Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Dalam Fisika dan Artinya (Definisi dan Pengertiannya) Part-3

Melanjutkan tulisan istilah dalam fisika dan artinya bagian yang kedua, pada bagian ketiga ini berisikan 20 istilah dilengkapi dengan arti/definisinya, dimulai dari nomor 21-40

21. Arti dari Current...
Jawaban: Current = arus (lambang: I). Arus adalah suatu aliran muatan listrik. Arus sebenarnya adalah gerakan aliran elektron-elektron atau ion-ion dibawah pengaruh gaya gerak listrik. Satuan arus adalah Ampere (A).

22. Arti dari daughter....
Jawaban: Daughter adalah suatu nuklid tertentu yang dihasilkan oleh peluruhan radioaktif nuklida yang lain.

23. Arti dari day...
Jawaban: Day adalah waktu yang diperlukan bumi untuk berputar satu putaran penuh pada sumbunya. Ada berbagai cara untuk mengukur waktu hari. Waktu hari matahari adalah waktu yang diperlukan Matahari untuk melewati meridian dua kali secara berturut-turut. Hari matahari rata-rata adalah hari rata-rata dalam satu tahun. Sedangkan hari sideral adalah hari yang dihitung dengan menggunakan referensi bintang, hari sideral adalah 23 jam 56,06 menit.

24. Arti dari degree...
Jawaban: Degree = derajat. Derajat adalah..

  • Interval skala pada alat ukur, seperti skala temperatur.
  • Satuan sudut yang sama dengan 1/360 putaran penuh.
25. Arti dari degerate....
Jawaban: Degerate adalah menyatakan bilangan kuantum yang berbeda tetapi mempunyai energi yang sama.

26. Arti dari defect ....
Jawaban: Defect= Cacat.  Cacat adalah ketidakteraturan urutan susunan partikel-partikel di dalam geometri ke kisi kristal (lattice).

27. Arti definition....
Jawaban: Definiiton = definisi. Definisi adalah ketajaman bayangan pada fokus. Tidak ada bayangan yang benar-benar tajam/jelas, karena disebabkan oleh adanya difraksi atau dapat pula karena sistem alat optik yang tidak sempurna. 

28. Arti dari dead beat....
Jawaban: Dead beat, menyatakan suatu alat (galvanometer) yang teredam sedemikian hingga osilasinya sangat cepat mati.

29. Arti dari dead room...
Jawaban: Dead room =  Ruang tersekat

30. Arti dari Cyclotron...

Jawaban: Cyclotron adalah suatu alat untuk mempercepat partikel yang bermuatan sehingga mempunyai energi yang tinggi. Proton yang dipercepat dapat diberi energi sampai 10 Mev, deuterons dapat mencapai 20 Mev, dan partikel alfa dapat mencapai kurang lebih 40 Mev. Besarnya energi yang diperoleh partikel itu terbatas oleh naiknya massa relativistik dari partikel itu.

31. Arti dari Current balance...
Jawaban: Current balance = penyeimbang arus. Suatu alat untuk mengukur arus listrik dengan tingkat ketelitian yang tinggi, caranya dengan mengukur gaya elektromagnetik yang dihasilkan diantara dua buah konduktor yang membawa arus.

32. Arti Curent density....
Jawaban: Current density = Rapat Arus dengan (simbol: j). Rapat arus adalah arus listrik per satuan luas penampang melintang konduktor. Satuannya adalah Amper meter -2 (Am-2).

33. Arti dari Cyle....
Jawaban: Cycle = siklus. Siklus adalah serentetan kejadian yang berulang secara teratur seperti gerak rotasi, vibrasi, oksilasi atau gelombang. Satu siklus adalah satu set perubahaan yang lengkap, mulai dari satu titik dan kembali pada titik yang sama dengan cara yang sama.

34. Arti dari Cyclic accelerator....
Jawaban: Cyclic accelerator = akselarator siklik

35. Arti dari Accelerator...
Jawaban: Accelerator = pemercepat (akselerator). Akselerator adalah suatu pesawat/mesin yang dapat mempercepat partikel-partikel bermutan sehingga mempunyai energi yang tinggi dan dipakai untuk mendapatkan dan mempelajari reaksi nuklir.

Akselerator yang pertama dibuat oleh Cokcroff dan Walton. Akselerator pertama kali dipakai untuk mempercepat proton yang diarahkan kepada lithium sebagai targetnya. Sekarang terdapat dua jenis pemercepat, yaitu pemercepat linier (akselerator linier) dan pemercepat siklik (cyclic accelerators).

Pada akselerator linier partikel-partikel dipercepat dalam garis lurus, sedangkan pada akselerator lingkaran (siklik) partikel-partikel dipercepat dalam lingkaran (jalur melingkar) dengan menggunakan medan magnet. Contoh Akselerator adalah: cycloctron, betatron dan synchroton.

36. Arti dari Deniell cell....
Jawaban: Deniell cell = sel daniell. Sel daniell adalah suatu jenis sel primer yang terdiri dari dua elektroda yang dipisahkan oleh partisi yang berporos. Elektroda positif terbuat dari batang tembaga yang dicelupkan dalam larutan tembaga (II) sulfat, sedangkan elektroda negatif adalah campuran seng-raksa yang dicelupkan dalam larutan asam sulfat atau seng sulfat. Dengan larutan asam sulfat ggl yang dapat dihasilkan kurang lebih 1,08 volt, sedangkan dengan sel sulfat kurang lebih 1,11 volt

37. Arti dari Acceptor adalah...
Jawaban: Aceeptor = akseptor. Akseptor merupakan material/bahan yang disiipkan kepada semikonduktor sehingga terjadi kekosongan-kekosongan (hole) tingkat energi pada pita valensi. Kekosongan-kekosongan ini seolah-oleh bertindak sebagai muatan positif yang lincah.

38. Arti dari dating....
Jawaban: dating adalah suatu metode untuk menentukan umur arkeologi atau contoh bahan geologi, bumi, meteorit dan sebagainya.

39. Arti dari dew...
Jawaban: Dew = embun. Embun adalah tetes-tetes air yang merupakan udara yang berkondensasi pada permukaan yang lebih dingin, seperti tetes-tetes air pada daun pintu pada malam hari, atau titik-titik air pada daun di malam hari.

40. Arti dari dew temperature....
Jawaban: Dew temperature/point = temperatur/titik embun. Dew temperature merupakan temperatur dimana titik-titik embun mulai terbentuk. Temperatur ini adalah temperatur dimana uap air yang ada di udara sudah menjadi jenuh dan mulai berkondensasi.

Lanjut ke bagian 4, silahkan klik disini

Posting Komentar untuk "Istilah Dalam Fisika dan Artinya (Definisi dan Pengertiannya) Part-3"