100+ Contoh Soal USBN/USP PKN SMA/SMK Beserta Jawabannya (Kurikulum 2013 + KTSP)~Part2
100+ Contoh Soal USBN/USP PKN SMA/SMK Beserta Jawabannya (Kurikulum 2013 + KTSP) Kelas XII bagian kedua atau terakhir ini, merupakan lanjutan 100+ soal usbn kewarganegaraan SMA/MA/SMK/MAK (soal nomor 1-20), dmana soal-soal ujian akhir Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan ini diambil dari soal tahun ajaran 2019/2020, sebagai referensi belajar online USP 2023/2024 tahun ini.
Selain itu, sebagaimana admin umar-danny.blogspot.com sampaikan di bagian pertama, bahwasanya materi soal USP PKN yang ada di postingan ini merupakan soal tambahan yang diambil dari tahun sebelumnya. Untuk tahun 2018/2019, admin telah mempublish yang tediri dari 135 butir soal (PG+ Essay/uraian), yang bisa anda pelajari pada tulisan mulai dari: 45 soal usbn pkn SMA K13 beserta jawaban dan kumpulan soal-sol usbn pkn sma dengan kunci jawaban (KTSP).
Lanjut ke soal USBP PKN kurikulum 2013, yang diambil dari tahun ajaran 2019/2020, dengan pertanyaan dimulai dari nomor 21.
21. Dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara kita sebagai bangsa Indonesia harus mengemban kewajiban dan memahami benar amanat penderitaan rakyat dalam kerangka persatuan dan kesatuan. Beberapa waktu lalu terdapat kasus penghinaan lambang negara oleh artis ternama. Dia tak mengerti benar akan pentingnya pemahaman konteks Pancasila dalam mengemban kehidupan yang berdaulat.Agar kasus seperti itu tidak terjadi dalam kehidupan generasi penerus bangsa, apa yang harus kita lakukan sebagai seorang pelajar untuk menjalankan kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sejak dini?A. memahami arti penting pancasila dan seluk beluknya
B. memahami hakikat demokrasi dalam kehidupan sehari hari
C. menjalankan kehidupan sebagaimana mestinya seorang pelajar
D. memahami dan mengamalkan isi pancasila dalam kehidupan sehari hari
E. memahami fungsi instrumen Negara
Jawaban: C
22. Peristiwa yang terangkum dalam sejarah dikatakan dapat meyatukan suatu bangsa. Indonesia adalah negara yang memiliki sejarah kelam mulai zaman kerajaan sampai zaman reformasi terkait masalah persamaan senasib. Hal ini dapat dibuktikan dengan peristiwa....
A. terkikisnya kebudayaan lokal dengan kebudayaan barat
B. terlepasnya Timor Leste menjadi negara Merdeka
C. terjadi Penculikan Oleh Kelompok Muda Untuk Mengasingkan Soekarno dan Hatta
D. konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia di Blok Ambalat
E. diturunkanya Gusdur dari kursi jabatan Presiden
Jawaban: D
23. Dalam menghadapi pengaruh negatif dari luar negeri, perlu ditanamkan semangat nasionalisme kepada seluruh bangsa indonesia, karena dengan semangat nasionalisme bangsa indonesia mampu....
A. mempertahankan nilai-nilai luhur Pancasila
B. menghargai bangsanya secara berlebihan
C. memiliki rasa lebih tinggi dari bangsa lain
D. menghadapi tantangan dari Negara tetangga
E. menumbuhkan sikap chauvinisme terhadap negaranya
Jawaban: A
24. Berdasarkan prinsip saling menghormati dalam keberagaman suku Agama ras dan budaya. Keanekaragaman budaya bangsa Indonesia timbul karena akibat...
A. pertukaran kesenian daerah
B. kemajemukan suku bangsa
C. pembinaan kebudayaan daerah
D. keanekaragaman budaya
E. rasa kecintaan terhadap tanah air
Jawaban: E
25. Andi pindah rumah dari Makasar ke Surabaya. Sekarang Andi tinggal satu kompleks perumahan dengan Anto. Anto penduduk asli Surabaya. Meskipun berbeda suku Andi dan Anto berteman baik. Suatu malam, musibah menimpa keluarga Andi. Rumahnya mengalami kebakaran. Sebagai tetangga dan teman baik Anto mempunyai kewajiban....
A. meringankan beban yang diderita Andi
B. menanggung semua kerugian akibat kebakaran
C. mencari berita tentang musibah yang sedang terjadi
D. memberi tahu teman-temannya tentang musibah yang dialami Andi
E. mencari penyebab kebakaran dan menghitung kerugian yang diderita
Jawaban: A
26. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk sehingga diperlukan semboyan Bhinneka Tunggal Ika untuk dapat mempersatukan bangsa Indonesia. Penerapan sikap yang susuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari adalah....
A. mengakomodasi sifat pluralistik
B. menerapkan sukuisme
C. membudayakan sikap peduli
D. mengembangkan rasa sayang
E. menerapkan sikap elitisme, individualism
Jawaban: C
27. Pemerintahan yang baik dan demokratis adalah pemerintahan yang berorientasi pada kepentingan rakyat. Guna terciptanya pemerintahan yang berorientasi pada kepentingan rakyat tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah....
A. melaksanakan apa yang menjadi program dan kepentingan penguasa
B. mendengarkan keluhan tanpa melaksanakan apa yang diinginkan rakyat
C. bekerjasama dengan masyarakat yang hanya menguntungkan penguasa
D. melaksanakan program pemerintah yang pro penguasa dan kelompoknya
E. melaksanakan program yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat
Jawaban: D
28. Terciptanya integrasi bangsa merupakan harapan semua anggota masyarakat. Peran serta kita sebagai anggota masyarakat dalam menciptakan integrasi nasional harus dilandasi dengan….
A. kesadaran bahwa bangsa Indonesia bangsa yang majemuk
B. kesadaran bahwa setiap warga negara bertanah air yang sama
C. keinginan untuk menciptakan persatuan dan kesatuan
D. keinginan untuk saling berkompetisi secara sehat
E. kesadaran bahwa tujuan hanya dapat dicapai melalui usaha bersama
Jawaban: E
29. Bangsa Indonesia adalah bangsa multikultural yang rawan terpecah belah. Dalam upaya mewujudkan negara Indonesia yang bersatu, integrasi harus dapat diwujudkan. Faktor-faktor yang dapat mendorong integrasi nasional adalah:
A. tidak menerima perbedaan dan melihatnya sebagai bagian dari kebudayaan asing
B. sikap ramah dan gotong royong hanya dengan kelompoknya sendiri
C. sikap toleransi dan empati terhadap keragaman budaya yang ada di Indonesia
D. perbedaan dalam unsur-unsur budaya seperti ekonomi, social, politik
E. mau mencari unsur-unsur budaya asing yang sama dengan kebudayaan daerahnya
Jawaban: B
30. Perhatikan wewenang dibawah ini!, (1) Pendidikan, (2). Moneter/fiskal, (3). Kebudayaan, (4). Hubungan luar negeri, (5). Pertahanan dan keamanan.
Pernyataan diatas yang termasuk kewenangan pemerintah pusat ada pada nomor....
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 5
C. 1, 2, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
Jawaban: E
31. Pemerintah daerah dalam membuat peraturan harus mampu mengakomodasi kepentingan rakyat sehingga menimbulkan rasa keadilan sosial. Salah satu contoh perwujudan keadilan sosial adalah....
A. membangun penyediaan fasilitas umum di setiap pemukiman
B. memperoleh kesempatan sama untuk mengembangkan agama
C. jaminan kebebasan dalam memberikan hak suara di pilkada
D. menghargai kebebasan untuk menyalurkan bakat dan minat diri
E. kebebasan mementukan cara dalam memilih kebutuhan kehidupan
Jawaban: A
Baca juga kumpulan soal USP lainnya:
- Contoh Soal USP Ekonomi Kelas 12 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- 90 contoh soal USP PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- 100+ contoh soal USP Sosiologi kelas 12 Beserta Kunci Jawabannnya
- 40 Contoh Soal USP Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013~Persiapan Ujian Tahun 2022
- Contoh Soal USP Fisika SMA Beserta Jawaban
32. Pahami tugas-tugas presiden berikut!, (1). Memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD (2). Mengajukan RUU kepada DPR, (3). Menetapkan peraturan pemerintah untuk menjalankan undangundang, (4). Memberi grasi dan rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan MA.
Dari data di atas yang merupakan tugas presiden dalam bidang eksekutif ditunjukkan pada nomor....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4
E. 4 dan 3
Jawaban: C
33. Perhatian berita berikut:peringatan hari Otoda menjadi penyemangat bagi daerah untuk dapat merumuskan kebijakan daerah dengan memperhatikan kondisi dan potensi daerah gunameningkatkan pelayanan Publik dan kesejahteraan masyarakat .Berdasarkan uraian berita di atas penyelenggaraan Otoda menitikberatkan pada :
A. pembiaran pelayanan publik secara maksimal
B. proses perumusan dan penetapan kebijakan pemda
C. perhatian terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat daerah setempat
D. semangat menerapkan nilai nilai otoda dalam kehidupan sehari hari
E. penyelenggaraan pemerintahan yang memeperhatikan potensi dan kebutuhan daerah
Jawaban: D
34. Dalam penyelenggaraan Otonomi Daerah terdapat beberapa hal yang tetap ditangani pemerintah pusat,disamping ada pula bidang yang diserahkan dan menjadi kewenangan pemerintah Daerah untuk mengelolanya, diantaranya adalah ….
A. bidang agama
B. bidang yustisi
C. bidang politik luar negeri
D. pengelolaan sarana pendidikan dan kesehatan
E. kebijakan yang berhubaungan dengan Moneter dan Fiskal
Jawaban: B
35. Sistim Pemerintahan di Negara Indonesisa sudah diatur dalam UUD NRI 1945yang sudah diamandemen menurut ketentuan UUD NRI 1945 pengangkatan Gubernur,Bupati,dan Wali Kota didasarkan pada....
A. kekuasaan eksekutif
B. kekuasaan legislatif
C. kekuasaan yudikatif
D. pemilihan secara demokratif
E. dipilih rakyat disahkan oleh DPR.
Jawaban: E
36. Yang menjalankan asas desentralisasi ,dekosentrasi dan asas medebewind sekaligus adalah wilayah....
A. Wilayah administratif
B. Kabupaten
C. Propinsi
D. Daerah Otonom
E. Kota Madya
Jawaban: D
37. Pemerintahan yang demokratis adalah pemerintahan yang terbuka. Hal ini mengandung makna, bahwa....
A. Pemerintahan menjadikan LSM sebagai mitra dan pengontrol kebijakan
B. pemerintah melaksanakan komunikasi vertikal dengan masyarakat
C. semua rahasia negara wajib diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat
D. pemerintah membatasi pers sebagai pusat informasi yang dikendalikan
E. pemerintahan dijalankan untuk menciptakan kesejahteraan rakyat
Jawaban: C
38. Presiden hanya berfungsi sebagai kepala Negara dan tidak dapat diganggu gugat sedangkan kepala Pemerintahaan berada ditangan perdana menteri merupakan ciri dari bentuk pemerintahan....
A. monarki konstitusi
B. monarki parlementer
C. republik konstitusional
D. republik absolud
E. republik parlementer
Jawaban: B
39. Mahkamah Agung adalah pemegang pengadilan negara tertinggi yang berkedudukan di ibukota negara atau di lain tempat yang ditetapkan oleh presiden. Salah satu wewenang dari MA adalah….
A. menjadi pimpinan bagi pengadilan-pengadilan negeri di daerah hukumnya.
B. mengawasi dengan cermat semua perbuatan para hakim di semua lingkungan peradilan.
C. memberikan ganti rugi dan/atau rehabilitasi bagi seseorang yang perkaranya dihentikan pada tingkat penyidikan.
D. mengabulkan setiap permohonan kasasi yang diajukan pada MA dengan alasan yang jelas dan menguntungkan bagi pencari keadilan.
E. melakukan pengawasan terhadap jalannya peradilan di daerah hukumnya supaya diselesaikan dengan seksama dan sewajarnya.
Jawaban: B
40. Berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014 klasifikasi urusan pemerintahan terdiri dari 3 urusan, yaitu urusan pemerintahan absolut, urusan pemerintahan konkuren, dan urusan pemerintahan umum. Yang dimaksud dengan urusan pemerintahan konkuren adalah....
A. Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Presiden sebagai kepala pemerintahan.
B. Urusan Pemerintahan yang dibagi antara Pemerintah Pusat dan Daerah provinsi dan Daerah kabupaten/kota.
C. Urusan Pemerintahan yang sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Pusat.
D. Urusan Pemerintahan yang sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Daerah.
E. Urusan Pemerintahan yang sepenuhnya menjadi kewenangan menteri.
Jawaban: B
Untuk Soal nomor 41-45 berbentuk essay/uraian
41. Perwakilan suatu negara di negara lain dalam arti politik sering disebut juga perwakilan diplomatik. Sebutkan empat (4) fungsi penempatan perwakilan diplomatik di negara lain!Jawaban:
1. Adanya rakyat
2. Adanya wilayah/daerah territorial
3. Adanya pemerintahan yang berdaulat
4. Pengakuan dari Negara lain
42. Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 sebagai Pokok Kaidah Negara Fundamental berkedudukan di atas pasal-pasal dan merupakan citra hukum yang mendasari tata kehidupan bangsa dan negara. Berilah kesimpulan yang melatarbelakangi kesepakatan bahwa Pembukaan UUD NRI 1945 tidak bisa dirubah.
Jawaban:
1. Budaya politik Tradisional
2. Budaya politik Islam
3. Budaya politik Modern
43. HAM adalah hak dasar yang dimiliki oleh manusia sejak lahir hingga meninggal dunia sebagai anugerah Tuhan YME. Cobalah identifikasikan aturan-aturan hukum yang mengakui dan menjamin hak asasi manusia di Indonesia!
Jawaban:
1. Duta Besar ( Ambassador )
2. Duta ( Gerzan/Envoy )
3. MenteriResiden
4. Kuasa Usaha
5. Atase
44. Kesadaran berbangsa dan bernegara sangat diperlukan bagi terciptanya integrasi nasional. Tuliskan empat faktor pendukung kesadaran berbangsa dan bernegara!
Jawaban:
1. Mengakui persamaan derajat
2. Saling mencintai sesama manusia
3. Mengembangkan sikap tenggang rasa
4. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
5. Gemar melakukuan kegiatan kemanusiaan
6. Berani membela kebenaran dankeadilan
7. Merasa sebagai bagian dari seluruh umat manusia di dunia
45. Dalam sistim ketatanegaraan RI lembaga lembaga negara meliputi legislatif, eksekutif, yudikatif dan eksaminatif dengan tugas dan fungsi masing masing. Lakukan identifikasi dengan menjelaskan pengertian masing masing lembaga negara tersebut di atas dengan benar!
Jawaban:
1. Peluang untuk menerapkan iptek yang tinggi sehingga mampu berdaya saing dengan Negara dengan dunia luar
2. Bangsa Indonesia semakin waspada untuk menjaga keutuhan bangsa terhadap globalisasi membawa arus informasi dan komunikasi yang begitu cepat
3. Lebih meyakini Pancasila sebagai ideologi yang mampu melawan ideologi asing
4. Berkesempatan untuk berkopetensi di pasar bebas
5. Dapat mencontoh nilai-nilai budaya asing yang positif
Baca juga kumpulan soal-soal PKN lainnya di Umar-danny.blogspot.com:
- 35 Contoh Soal UTS/PTS PKN Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- Contoh Soal dengan Jawaban PKN Kelas 10 Semester 2
- Contoh Soal dengan Jawaban PKN Kelas 12 Semester 2
1 komentar untuk "100+ Contoh Soal USBN/USP PKN SMA/SMK Beserta Jawabannya (Kurikulum 2013 + KTSP)~Part2"