Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan, Luar Biasa Khasiatnya

Manfaat Brokoli - Menurut tim epidemologi Harvad University, buah brokoli bermanfaat mempercepat penyembuhan penyakit serta mencegah dan menghambat perkembangan sel-sel kanker didalam tubuh, terutama penyakit kanker yang berkaitan dengan hormon, seperti kanker payudara dan kanker prostat. Selain itu, ada beberapa manfaat dan khasiat brokoli yang perlu anda ketahui, diantaranya:

  1. Brokoli sangat baik dikonsumsi untuk penderita kencing, karena kandungan chromium dan seratnya dapat mengatur kadar gula darah.
  2. Brokoli juga mampu mencegah serangan stroke
  3. Brokoli dapat memperkuat sel-sel tulang. 
  4. Brokoli dapat mencegah pengeroposan tulang. Jadi sangat dianjurkan bagi anda, sejak muda Mengkonsumsi brokoli.

Ciri dan Kandungan Brokoli


Brokoli mempunyai nama asing/inggris broccoli, sprouting brocoli. Brokoli mempunyai nama yang berbeda tapi memiliki pengertian yang sama (sinonim), diantaranya: brassica oleracea var.italica plenck.

Brokoli sangat mirip dengan kembang kol. Hanya saja, brokoli berwarna hijau, sedangkan kembangkan kol putih. Bagian brokoli yang bisa anda makan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Kepala bunga tersebut sebagian besar dikelilingi oleh dedaunan.

Brokoli adalah tanaman yang hidup pada cuaca dingin. Sejak masa Yunani kuno brokoli telah dibudidayakan, karena memang brokoli berasal dari daerah Laut Tengah. Sedangkan di Indonesia sayuran Brokoli ini masuk atau dikenal belum begitu lama.

Brokoli mengandung banyak sulforapan (SFN) yaitu,  antioksidan alami dan stimulator detoksifikasi enzim yang telah terbukti dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat. Selain SFN, proses biosintesis didalam brokoli juga dihasilkan 3,3-diindolilmetana (DIM). Juga terdapat kandungan lemak, protein, karbohidrat, serat, air, zat besi, kalsium, mineral, dan bermacam-macam vitamin seperti Vitamin A, C, E, ribofalvin dan nikotinamide.

Semoga tulisan singkat manfaat brokoli untuk kesehatan, luar biasa khasiatnya bermanfaat bagi anda

Posting Komentar untuk "Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan, Luar Biasa Khasiatnya"