Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Contoh Soal USP Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013~Persiapan Ujian Tahun 2023-2024-Part2

40 Contoh Soal USP Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013~Persiapan Ujian Tahun 2024 Beserta Kunci Jawaban - Postingan kedua atau terakhir dari 40 soal-soal Ujian Satuan Pendidikan B. Indonesia ini, merupakan lanjutan 40 soal USP bahasa Indonesia kelas 12 (soal pilihan ganda nomor 1-20).

Sebagaimana admin sampaikan sebelumnya, ada sebanyak 75 soal USP bahasa Indonesia yang telah admin posting (termasuk yang sedang anda baca ini), dimana 35 materi soalnya bisa anda lihat pada tulisan: contoh soal USP bahasa Indonesia kelas 12 beserta jawabannya.

Berikut dibawah ini, lanjutan soal USP bahasa Indonesia beserta dilengkapi kunci jawaban sebagai persiapan menghadapi USP tahun 2023/2024, dengan pertanyaan dimulai dari nomor 21.

21. Perhatikan paragraf berikut!
     Molulu adalah tarian pergaulan suku bangsa Tolaki. Tarian ini dibawakan secara massal sambil bergandengan tangan membentuk lingkaran besar. Tarian ini untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat atas keberhasilan yang telah dicapai. Tarian ini juga sering menjadi ajang pertemuan muda-mudi untuk mencari jodoh.
Kata ajang dalam paragraf tersebut memiliki persamaan kata ….
A. acara
B. tempat
C. agenda
D. rutinitas
E. kegiatan
Jawaban: C

22. Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!
    Masih banyak anak muda di Indonesia yang menganggap brolahraga dan menaati pola makan ideal itu merepotkan. Padahal, berat tubuh ideal adalah kunci kesehatan sepanjang hidup. Gaya hidup sehat bukan merupakan pekerjaan yang mudah diterapkan. Perlu penanaman kesabaran yang tinggi untuk menjadikannya bagian dari gaya hidup, lebih sekadar teriring arus. Kalau setiap anak muda mulai menerapkannya, tubuh yang sehat tentulah bukan hal yang mustahil untuk didapatkan.
Pemberian judul yang tepat untuk kutipan paragraf di atas adalah ….
A. Gaya Hidup Sehat Bukanlah Pekerjaan Mudah
B. Pola Hidup Anak Muda Indonesia di Era Modernisasi
C. Berat Tubuh Ideal Membuat Tubuh Sehat
D. Olahraga Teratur Membuat Tubuh Sehat
E. Gaya Hidup Anak Muda Indonesia
Jawaban: A

23. Perhatikan ilustrasi berikut!
    Ratna akan diajak ayahnya pergi ke rumah kakek saat liburan nanti. Ratna pun sangat senang. Waktu yang dinantikannya tinggal dua hari lagi. Ya, dua hari lagi liburan tiba. Semua keperluan sudah dipersiapkan Ratna. Dia akan berlibur di rumah kakek. Namun, satu hari sebelum keberangkatannya ke rumah kakek, Ratna didatangi Rina. Rina ingin mengajak Ratna mendaki Gunung Andong. Ratna pun tertarik. Pendirian Ratna goyah. Akhirnya, dia tidak jadi berlibur di rumah kakeknya. Ratna memilih mendaki Gunung Andong bersama Rina.
Peribahasa yang sesuai dengan sifat tokoh Ratna adalah ….
A. bagai air dengan api
B. bagai air titik ke batu
C. bagai air yang mengalir
D. bagai air di daun talas
E. bagai air dengan minyak
Jawaban: D

24. Pahami kutipan teks novel berikut!
     . . .
    Berkerut dahinya Indayati. [. . . .] Bukan lantaran hari masih agak gelap, melainkan cedera di pipinya membuat wajahnya membengkak besar. Wajah Indayati hilang cantiknya. Bahkan sebaliknya berubah berantakan, entah beraapa hari baru bisa pulih sediakala.
    Karena tak mengenali lagi wajah Indayati, pamannya pun bertanya heran dengan bahasa santun dan tututan yang lembut.
    “Sinten niki nggih”1)
    Indayati sedih, menjawab dengan susah dan terisak, “Paklik Naryo, kulo niki Indayati”2)
    “Opo?”3) seru pamannya, tercengang. Buru-buru dia mengambil alih anak laki-laki yang di gendong Indayati, menggendongnya. Lalu menyalakan lampu serambi depan. Kemudian memanggil istrinya, “Bu iki lo Indayati.”4)
1). Siapa ini ya?
2). Paman Naryo, saya ini Indayati
3). Apa ?
4). Bu, ini ada Indayati
Dikutip dari ; Remy Silado, Mimi Lan Mintuna Trafiking Perempuan Indonesia, Jakarta, Kepustakaan Populer Gramedia, 2007.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan teks novel tersebut adalah…
A. Dia tidak mengenali keponakannya ini.
B. Dia terkejut melihat keadaan adiknya.
C. Dia kaget melihat anak lelaki di depannya.
D. Dia sedih melihat kondisi keponakannya.
E. Dia terharu melihat kedatangan Indayati.
Jawaban: A

Baca juga Kumpulan Soal USP Lainnya:
- 45 Contoh Soal USBN/USP Penjaskes Kelas 12 Beserta Jawaban Kurikulum 2013
- Contoh Soal USP Biologi Kelas 12 Beserta Jawabannya
- Contoh Soal USP Sejarah SMA/MA/SMK/MAK Beserta Kunci Jawaban
- 40 contoh Soal USP Sejarah Peminatan kelas 12 Beserta jawaban
25. Bacalah kutipan cerpen rumpang berikut!
     Aku sudah bisa menerima kekurangan mereka. Tidak etis rasanya bila aku menghakimi mereka sebagai orang tua yang tak peduli pada anaknya hanya karena hari kecil hari pembagian rapor- yang bagiku sebetulnya sangat istimewa. Aku tak mengukur rasa cinta mereka hanya dari kedatangan mereka pada hari penerimaan rapor. [. . . .] Kemudian, aku tahu jawabannya: tidak. Meski begitu, aku tak pernah menghapus angan-angan bahwa ibuku akan datang sewaktu-waktu.
Dikutip dari: Media Indonesia, “Ibu Datang” dalam Koleksi Cerita Pendek Media Indonesia Minggu 2015, Jakarta. Media Indonesia, 2016
Kalimat yang tepat untuk melengkapi cerpen rumpang tersebut adalah …
A. Jadi, bagaimana menurutmu soal penerimaan rapor kali ketiga?
B. Sekarang, apakah isi rapor itu menjadi penting karena orang tua tak datang?
C. Hari penerimaan rapor adalah hari pamer orang tua bagi sebagian temanku.
D. Rapor itu kini ada di tanganku, dan aku menerimanya tanpa orang tua.
E. Aku sudah bisa menerima kekurangan mereka.
Jawaban: B

26. Perhatikan kutipan drama berikut!
Wanabaya : Lhahdalah. Bukankah bapak tua sudah restui ?
Putri Pembayun: Bapak tua bukanlah ayah kandungku, Kakang.
Wanabaya : jadi kalian berdua sudah berdusta?
Putri Pembayun: [. . . .]
Wanabaya : Lhahdalah, wanita secantik ini pandai berdusta.
Dikutip dari: Pramoedya Ananta Toer, Drama Mangir, Jakarta, Kepustakaan Populer Gramedia,2015
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah …
A. Ya, Kang, kami berdua telah berdusta.
B. Aku tidak pernah mendustaimu, Kang.
C. Kang, jangan berburuk sangka dahulu.
D. Bapak tua yang telah menipumu, Kang.
E. Aku tidak pernah merencanakannya, Kang.
Jawaban: A

27. Bacalah gurindam yang dirumpangkan berikut!

Kalau kita tak mau belajar
. . . .
Baris yang tepat untuk melengkapi gurindam di atas adalah ….
A. Mana mungkin kita pandai
B. Mana mungkin gunung kan terkejar
C. Mana mungkin cinta bisa dikejar
D. Alamat hidup akan terlantar
E. Alamat hidup akan dikejar-kejar
Jawaban: D

28. Cermati paragraf berikut!
      Cirebon merupakan daerah kekuasaan Kerajaan Sunda Pajajaran yang diperintah oleh Pangeran Cakrabumi atau Pangeran Cakrabuana. Pada tahun 1479, Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati menggantikan pamannya, Pangeran Cakrabumi, memerintah Cirebon lalu mendirikan keratin yang diberi nama Pangkuwati. Pada waktu itu, Cirebon merupakan salah satu kota pelabuhan di Nusantara. Banyak pedagang dari negeri asing yang berlabuh di kota itu dan tidak sedikit pula yang menjalin persahabatan dengan pembesar-pembesar istana. Berkat kepemimpinannya yang cakap, Sunan Gunung Jati menjadikan Cirebon kesultanan yang besar dan disegani.
Jenis teks kutipan paragraf di atas adalah ….
A. teks eksplanasi
B. teks deskripsi
C. teks prosedur
D. teks cerita sejarah
E. teks eksposisi
Jawaban: D

29. perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1). Bangunan kuno candi Borobudur berbentuk limas bersusun dengan tangga naik di sisi timur, selatan, barat dan utara.
2). Konon di sisi timur, di bawah kaki candi, pernah ditemukan jalan naik ke atas bukit.
3). Candi Borobudur berdiri di atas bukit yang memanjang dari arah timur-barat.
4). Candi ini dibangun dari balok batu andesit sebanyak 47,500 m3.
5). Temuan ini mendasari dugaan bahwa candi Borobudur menghadap ke timur dan pitu utama adalah terletak di sisi timur.
6). Batu andesit tersebut disusun rapi tanpa perekat, dan dilapisi dengn lapisan putuh ‘vajralepa’.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf deskripsi padu adalah ….
A. 3)-1)-6)-4)-5)-2)
B. 3)-2)-6)-5)-4)-1)
C. 3)-4)-2)-5)-6)-1)
D. 3)-4)-6)-1)-2)-5)
E. 3)-5)-4)-6)-1)-2)
Jawaban: D

30. Bacalah kutipan teks laporan observasi berikut!
Teks 1
     Rumput juga bisa ditanam untuk membuat lanskap taman dan berfungsi sebaagai karpet taman, warna daunnya yang hijau bisa menarik perhatian dan dapat menyejukkan mata orang yang melihat. Rumput yang tumbuh di tanah yang lapang pertumbuhaannya dibiarkan liar karena bisa dimanfaatkan peternak untuk melepas hewan ternaknya.
Teks 2
    Pohon kelapa (Cocos mucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air. Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini.
Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ….
A. Teks 1 berisi habitat rumput; teks 2 berisi ciri-ciri pohon kelapa
B. Teks 1 berisi manfaat rumput; teks 2 berisi manfaat pohon kelapa
C. Teks 1 berisi ciri-ciri rumput; teks 2 berisi jenis-jenis pohon kelapa
D. Teks 1 berisi jenis-jenis rumput; teks 2 berisi populasi pohon kelapa
E. Teks 1 berisi manfaat rumput; teks 2 berisi karakteristik pohon kelapa
Jawaban: C

31. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
    Olahraga telah memasyarakat di kalangan generasi muda baik di kota maupun di desa. Segala bidang olahraga telah mereka lakukan, misalnya olahraga sepak bola, voli, dan atletik. Akhir-akhir ini olehraga sepak bola sangat diminati kalangan muda. Mereka bisa bermain sepak bola tanpa menggunakan lapangan yang luas. Olahraga tersebut cukup dilakukan di dalam geduung dengan ruangan yang tidak luas. Olahraga tersebut adalah futsal. Olahraga ini seperti sepak bola, tetapi setiap regu hanya terdiri dari 5 orang.
Teks 2
    Sepak bola telah dimainkan oleh seluruh lapisan masyarakat sampai ke pelosok desa. Di setiap kota ada perkumpulan sepak bola. Setiap organisasi pemuda yang ada tidak pernah meninggalkan program olah- raga ini. Jika ingin berolahraga sepak bola tanpa menggunakan lapangan yang luas dan pemain yang banyak,olahraga futsal adalah jawabannya. Futsal hanya memerlukan 5 orang pemain setiap regu. Tempatnya pun cukup di dalam gedung.
Persamaan kedua teks tersebut adalah ….
A. orang sadar akan hidup sehat dengan cara berolahraga
B. olahraga sepak bola (futsal) semakin digemari masyarakat
C. masyarakat lebih menyukai oleh raga di dalam gedung
D. program olahraga di kalangan pemuda
E. olahraga dapat menyehatkan badan
Jawaban: B

32. Cermati langkah-langkah berikut!
1). Selanjutnya angkat biji cabai dari rendaman dan jemur higga kering. Usahakan jangan langsung terpapar sinar matahari.
2). Gunakan buah cabai yang matang sempurna dengan warna merah merata, ukuran seragam, sehat, dan tidak terkontaminasi hama penyakit.
3). Cuci bersih cabai hingga bagian biji terpisah dengan bagian daging dan kotoran.
4). Sayat bagian kulit cabai dengan hati-hati. Jangan sampai melukai bagian bijinya.
5). Kemudian, pilih biji cabai yang terendam dan buang biji cabai yang mengapung pada permukaan air.
6). Pisaahkan antara bagian biji dan kulitnya.
7). Setelah benar-benar kering, biji cabai tersebut dapat digunakan sebagai benih persemaian.
8). Rendam biji cabai di dalam air selama 1x24.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf prosedur yang padu adalah ….
A. 2)-1)-8)-5)-4)-3)-6)-7)
B. 2)-4)-6)-3)-8)-5)-1)-7)
C. 2)-5)-3)-1)-6)-2)-4)-7)
D. 4)-1)-6)-7)-2)-8)-5)-3)
E. 4)-6)-8)-2)-5)-1)-7)-3)
Jawaban: B

33. Perhatikan kutipan paraagraf berikut!
Gempa es disebabakan oleh gletser. Seorang peneliti mempelajari bagaimana gletser membuat gempa es di Antartika. Gempa es tersebut disebabkan oleh gravitasi dan gelombang pasang- surut. Gaya gravitasi menyebabkan aliran Es Whilans tertarik. Tarikan gaya gravitasi menimbulkakn daratan es pecah dengan lebar sekitar 96.5km dan panjang sekitar 482km kea rah Laut Ross. Gelombang dan pasang mendorong lempeng Es Ross, menghantam gletser yang turun. Gletser terhenti. Saat gelombang surut, es tiba-tiba maju dengan gerakan yang setara dengan gempa berkekuatan 7 pada skala Richter.
Teks di atas memiliki struktur ….
A. Pernyataan umum – aspek yang dilaaporkan
B. Tujuan – langkah-langkah
C. Orientasi – krisis – reaksi – koda
D. Pernyataan umum – urutan sebab-akibat
E. Pernyataan umum – argumentasi Jawaban: D

34. Perhatikan paragraf berikut!
     SMAK Pelayaran Katangka di bawah Yayasan Mitra Bahari Katangka menggelar pembekalan praktek laut kepada 96 taruna dan taruni di kampus SMK Katangka, jalan Syekh Yusuf, Rabu, 14 November 2018. Pembekalan yang dilakukan bertujuan untuk melengkapi keterampilan dan kompetensi taruna serta taruni dalam berlayar. Selain itu, pembeklan tersebut menjadi modal awal bagi taruna dan taruni dalam menjalani Karir ke depan. Pembekalan tersebut juga merupakan sebuah inofasi yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah taruna dan taruni di SMK Katangka.
Perbaikan kata tidak baku yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ….
A. praktis, karier, inovasi
B. praktik, karier, inovasi
C. praktik, karer, inofacy
D. praktis, kareir, inofasy
E. prakteks, karier, inovasi
Jawaban: B

35. Perhatikan kedua teks eksposisi berikut!
Teks 1
    Kopi hitam salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat. Kopi hitam bermanfaat mencegah terjadinya depresi karena aromanya mampu menenangkan pikiran. Selain itu, kopi hitam yang dikonsumsi tanpa tambahan gula dapat mencegah diabetes. Kopi hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
Teks 2
   Tahukah Anda bahwa kopi hitam mampu membantu membakar lemak tubuh? Ya, perlu Anda ketahui bahwa semua suplemen pembakar lemak yang dijual secara komersial ternyata mengandung kafein. Kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Gimana, apakah Anda tertarik mencoba diet dengan mengonsumsi kopi?
Penggunaan bahasa kedua teks eksposisi tersebut adalah ….
A. Teks 1 menggunakan bahasa ilmiah; teks 2 menggunakan bahasa sehari-hari.
B. Teks 1 menggunakan bahasa bahasa baku; teks 2 menggunakan bahasa tidak baku.
C. Teks 1 menggunakan bahasa santai; teks 2 menggunakan bahasa resmi.
D. Teks 1 menggunakan bahasa sehari-hari; teks 2 menggunakan bahasa ilmiah.
E. Teks 1 menggunakan bahasa santai; teks 2 menggunakan bahasa formal.
Jawaban: B

36. Bacalah paragraf berikut!
Negara Indonesia memiliki beragam komoditi yang dapat digunakan sebagai sumber pangan. Namun, ketergantungan terhadap beberapa dagangan tersebut menyebabkan Indonesia melakukan import untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Keterbatasan pengetahuan mengenal pemanfaatan bahan pangan lokal yang ada, merupakan masalah yang harus diatasi. Idealnya masyarakat Indonesia dapat mengkonsumsi beragam jenis bahan pangan serta perlu memanfaatkan bahan pangan lokal tersebut dengan baik.
Perbaikan kata yang tercetak miring pada paragraf di atas adalah ….
A. komoditas, impor, konsumtif
B. komoditas, impor, mengonsumsi
C. komodity, impor, konsumsi
D. komoditas, impor, konsumsi
E. commodity, impor, mengonsumsi
Jawaban: B

37. Bacalah paragraf berikut!
    Museum Angkut di Batu, Jawa Timur menyajikan berbagai koleksi menarik. Di dalamnya dibagi zona-zona yang membuat traveler merasa seperti di luar negeri. Tujuan didirikannya museum ini adalah merupakan bentuk penghargaan di Indonesia. Daya Tarik utama Museum Angkut adalah suasana museum yang tidak membosankan. Di dalamnya terdapat berbagai macam tema untuk memperkuat karakter tiap-tiap display kendaraan.
Perbaikan kalimat tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….
A. Tujuan didirikannya museum ini merupakan bentuk penghargaan bagi para pencinta moda transportasi di Indonesia.
B. Tujuan dirikannya museum ini adalah merupakan bentuk penghargaan bagi para pencinta moda transportasi.
C. Tujuan didirikannya museum ini adalah bentuk penghargaan bagi para pencinta moda transportasi.
D. Tujuan didirikannya museum ini merupakan bentuk penghargaan bagi para pencinta moda transportasi.
E. Tujuan didirikannya museum ini bentuk penghargaan bagi para pencinta moda transportasi di Indonesia.
Jawaban: A

38. Cermati paragraf berikut!
    (1) Pemerintah telah meluncurkan enam paket kebijakan ekonomi. (2) Paket kebijakan ekonomi tersebut bertujuan untuk merespons perlambatan ekonomi akibat tekanan global dan rendahnya penyerapan APBN. (3) Namun, membuat desa semakin terpinggirkan. (4) Kondisi tersebut disebabkan keenam paket kebijakan, pemerintah terlihat fokus dengan sektor industri, properti, infrastuktur atau konektivitas, kehutanan dan pertanian, pariwisata, alat transportasi, dan sumber daya air. (5) Sementara properti tidak termasuk dalam nawacita yang didengungkan pemerintah.
Kalimat yang tidak tepat ditunjukkan pada kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Jawaban: C

39. Perhatikan paragraf berikut!
Pada beberapa daerah pedesaan yang belum tersentuh jaringan PAM , air bersih kadang jadi barang langka. Pada kondisi itu diperlukan tehnologi tepat guna yang mampumenciptakan air bersih dari sumber air yang sudah tercemar.
Kata yang perlu disunting pada paragraph tersebut adalah ….
A. beberapa dihilangkan, jadi diganti menjadi, barang dihilangkan
B. pada diganti di, tehnologi diganti teknologi
C. pada diganti di, beberapa dihilangkan
D. beberapa dihilangkan, tehnologi diganti technology
E. tehnologi diganti teknologi
Jawaban: B

40. Cermati paragraf berikut!
    Berkunjung ke Jalan Malioboro, Yogyakarta, rasanya kurang puas jika belum menonton pertunjukan musik angklung. [ . . . . ] Kelompok pengamen ini mengusung irama musik beretnik tradisional, dipadukan dengan lagu-lagu dangdut kekinian akibatnya, pertunjukan angklung ini membuat banyak wisatawan baik lokal dan mancanegara tertarik dan berkerumun untuk mengabadikan momen.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. Musik angklung di Malioboro seperti magnet yang menarik wisatawan.
B. Musik angklung yang digelar di pedestrian Jalan Malioboro ini memang berbeda.
C. Satu di antara wisatawan yang menyukai musik angklung Malioboro adalah Taufik Hidayat.
D. Banyak wisatawan berbondong-bondong berkerumun untuk mendengarkan iramanya.
E. Bukan hanya angklung, irama dari musik ini sebenarnya terdiri dari beberapa alat musik
Jawaban: B
Baca juga:
- Contoh Soal USP Fisika Kelas 12 Beserta Jawaban
- Contoh Soal USP Ekonomi Kelas 12 Beserta Kunci Jawaban
- 45 Contoh Soal USP/USBN Seni Budaya Kelas 12 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap
- 40 contoh soal USP Prakarya Kelas 12 Beserta kunci jawaban

Posting Komentar untuk "40 Contoh Soal USP Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013~Persiapan Ujian Tahun 2023-2024-Part2"