Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part7

60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part7 Edisi Revisi - Kembali lagi melanjutkan postingan 60 contoh soal informatika kelas xi semester genap bagian ke-6 atau sebelumnya (latihan soal nomor 11-25), bagian ketujuh tulisan ini memiliki butir soal yang berbeda dengan sebelumnya. Ya, bila sebelumnya berbentuk pilihan ganda, maka yang ini berbentuk essay/uraian, tetapi dengan materi yang sama (Bab 2), yaitu "Berpikir Komputasional (Tematis)".

Selain itu, bagi siswa menengah atas yang belum membaca dari bagian pertama (Bab 1), silahkan baca postingan sebelumnya, disini.

Dimulai dari pertanyaan nomor 26, berikut dibawah ini soal dan kunci jawaban informatika kelas 11 semester genap kurtilas edisi revisi.

26. Salah satu keuntungan komputasi dalam bidang medis adalah….
Jawaban : Mengetahui bentuk bagian dalam tubuh manusia tanpa harus memotong dan membedahnya.

27. Masalah domain menggunakan berbagai jenis permasalahan dalam sains dan teknik rekayasa yang digunakan sebagai….
Jawaban : Objek yang akan dikomputasikan dalam mencari solusi pemecahannya.

28. Penggunaan permodelan matematika untuk sebuah sistem khusus yang bertujuan untuk menghasilkan prediksi yang bermanfaat tidak bisa dilakukan seketika. Penyebabnya adalah….
Jawaban : Solusi permasalahan tidak memiliki ekspersi bentuk tertutup (closed-from expression) atau terlalu rumit.

29. Model yang digunakan untuk merepresentasikan sistem terdistribusi diskret adalah….
Jawaban : Petri net

30. Metodologi domainan dari ilmu biologi dikenal sebagai….
Jawaban : Biologi teori (theoretical biology)

31. Bagaimanakah penerapan komputasi di bidang industri?
Jawaban : Komputasi bukan hanya berkutat di seputar simulasi dan pemodelan saja tetapi juga bisa diterapkan dalam sistem cerdas seperti halnya dalam industry otomotif  pada sebuah pabrik manufaktur. Dalam hal ini, paker kaomputasi dapat menanamkan kecerdasan buatan (aritificial intelligence) pada robot-robot manufaktur sehingga dapat bekerja secara otomatis tanpa mengenal lelah.

32. Terangkan tentangnperan utama scientific computing!
Jawaban : Peran utama Scientific computing adalah mengembangkan model matematika menggunakan teknik analisis kuantitaif dengan bantuan komputer untuk menyelesaikan permasalahan saintifik.

33. Tuliskan hubungan antara komputer dengan berbagai bidang kehidupan!
Jawaban : Dalam beberapa decade ini, komputer telah menjadi sebuah bagian dari kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah dibidang sains, teknik rekayasa, dan dunia usaha. Bisa dikatakan bahwa di hampir semua rumah memiliki sebuah personal computer(PC) dan anak-anak mulai tumbuh kembang dengan berbagai macam perangkat elektronik seperti laptop dan smartphone. Ketika ingin mengerjakan berbagai proyek sains, tugas-tugas sekolah, teknik, teknik rekayasa bahkan bisnis sering kali tidak akan terlepas dari penggunaan komputer.

34. Jenis mesin yang mewakili model komputasi yang dianggap sebagai model paling masuk akal yang paling ampuh adalah….
Jawaban : Turing machine

35. Jika program terdiri dari urutan tugas, sebuah komputasi terdiri dari….
Jawaban : Urutan pernyataan

36. Sebutkan bentuk-bentuk penggunaan Scientific computing yang bisa kita temui di dalam dunia sains dan teknik rekayasa!
Jawaban : Berikut bentuk-bentuk penggunaan scientific compting dalam bidang sains dan teknik rekayasa adalah permodelan aerodinamis, astronomi, permainan, geologi, global warning, industry, teknik material, kuantum fisika, ramalan cuaca.

37. Pemodelan aerodinamis bertujuan membuat model kendaraan paling efisien dan nyaman  secara virtual tanpa harus menghabiskan biaya uji coba dengan membuatnya dan uji dalam….
Jawaban : Terowongan angin

Baca juga:
Contoh Soal TIK Kelas XI Semester Genap Pilihan Ganda dan Jawabannya
Contoh Soal KKPI Kelas XI Semester 2 Pilihan Ganda dan Jawabannya
Contoh Soal TIK (Ujian Sekolah/USBN ) SMA Kelas XII

38. Computational economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer meliputi….
Jawaban : komputasi keuangan, statiska, pemrograman ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi

39. Teori komputasi pada bidang geologi digunakan untuk….
Jawaban : Pertambangan

40. Jabarkan penggunaan Scientific computing dalam mengatasi global warming!
Jawaban : Global warming merupakan sebuah permasalahan misalnya persebaran panas di permukaan bumi. Komputasi memiliki peran penting dalam menganalisis permasalahan global warning di dunia serta membantu dalam menemukan solusi atas permasalahan tersebut dan dapat memperediksi konisi iklim pada beberapa decade ke depan berdasarkan pola yang diketahui pada tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan manusia menyebabkan berbagai macam polusi yang mengganggu keseimbangan lingkungan dan meningkatkan suhu di permukaan bumi.

Lanjut ke soal nomor 41-60 ==> 60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part8

Posting Komentar untuk "60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part7"