berbagai pihak, antara lain Jurgen Schmidhuber dan Stephen Wolfram yang merilis buku judul ‘ A New Kind of Science’.

22. Mengapa para ilmuwan komputer lebih memilih mempelajari turing machine dibandingkan yang lainnya?
Jawaban : Ilmu komputer mempelajari Turing machine karena mudah dirumuskan, dianalisis dan digunakan untuk pembuktiaan, dan kerena mesin ini mewakili model komputasi yang dianggap sebagai model paling masuk akal yang paling ampuh. Kapsitas memori tidak terbatas mungkin terlihat sebagai sifat yang tidak mungkin terwujudkan, tetapi setiap permasalahan yang “terputuskan”(decidable) yang dipecahkan oleh turing machine selalu hanya akan memerlukan jumlah memori terhingga . jadi pada dasarnya setiap masalah yang dapat dipecahkan (diputuskan) oleh mesin turing dapat dipecahkan oleh komputer yang memiliki jumlah memori terbatas.

23. Tuliskan yang dimaksud dengan model imperative dalam komputasi!
Jawaban : Model jenis ini terdiri dari satu set nilai-nilai yang meliputi suatu keadaan dan operasi tugas untuk memodifikasi pernyataan. Pernyataan adalah set pasangan nilai-nama dari konstanta dan variable. Program terdiri dari urutan tugas dan suatu komputasi terdiri dari urutan pernyataan.

24. UU Paten (Octrooiwet) di Hindia Belanda (Indonesia) mulai berlaku pada tahun….
Jawaban : 1910

25. Program komputer open source walaupun dilindungi dengan hak cipta, tetapi bebas untuk didistribusikan dengan….
Jawaban : Lisensi terbatas

26. Penggunaan perangkat lunak commercial proprietary melarang seseorang untuk mengistal satu lisensi Windows di lebih dari satu komputer, sebab aturan dasarnya adalah….
Jawaban : Satu keeping CD Windows regular hanya boleh diinstal di satu komputer saja

27. Jelaskan yang Anda ketahui tentang pengertian intellectual property right!
Jawaban : Pengertian intellectual property right sebagai pemahaman mengenai hak atas kekayaan yang timbul dari kemampuan intelektual manusia, yang memiliki hubungan dengan hak seseorang secara pribadi yaitu hak asasi manusia (human right)

28. Berikan contoh bentuk pemecahan komputasi di bidang biologi dalam ruang lingkup abstraksi!
Jawaban : Menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengklasifikasi beberapa organisme berdasarkan metode ini dapat membantu untuk mempredisi beberapa banyak pertanyaan atau klasifikasi yang di butuhkan untuk mengklasifikasikan semua organisme yang diketahui

29. Aplikasi dari simulasi astronomi yang paling sering digunakan adalah….
Jawaban : Stellarium (https://stellarium.org/id/)

30. Graphene merupakan teknologi material yang dikembangkan oleh….
Jawaban : Para ahli fisika modern

31. Komputasi juga dapat diterapkan pada permainan yang menerapkan prinsip gerak proyektil dan energy potensial pegas pada burung yang ditembakan dengan ketapel menggunakan implementasi….
Jawaban : Mekanika Newtonian

32. Komputasi memiliki peran penting dalam menganalisis permasalahan permainan global di dunia serta membantu dalam menemukan solusi atas permasalahan tersebut dengan cara….
Jawaban : Memprediksi kondisi iklim pada beberapa decade ke depan berdasarkan pola yang diketahui pada tahun-tahun sebelumnya.

33. Penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk meyelesaikan masalah dalam berbagai bidang keilmuan jika dikategorikan sebagai….
Jawaban : Penggunaan praktis

34. Mengapa crack dianggap sebagai aktivitas illegal?
Jawaban : Karena crack adalah suatu aktivitas pembobolan software berbayar agar dalam proses pendaftarannya dapat dilakukan tanpa harus membeli maupun membayar lisensi resmi dari pembuat software yang bersangkutan. Hal ini memiliki maksud bahwa bisa memperolah beberapa persyarat agar software berbayar tersebut agar dapat bekerja secara penuh (full version)

35. Sebutkan bentuk tindakan tidak terpuji pada commercial proprietary!
Jawaban : Beberapa bentuk tindakan tidak terpuji pada Commercial Proprietary adalah sebagai berikut.
a. Meminjamkan CD Proprietary regular untuk dipasang di komputer yang berbeda termasuk ke dalam tindakan ingkar janji 
b. Mendistribusikan ulang Salinan-salinan CD Proprietary kepada orang lain juga dianggap sebagai tindakan ingkar janji
c. Menggunakan satu CD Proprietary regular untuk dipasang di 5 unit komputer juga termasuk tindakan ingkar janji

36. Terangkan yang Anda ketahui tentang tujuan perlindungan hukum atas HaKI!
Jawaban : Tujuan perlindungan hukum atas HaKI dimaksudkan untuk memberi kejelasan hukum mengenai hubungan antara ciptaan/penemuan sebagai hasil karya intelektual manusia dengan si pencipta/penemu atau pemegangan hak dengan pemakai yang mempergunakan hasil karya intelektual tersebut. Adanya kejelasan hukum atas pemilihan HaKI adalah pengakuan hukum serta pemberian imbalan yang diberikan kepada seseorang atas usaha dan hasil karya kreatif manusia yang telah diciptakan atau ditemukan 

37. Jabarkan makna perjanjian dalam sebuah software!
Jawaban : Dalam hal ini, prosedur jual beli dapat terjadi jika saling rela di dalamnya. Jika salah satu pihak menyalahinya, maka pihak lain bisa menuntut. Di dalam dunia perangkat lunak, perjanjian saling rela disebut sebagai lisensi (EULA). Misalnya pada saat menginstal CorelDraw, maka melihat teks EULA yang diminta menyetujui atau membatalkan. Hal tersebut sebagai perjanjian antara sang pembeli dan pembuat CorelDraw. Perjanjian tersebut telah dilindungi oleh pemerintah melalui peraturan-peraturan mengenai HAKI

Baca juga:
Soal USBN KKPI SMK Kelas XII dan Jawabannya Lengkap Terbaru
- Soal USBN TIK SMA (USP)
- 45 contoh soal UTS/PTS Informatika kelas 10 semester genap

38. Bagaimanakah penggunaan dari model dasar komputasional?
Jawaban : Model dasar komputasional sebagai tambahan terhadap satuan nilai-nilai dan operasi yang saling berhubungan di mana setiap model komputasional memiliki satu set operasi yang digunakan menggambarkan komputasi.

39. Model bisnis open source tetap berbasis pada hak cipta dan kontrak, karena….
Jawaban : Sistem hak cipta menyediakan infastruktur yang legal untuk open source program komputer

40. Landasan utama yang mengikat negara-negara WTO untuk melindungi HKI secara internasional adalah perjanjian….
Jawaban : Trade Related Aspects of Intellectual Property Rights

Lanjut ke materi setelah mid semester (Bab 3) ==> 60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part9

Posting Komentar untuk "40 Contoh Soal UTS/PTS Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part3"