Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part11

60 Contoh Soal Informatika Kelas XI Semester Genap Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part11 Edisi Revisi - Soal Informatika positngan ke11 Kurtilas ini, merupakan lanjutan 60 contoh soal informatika kelas 11 bagian ke-10 (latihan soal nomor 11-25) dengan berisikan materi yang sama, yaitu soal tentang Praktik Lintas Bidang (Bab 3).

Pada materi sebelumnya, butir soalnya berbentuk pilihan ganda, maka untuk tulisan yang sedang anda baca ini berbentuk essay/uraian, dengan pertanyaan dimulai dari nomor 26.

26. Tuliskan dua unsur utama dalam budaya kerja!
Jawaban : Budaya kerja dapat di bagi menjadi dua unsur, yaitu sebagai berikut.
a. Sikap terhadap pekerja, yaitu kesukaan akan kerja dibandingkan dengan kegiatan lain. Seperti bersantay, atau semata-mata memperoleh kepuasan dari kesibukan pekerjaan nya sendiri, atau merasa terpaksa melakukan sesuatu hanya untuk pelangsungan hidupnya.
b. Perilaku pada waktu bekerja, seperti rajin, berdidikasi, bertanggung jawab, berhati-hati, teliti, cermat, kemauan yang kuat untuk mempelajari tugas dan kewajibannya, suka membantu sesama pegawai, atau sebaliknya

27. Bagaimanakah cara membuat abstraksi data pada gambar seekor kucing?
Jawaban : Beberapa hal yang perlu dipahami dalam mengabstraksi datagambar kucing adalah sebagi berikut.
a. Mencatat bahwa semua kucing memiliki karakteristik umum, misalnya mata, ekor, bulu, keinginan makan ikan, dan kemampuan untuk membuat suara tertentu.
b. Membuat rincian spesifik, dimana setiap kucing memiliki ciri khas seperti bulu hitam, ekor panjang, mata hijau, cinta salmon, dan nyaring keras.
c. Membuat karakteristik relevan dapat menggambarkan kucing dengan mengetahui bahwa hewan tersebut memiliki, bulu dan mata pada tahap ini tidak perlu tahu bagaimana suara kucing dibuat atau jenis ikan yang disukai kucing, sehingga karakteristik jenis ini tidak relevan dan bisa disaring
d. Spesifik yang bisa disaring dengan mengetahui bahwa kucing memiliki ekor bulu dan mata, tetapi tidak perlu mengetahui ukuran dan warnanya. Berdasarkan karakteristik umumnya di atas, maka ide dasar menggambarkan seekor kucing telah terkumpul. Penggambaran tersebut, jika seseorang berada dalam posisi non/abstrak pasti akan berpikir bahwa semua kucing memiliki ekor panjang dan bulu pendek. Setelah disaringkan, dapat diketahui meskipun kucing memiliki ekor dan bulu, tidak semua kucing memiliki ekor dan tidak semua bulu pendek. Dalam kasus ini, metode abstraksi telah membantu dalam membentuk pemodelan seekor kucing yang leih jelas.

28. Uraikan tentang bentuk awal dari teknologi informasi dan komunikasi!
Jawaban : Teknologi informasi dan komunikasi pada awalnya dimulai dengan hal-hal yang sederhana. Untuk berkomunikasi dan bertukar informasi pada awalnya orang menggunakan surat, telegram, dan lain-lain menggunakan tulisan tangan dan mesin ketik untuk menuliskannya. Istilah teknologi informasi (information Technology) maulai populer diakhir decade 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi  informasi dikenal dengan pengolahan data elektronik atau EDP (Elektronic Data Processing)

29. Budaya kerja berpijak dari nilai-nilai yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi….
Jawaban : Nilai-nilai baru yang akan menjadi sikap dan prilaku yang diharapkan dapat menghadapi tantangan baru

30. Nama logo di bawah ini, digunakan pada aplikasi….
Jawaban : DropBox

31. Masyarakat modern dapat menghargai hasil karya orang lain dengan cara….
Jawaban : Tidak menggandakan (copy), membajak, atau memperjualbelikan karya tersebut secara illegal.

32. Jika belum mampu membeli yang berbayar, pemerintah memberikan sumbangsih kepada masyarakat dengan menggalakkan penggunaan produk alternatif adalah….
Jawaban : Produk open source

33. Jika ada yang melanggar Undang-Undang Hak Cipta, dampaknya adalah….
Jawaban : Sanksi akan menjerat pelaku berupa denda beserta hukum pidana akan menjeratnya sehingga efek jera.

34. Jelaskan yang Anda ketahui tentang Sky Drive!
Jawaban : Sama seperti Google Drive atau siapa saja yang mendaftar google mail, mereka mendapatkan akun Google Drive free 5GB. Di Skydrive juga sama, siapa saya mendaftar Hotmail mereka mendapat free cloud storage. Hanya saja untuk SkyDrive besar ruang yang diberikan lebih besar, yaitu sekitar 7 GB. Selain fitur yang sama dengan Google Drive, SkyDrive juga memiliki fitur atau upload photo untuk Windows phone. Setiap kita mengambil gambar, maka secara otomatis diunggah ke SkyDrive.

35. Uraikan tentang nilai sebagai indicator-indikator budaya kerja!
Jawaban : Nilai mereka penghayatan seseorang ymengenai apa yang lebih penting atau kurang penting, apa yang lebih baik atau kurang baik, dan apa yang lebih benar atau kurang benar. Supaya dapat berperan nilai harus menampakan diri melalui media atau encoder tertentu. Nilai bersifat abstrak, hanya dapat di amati atau dirasakan jika terekam atau termuat pada suatu wahan atau budaya kerja. Jadi, nilai dan budaya kerja tidak dapat dipisahkan dari keduanya harus ada keselarasan dengan budaya kerja searah, keserasian, dan keseimbangan maka penilaian dirasakan sangat penting untuk memberikan efaluasi terhadap kinerja pegawai agar dapat memberikan nilai baik secara kualitas maupun kuantitas.

36. Jabarkan tentang tujuan fundamental budaya kerja!
Jawaban : Tujuan fundamental budaya kerja adalah untuk membangun seumber daya manusia seutuhnya agar setiap orang sadar bahwa mereka berada dalam suatu hubungan sifat peran pelanggan, pemasok dalam komunikasi dengan orang lain secara efektif dan efisien serta mengembirakan. Budaya kerja berupa mengubah komunikasi trasional menjadi perilaku manajemen modern, sehingga tertanan kepercayaan dan semangat kerja sama yang tinggi dan displin.

37. Sebutkan unsur-unsur budaya organisasi!
Jawaban : Unsur-unsur dalam budaya organisasi antara lain seperti berikut.
a. Falsafah, yaitu berupa nilai Pancasila UUD 1945, Agama tradisi, dan teknologi
b. Kualitas, yaitu dimensi yang meliputi performance, features, conformance, durability, serviceability, ae sthetics, perceived quality, value, responveness, humanity, security, dan competency.
c. Nilai-nilai instrument, yaitu standar mutu, hubungan pemasok-pelanggan, orientasi pencagahan, mutu dan setiap sumber, dan penyempurnaan terus menerus.

38. Terangkan yang Anda ketahui tentang I DriveSync!
Jawaban : Fitur free accound iDrive Sync memberikan free storage sebesar 10GB. Fitur yang ada di DropBox sama dengan yang ada di iDriveSync dan tidak ada batasan besar uploud file fitur out of box di gunakan untuk meng-cloud kan folder mana saja di PC/laptop kita. Fitur ini jelas menjadi nilai plus dibanding aplikasi cloud sejenis yang hanya bisa meng-cloud kan satu folder saja.

39. Nilai-nilai yang telah menjadi kebiasaan pada masyarakat digital yang dikaitkan dengan mutu atau kualitas kerja di mana suatu keberhasilan kerja akan berakar pada nilai dan prilaku yang berpola menjadi sebuah kebiasaan bisa dikategorikan sebagai….
Jawaban : Budaya kerja

40. Perilaku yang senantiasa berpijak pada peraturan dan norma yang berlaku di dalam maupun diluar perusahaan disebut….
Jawaban : Disiplin

Baca juga:
Contoh Soal TIK Kelas XI Semester Genap Pilihan Ganda dan Jawabannya
Contoh Soal Powerpoint Pilihan Ganda dan Jawabannya
Soal Ujian Sekolah KKPI SMK Kelas XII dan Jawabannya Lengkap Terbaru (USP)

41. Kesuksesan organisasi bermula dari….
Jawaban : Disiplin dalam menerapkan nilai-nilai inti yang sudah ditetapkan

42. Jabarkan pengertian teknologi menurut kamus Oxford (1995)!
Jawaban : Menurut kamus Oxford (1995) teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronik, terutama komputer untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar

43. Bagaimana perkembangan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di masa sekarang?
Jawaban : Perkembangan di bidang teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat pesat dan berpengaruh sangat signifikan terhadap pribadi maupun komunitas, segala aktivitas, kehidupan, cara kerja, metode belajar, gaya hidup maupun cara berpikir Oleh karena itu, pemanfaatan TIK harus diperkenalkan kepada sejak dini agar memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk bisa menerapkan menggunakannya dalam kegiatan belajar, bekerja serta berbagai aspek kehidupan sehari-hari, bahkan bisa juga dikembangkan menjadi kegiatan wirausaha.

44. Tombol kombinasi yang bisa digunakan untuk menggantikan perintah File > New > Source File adalah….
Jawaban : CTRL + N

45. Perintah yang digunakan untuk meminta pengguna memasukan nilai x pada C++ adalah….
Jawaban : P r I n t f)”\n memasukan nilai x : “); scanf(“%”,&x);

Lanjut ke soal nomor 46-60 ==> 60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part12 Lengkap

Posting Komentar untuk "60 Contoh Soal Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part11"