Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Contoh Soal UAS/PAT Informatika Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Lengkap~Part3

40 Contoh Soal UAS/PAT Informatika Kelas 11 Semester Genap Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Lengkap~Part3 Edisi Revisi untuk siswa SMA/MA Lengkap - Postingan ketiga atau terakhir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran informatika ini, merupakan lanjutan 40 contoh soal PAT Informatika kelas xi semester 2 bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal PAS nomor 11-20).

Berbeda dengan postingan sebelumnya yang berbentuk pilihan ganda, bagian terakhir ini berbentuk essay/uraian dengan pertanyaan dimulai dari nomor 21.

Berikut di bawah ini soal PAT/PAS/UAS informatika kelas 11 semester 2 dilengkapi kunci jawabannya.

21. Mengapa TIK dipandang sebagai suatu kebutuhan?
Jawaban : Teknologi informasi dan komunikasi atau TIK (Information and communication Technology-ICT) dewasa ini telah dipandang sebagai suatu kebutuhan. Pada saat ini kita hidup di dalam masyarakat digital berbasis TIK di mana penggunaannya telah hadir di setiap waktu dan tempat . TIK memainkan peranan yang sangat signifikan baik di dalam urusan pribadi maupun urusan pekerjaan. Keadaan ini mendorong semua pihak untuk hidup bersama TIK dalam segala aspek yang menuntut pola pengolaan yang lebih baik untuk mendapatkan manfaat positifnya

22. Mengapa pemanfaatan TIK harus diperkenalkan kepada sejak dini?
Jawaban : Pemanfaatan TIK harus diperkenalkan kepada sejak dini agar memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk bisa menerapkan dan menggunakannya dalam kegiatan belajar, bekerja serta berbagai aspek kehidupan sehari-hari, bahkan bisa juga dikembangkan menjadi kegiatan wirausaha.

23. Adanya kejelasan hukum atas kepemilikan HaKi adalah….
Jawaban : Pengakuan hukum serta pemberian imbalan yang diberikan kepada seseorang atas usaha dan hasil karya kreatif manusia yang telah diciptakan atau ditemukan

24. Komputasi dapat digunakan pada dunia kuantum sebagai….
Jawaban : Alat pemodelan

25. Penggolongan ilmu berdasarkan metodologi dominan dalam sains traditional ditunjukkan dengan….
Jawaban : Munculnya bidang-bidang khusus berdasarkan keberagaman penggolongan yang dilengkapi dengan jurnal-jurnal yang releven untuk melaporkan hasil-hasil penelitiannya

26. Jabarkan penggunaan scientific computing dalam mengatasi tehnik material!
Jawaban : Tehnik material bisa dikatakan sebagai struktur dasar dari graphene. Graphene merupakan teknologi material yang dikembangkan oleh para ahli fisika modern, misalnya pembuatan mikroprosessor dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan adanya komputasi akan membantu fisikawan dalam menganalisis dan merekayasa struktur graphene

27. Tuliskan hubungan antara teknologi informasi (TI) dengan informasi berkualitas!
Jawaban : Teknologi informasi (TI) adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi.

28. Diawali dengan menulis tautan resmi dropbox di www.dropbox.com setelah muncul tampilan ‘your stuff, anywhere’ yang dilanjutkan dengan klik pada menu….
Jawaban :  Link sign in

29. Perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat pesat dan berpengaruh terhadap….
Jawaban : Ranah peribadi, komunitas, segala aktivitas, kehidupan, cara kerja, metode belajar, gaya hidup hingga cara berpikir

30. Pemerintah yang terdiri atas instansi-instansi terkait, jajaran penegak hukum, dan segenap lapisan masyarakt harus sepakat untuk secara bersama-sama memerangi pembajakan terhadap….
Jawaban : Karya-karya intelektual bidang IT

31. Bagaimanakah bentuk pernyataan pada lisensi shrinkwrap?
Jawaban : Pernyataan tersebut biasanya dimunculkan sebagai formulir yang sudah dicetak dan konsumen tidak memiliki kemampuan untuk menegosiasikan syarat kontrak. Jika seseorang memilih mengembalikan produk tersebut, mereka tidak lagi terikat dengan syarat-syarat dalam kontrak

32. Jabarkan makna intelektual dalam HaKi!
Jawaban : Kata “intelektual” tercermin bahwa objek kekayaan tersebut melingkupi kecerdasan, daya pikir, atau produk pemikiran manusia (the Creations of the Human Mind). Setiap manusia memiliki hak untuk melindungi atas karya hasil cipta, rasa dan karsa setiap individu maupun kelompok. Kita perlu memahami HaKI untuk menimbulkan kesadaran akan pentingnya daya kreasi dan inovasi intelektual sebagai kemampuan yang perlu diraih oleh siapa saja yang ingin maju sebagai faktor membentuk kemampuan daya saing dalam penciptaan inovasi-inovasi kreatif.

33. Jabarkan yang anda ketahui tentang free software (open source)!
Jawaban : Free software (open source) dinyatakan sebagai perangkat lunak bebas. Dalam hal ini, end-user dapat memperoleh sebuah free software sekaligus dalam dua bentuk yaitu binary (program jadi) dan source code. Ketersediaan source code membedakan free software dengan freeware. Menjual, memodifikasi, mendistribusikan ulang sebuah free software adalah boleh. Modefikasi dari sebuah free software harus tetap free software. Sejumlah perangkat lunak power full yang bisa digunakan secara aman (gratis, legal, tidak membajak) untuk menggantikan program yang ilegal, diantaranya libreoffice, Mozilla firefox, VLC, dan blender. 

34. Mengapa penggunaan program berlisensi open source sangat dianjurkan?
Jawaban : Lisensi open source adalah lisensi bebas bagi setiap orang menggunakan perangkat lunak yang diperbolehkan untuk membuat Salinan tanpa terbatas, menjual atau bahkan memberikan program komputer secara bebas tanpa ada kewajiban membayar kepada siapa pun. Dengan menggunakan program dan sistem operasi yang memiliki lisense open source maka dapat meminimalisir adanya pelanggaran Hak Cipta yang ada. Ketersedia source code dalam program dengan lisense ini menjadi syarat utama untuk dilakukan modifikasi dan perbaikan program.

35. Uraikan yang anda ketahui tentang pemecahan komputasi di bidang pemrograman!
Jawaban :  Suatu bahasa pemrograman memiliki prinsip kompusional di dalam mendisain bahasa pemrograman sebagai berikut.
a. Prinsip kelengkapan komputasional dengan tujuan utama suatu bahasa pemrograman harus universal
b. Prinsip implementasi di dalam mendesain suatu bahasa dengan menuliskan daerah masalahnya dan di dalam penggunaan waktu dan ruang harus efisien agar lebih mudah di dalam mendesain bahasa pemrograman

36. Tuliskan hubungan antara abstraksi data dengan konteks masalah yang terjadi!
Jawaban : Dalam melakukan abstraksi data, kemampuan untuk menginterpretasikan suatu data dengan konteks masalah sangat dibutuhkan. Abstraksi juga memberi peluang dengan membuat gagasan umum tentang sebuah masalah beserta solusinya, di mana proses menginstruksikan bertujuan menghapus semua detail spesifik, dan pola-pola yang tidak membantu dalam mengatasi masalah tersebut. Hal juga ini membantu dalam membentuk gagasan tentang masalah yang ada. Ide-ide tersebut bisa dianggap sebagai model dan jika tidak berpikir abstrak kemungkinan besar akan berakhir dengan solusi yang salah untuk masalah yang sedang diselesaikan.

37. Program yang paling populer yang berusaha untuk mengembangkan sistem operasi yang selama ini didominasi oleh Microsoft adalah….
Jawaban : Linux OS

Baca juga:
45 Contoh Soal UAS/PAT Informatika Kelas X Semester 2 Beserta Jawaban Kurikulum 2013
Contoh Soal TIK Kelas XI Semester Genap Pilihan Ganda dan Jawabannya
Contoh Soal Powerpoint Pilihan Ganda dan Jawabannya

38. Pelanggaran lisensi pemakai crack dan serial number illegal dengan tujuan….
Jawaban :  Tidak membeli atau memperoleh fitur secara penuh

39. Dunia game dan animasi di era digital ini telah memasukkan berbagai prinsip-prinsip fisika memlalui komputasi dengan memasukkan semua prinsip fisika dari level sederhana hingga paling kompleks ke dalam….
Jawaban : Dunia virtual

40. Ketaatan terhadap peraturan oerundang-undangan, prosedur, berlalu lintas, waktu kerja, berinteraksi dengan mitra, dan lain sebagainya dapat dikategorikan sebagai….
Jawaban : Disiplin

Posting Komentar untuk "40 Contoh Soal UAS/PAT Informatika Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Lengkap~Part3"