Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

65 Contoh Soal Informatika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part12

65 Contoh Soal Informatika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part12 Edisi Revisi - Melanjutkan postingan 65 soal informatika kelas x semester genap bagian ke-11 (latihan soal nomor 31-50), bagian ke-12 ini berisikan materi yang sama dengan sebelumnya, yaitu soal tentang Berpikir Komputasional dan Praktik Lintas Bidang (Tematis) yang diambil dari Bab 3.

Selain itu, bagi anda yang belum membaca dari Bagian pertama atau Bab 1, silahkan baca: soal informatika tentang pengenalan notasi algoritma

Dimulai dari pertanyaan nomor 51, berikut dibawah ini soal dan jawabannya...

51. Terangkan fungsi Decompositions!
Jawaban : Decompotion untuk memecah masalah yang lebih besar atau kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana

52. Apakah fungsi dari Pattern recognition!
Jawaban : Pattern recogenition untuk mencari atau mnemukan pola atau kesamaan antar masalah maupun dalam masalah tersebut.

53. Sebutkan beberapa alasan umum menggunakan awan (cloud)!
Jawaban : Beberapa alasan umum menggunakan awan (cloud) adalah sebagi berikut
a. Berbagi (sharing) berkas
teknologi awan memudahkan user untuk berbagi berkas dengan pengguna internet yang lain kapanpun. Misalnya user dapat mengunggah (uplod) beberapa foto ke penyedia layanan foto berbasis awan seperti Flickr(http://www.flickr.com/) atau iCloud Photos (http://www.apple.com/icloud/photos), kemudian dapat user membegikan dengan cepat kepada teman dan keluarga.
b. Kapasitas penyimpanan
user dapat menyimpan apa pun awan, termasuk barkas dan e-mail. Hal ini berarti user dapat mengakses penyimpanan user dari komputer atau perangkat mobile yang terhubung internet. Penyediaan layanan penyimpanan awan yang populer adalah Dropbox (http://www.dropbox.co/) dan Google Drive (http://www.google.com/drive)
c. Pandangan (back-up) data
user dapat menggunakan awan untuk mencadangkan berkas-berkas user. Aplikasi seperti Mozy (http://mozy.com/) secara otomatis mencadangkan data-data user kea wan. Jika komputer user hilang, dicuri, atau rusak maka user masih dapat mengelola berkas-berkas user yang tersimpan di awan.

54. Jabarkan perbedaan mendasar antara Document Mode dan Worksheet mode!
Jawaban : Jika document mode memiliki wilayah input berupa Document Block. Document Blocks menyembunyikan Maple Syntax sehingga pengguna dapat focus pada pemecahan masalah. Adapun wilayah input Worksheet Mode ditandai dengan adanya Maple input prompt >. Jika prompt sudah terlihat, maka semua command akan ditampilkan

55. Uraikan yang Anda ketahui tentang langkah-langkah urautan logika dari algoritma Djikstra!
Jawaban :Langkah-langkah urutan logika dari algoritma Dijkstra adalah sebagai berikut.
a. Memberi nilai bobot (jarak) untuk setiap titik ke titik lainnya, lalu set nilai 0 pada node awal dan nilai tek terhingga terhadap node lain yang belum terisi.
b. Selanjutnya set semua node “Belum Terjamah” dan set node awal sebagi “Node keberangkatan”
c. Dari node keberangkatan tersebut, akan dipertimbangkan adanya node tetangga yang belum terjamah dan dihitung jaraknya dari titik keberangkatan. Misalnya titik keberangkatan A ke B memiliki bobot jarak 10, sedangkan dari B ke node C berjarak 10 + 6 = 16. Jika jarak tersebut ternyata lebih kecil dari jarak sebelumnya (yang telah terekam sebelumnya) maka data lama harus dihapus, dilanjutkan dengan menyimpan ulang data jarak dengan jarak yang baru
d. Saat selesai mempertimbangkan setiap jarak terhadap node tetangga, node yang telah terjamah ditandai sebagai “Node Terjamah”. Node terjamah tidak akan pernah dicek kembali, sebab jarak yang disimpan adalah jarak terakhir dan memiliki bobot paling minimal
e. Berikutnya set “Node belum terjamah” dengan jarak terkecil (dari node keberangkatan) yang dianggap sebagai “Node Keberangkatan” selanjutnya dan lanjutkan dengan kembali ke pada langkah ke 3.

56. Jelaskan pengertian mendasar dari bidang studi matematika!
Jawaban : Pada dasarnya, metematika merupakan bidang studi yang membahas dan mempelajari angka-angka yang dituangkan kedalam sebuah rumus tertentu untuk menyelesaikan atau mencari solusi dari sebuah permasalahan, yang digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan. Misalnya perhitungan statistika untuk mencari jumlah peluang keberhasilan dan kegagalan pada suatu kejadian atau grafik saham yang digunakan oleh investor saham. Semua perhitungan tersebut sudah diterapkan dalam komputasi, sehingga lebih mudah digunakan dalam mencari solusi yang sering diperdebatkan

57. Bagaimanakah bentuk evolusi dari kalkulator?
Jawaban : Kalkulator berevolusi menjadi komputer elektronik pada tahun 1940 dan pada masa selanjutnya komputer berguna untuk tujuan administratif. Penemuan komputer mempengaruhi bidang analisis numerik, karena memberi peluang dilakukannya perhitungan yang lebih panjang dan rumit.

58. Bagaimanakah tahap awal penemuan teknologi?
Jawaban : Pada awalnya teknologi berkembang secara lambat, tetapi seiring dengan kemajuan tingkat kebudayaan dan peradaban manusia, perkembangan teknologi berkembang dengan cepat. Semakin berkembangnya terknologi berdampak pada perkembangan dari kebudayaan yang maju pesat. Perkembangan teknologi yang pesat meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Apalagi dimasa sekarang semakin sulit memisahkan kehidupan manusia dengan teknologi, bahkan sudah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari. Awal perkembagan teknologi yang sebelumnya merupakan bagian dari ilmu atau bergantung dari ilmu, sekarang ilmu dapat juga bergantung dari teknologi.

59. Tuliskan hubungan antara budaya kerja di era digital dengan bisnis imperatife!
Jawaban :Dalam membangun budaya kerja di era digital harus memastikan bahwa mereka memakai teknologi digital hanya untuk kepentingan si pemakai saja taupun atupun hanya untuk gaya-gayaan. Namun yang pertama kali harus disadari dan dipahami adalah bahwa budaya kerja di era digital itu adalah bisnis imperatifnya, artinya bisnis ini mau dibawa kemana, seperti apa, mana elemen yang akan dipermudah dengan menggunakan teknologi digital. Serta bagaimana caranya supaya teknologi digital dapat memberikan terobosan-terobosan bagi pengembangan sebuah teknologi digital.

60. Jelaskan yang Anda ketahui tentang masyarakat digital dalam teknologi!
Jawaban : Laju perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang begitu cepat dan pesat, semenjak ditemukannya mesin dan komputer dunia teknologi mengalami perkembangan yang begitu drastis, bahkan bisa dikatakan setiap kita mengedipkan mata, di belahan bumi lain muncul inovasi teknologi terbaru. Begitu cepatnya perkembangan teknologi, kadang tidak terkejar oleh kita sehingga banyak dari kita yang merasa ketinggalan kemajuan teknologi, dan gaptek pun menghantui kita. pada awalnya perlu berhari-hari mengirimkan kabar ke seberang pulau melalui surat, tetapi di masa sekarang hanya butuh smartphone untuk berkomunikasi jarak jauh. Di era teknologi tinggi sepeti saat ini, informasi bisa didapatkan dengan mudah. Terlebih dengan adanya berbagai jenis jejaring sosial. Manusia awalnya tidak mengenal konsep teknologi. Kehadiran manusia purba pada pada masa pra sejarah, henya mengenal teknologi sebagai alat bantu dalam mencari makan alat bantu dalam berburu, serta mengolah makanan. Alat bantu tersebut sangat sederhana yang terbuat dari bambu, kayu, batu, dan bahan sederhana lain yang mudah mereka jumpai di alam bebas. Misalnya untuk membuat perapian, ia memanfaatkan bebatuan yang dapat memunculkan percikan api. Kedatangan smartphone telah mengubah secara radikal setiap aspek kehidupan remaja, dari sifat interaksi sosial mereka dengan kesehatan mental mereka. Perubahan ini telah mempengaruhi kaum muda di setiap sudut negara dan di setiap jenis keluarga. Trend yang muncul dikalangan remaja miskin dan kaya dari setiap latar belakang etnis di kota, pinggiran kota, hingga kota-kota kecil . Tujuan generasional bukanlah untuk menyerap pada nostalgia seperti keadaan sebelumnya, tetapi untuk memahami bagaimana mereka sekarang. Beberapa perubahan generasi positif, beberapa negatif, dan banyak keduanya. Lebih nyaman di kamar tidur mereka dari pada berada di komunitas atau lingkungan sosial, remaja masa kini secara fisik lebih aman daripada remaja yang pernah ada sebelumnya. Secara pisikologis, bagaimanapun, mereka lebih rentan dari pada millennium. Tingkat depresi remaja dan bunuh diri telah meroket sejak 2011. Bukan hal yang berlebihan untuk menggambarkan berada di ambang krisis kesehatan mental terburuk dalam beberapa dasawarsa. Sebagian besar kemunduran ini bisa di telususri ke ponsel mereka.

61. Sebutkan 4 teknik computational thinking menurut Jeanette Wing!
Jawaban : Terdapat 4 teknik kunci dalam computational thinking yaitu Decomposition untuk memecah masalah yang lebih besar/kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana, Pattern recognition untuk mencari/menemukan pola/kesamaan antar masalah maupun dalam masalah tersebut, Abstraction yang focus pada informasi penting saja serat mangabaikan detail yang kurang relevan, dan algorithmas untuk membangun langkah-langkah solusi terhadap masalah.

Baca juga:
- 60 contoh soal informatika kelas 11 semester genap
Contoh Soal Powerpoint Pilihan Ganda dan Jawabannya

62. Jelaskan focus dari Abstraction!
Jawaban : Abstraction yang fokus pada informasi penting saja serta mengabaikan detail yang kurang relevan

63. Berikan contoh penerapan abstraksi dalam ilmu komputer!
Jawaban : Penerapan ilmu komputer dengan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum untuk menghasilkan pola dengan menempatkan semua data file sistem ke dalam folder windows, file program dimasukan dalam folder Program
Files dan lain-lain. Pada intinya penempatan sebuah file tersebut dengan maksud mempermudah dalam pencarian berlanjut, karena tujuan utamanya memang mempermudah bagian user.

64. Tuliskan yang Anda ketahui tentang beberapa aturan dasar dalam menggunakan program Maple!
Jawaban : Beberapa aturan dasar dalam menggunakan program Maple adalah sebagai berikut.

65. Sebutkan berbagai macam cara yang dapat diselesaikan dengan menggunakan berpikir komputasional!
Jawaban : Computational Thinking (berpikir komputasional) mereka cara berfikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola dalam dan masalah tersebut, serta menyusun langkah-langkah solusi mengatasi masalah.

Lanjut ke soal PAS ==> 45 Contoh Soal UAS/PAT Informatika Kelas X Semester 2 Beserta Jawaban Kurikulum 2013

Posting Komentar untuk "65 Contoh Soal Informatika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 SMA/MA Beserta Jawaban (PG+Essay)~Part12"