Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Dalam Fisika dan Artinya (Definisi dan Pengertiannya) Part-4

Istilah dalam fisika dan artinya pada tulisan ini, merupakan kelanjutan dari Istilah dalam fisika dan artinya bagian yang ketiga. Rencana di awal penulisan judul ini, sebenarnya saya ingin mengumpulkan semua istilah fisiaka yang ada, dalam tulisan berseri. Sehingga menjadikan artikel ini sebagai kamus fisika lengkap. Kebanyakan, arti/istilah fisika yang ada mengacu pada bahasa Inggris/Asing, untuk memudahkan Anda membaca definisi/pengertiannya, saya memberikan bentuk soal dan jawabannya. Dimana soal berisikan kata atau istilah Asing/Inggris, sedangkan Jawaban berisikan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Dengan begitu, diharapkan Anda lebih mengerti apa yang saya tuliskan pada artikel ini.

Oke, karena bagian ketiga sudah mencapai nomor 40, untuk bagian keempat (part-4) akan saya mulai dari nomor 41-50.

41. Arti dari diamagnetism...
Jawaban: Diamagnetisma adalah suatu zat yang apabila didekatkan dengan bahan magnetik yang kuat, maka akan ditolak.

42. Arti dari Diascope..
Jawaban: Diascope = Diaskop. Diaskop adalah suatu proyektor optik untuk benda-benda yang tembus cahaya. Contoh: slide atau olastik.

43. Arti dari Diaphragm....
Jawaban: Diaphragm = Diafragma. Diafragma adalah suatu alat yang digunakan dalam optik untuk mengurangi atau mengontrol besarnya celah atau lubang pada sistem optik untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk pada sistem. Diafragma juga berguna untuk mengurangi cacat bayangan sebagai akibat dari cahaya yang terlalu melebar saat sistem dibuka.

44. Arti dari dielectric....
Jawaban: dielectric = dielektrik. Dielektrik adalah sifat listrik dari bahan yang bukan konduktor. Istilah ini biasanya digunakan untuk zat yang disipkan diantara plat-plat kapasitor.

45. Arti dari Dielectric constant:
Jawaban: dielectric constant = konstanta dielektrik. Konstanta dielektrik adalah perbandingan antara kapasitansi C yang menggunakan bahan dielektrik antara plat-plat kapasitornya dengan kapasitansi Co bila dielektriknya vakum. Jadi Konstanta dielektrik adalah C/Co


45. Arti dari dihedral....
Jawaban: Dihedral mempunyai dua sisi atau bidang yang saling berpotongan.

46. Arti diffusion cloud chamber....
Jawaban: Diffusion cloud chamber = difusi kamar kabut

47. Arti dari Diesel engine...
Jawaban: Diesel engine = mesin disel. Mesin disel adalah mesin pembakaran internal yang mengunakan minyak sebagai bahan bakar.

48. Arti dari dimensional analysis...
Jawaban: Dimensional analysis = analisis dimensi

Analisis dimensi adalah suatu teknik untuk memeriksa keabsahan suatu jawaban atau solusi dari suatu persoalan, satuan atau persamaan dalam fisika. Cara itu didasarkan pada kenyataan bahwa semua sistem satuan telah didefinisikan semuanya (dalam satuan SI), masing-masing kuantitas dapat dinyatakan dalam satu satuan dasar yang tepat dengan satu cara. Dalam hal ini kuantitas dasar itu dinamakan dimensi.

Tabel di bawah memperlihatkan dimensi dari beberapa kuantitas yang sering kita jumpai.


KUANTITAS
DIMENSI
SATUAN
massa
M
Kg
Panjang
L
m
waktu
T
s (detik)
luas
L2
m2
volume
L3
m3
massa jenis
M.L-3
Kg.m-3
percepatan
L.T-2
m.s-2
kecepatan
L.T-1
m.s-1
gaya
M.L.T-2
kg.m.s-2
tekanan
M.L-1 . T-2
Kg.m-1 . s-2
momentum
M.L.T-1
Kg.m.s-1

49. Arti dari brush....
Jawaban: Brush = sikat. Sikat adalah kontak (penghubung) arus pada motor listrik atau generator dengan bagian yang bergerak. Atau dapat pula dikatakan sebagai penghubung dan pemutus arus pada motor/generator.

50. Arti dari bumping....
Jawaban: Bumping adalah pendidihan yang kasar pada zat cair yang disebabkan gelembung-gelembung uap yang terbentuk pada tekanan di atas tekanan atmosfer

Posting Komentar untuk "Istilah Dalam Fisika dan Artinya (Definisi dan Pengertiannya) Part-4"