Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Geografi Kelas X Semester 1 (SMA)

Rangkuman geografi kelas X Semester 1 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tulisan berikut ini, merupakan ringkasan dari materi-materi yang pernah admin tuliskan di blog ini, khususnya materi dasar-dasar ilmu geografi. Dengan adanya rangkuman ini, tentunya akan (semoga) memudahkan Anda yang sedang mencari sumber pembelajaran geografi untuk kelas X Semester 1 dan 2.

Tulisan sebelumnya, bisa Anda baca pada artikel:

  1. Definisi dan Arti Geografi Secara Umum Menurut Para Ahli
  2. Pengertian Objek Studi Geografi (Material dan Formal) dengan Penjelasannya 
  3. Ruang Lingkup dan Pendekatan Penelitian Ilmu Geografi
  4. 10 Konsep Geografi dan Contohnya (Penjelasan Lengkap dengan Gambar)
  5. Prinsip-prinsip Geografi (Distribusi, Interrelasi, Deskripsi, Krologi) dan Contohnya
  6. Ilmu Penunjang Geografi dan Contohnya (19 Ilmu Lainnya)
  7. Aspek-Aspek Geografi dan Gejala-Gejalanya dalam Kehidupan (Penjelasan Lengkap)
  8. Soal Uji Kompetensi Geografi SMA Kelas X Semester I (PG dan Jawabannya)

Perkembangan ilmu geografi dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dan menjadi ilmu yang terintegrated (antarbidang). Misalnya, dalam perencanaan proyek pembangunan untuk pemilihan lokasi transmigrasi, ilmu geografi (dan dibantu ilmu-ilmu yang lain) sangat menunjang dalam hal kesesuaian letak lokasi transmigrasi. Di sini ilmu geografi tidak hanya mengkaji aspek fisik daerah, tetapi juga aspek manusia, aspek budaya, dan aspek lingkungan hidupnya. Sungguh luas bukan, kajian ilmu geografi?

Peta konsep

Berikut gambar peta konsep dasar-dasar ilmu geografi

gambar peta konsep dasar-dasar ilmu geografi


Rangkuman

  1. Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu gejala atau fenomena yang ada di permukaan bumi dilihat dari sudut pandang keruangan.
  2. Objek studi geografi meliputi objek material dan objek formal. Objek material meliputi gejala-gejala fisik yang ada di permukaan bumi. Objek formal adalah sudut pandang atau cara berpikir terhadap suatu gejala di permukaan bumi.
  3. Ruang lingkup ilmu geografi meliputi kajian wilayah, interaksi antara manusia dengan lingkungan, persebaran dan kaitan serta usaha manusia untuk memanfaatkan alam.
  4. Pendekatan ilmu geografi meliputi pendekatan keruangan, pendekatan ekologi, dan pendekatan kompleks wilayah.
  5. Konsep esensial geografi meliputi konsep lokasi, jarak, keterjangkauan, morfologi, aglomerasi, nilai kegunaan, pola, deferensiasi areal, interaksi, dan keterkaitan keruangan.
  6. Prinsip-prinsip dalam ilmu geografi meliputi prinsip distribusi, prinsip interrelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip korologi.
  7. Ilmu penunjang geografi diantaranya geomorfologi, hidrologi, geologi, botani, oceanografi, meteorologi, klimatologi, biologi, demografi, zoologi, antropologi, sosiologi, ekologi, ekonomi, astronomi, geografi politik, geografi manusia, dan geografi regional. 
  8. Aspek-aspek ilmu geografi yaitu, geografi fisik, geografi manusia, dan geografi regional.
  9. Gejala-gejala geografi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari antara lain cuaca, iklim, gempa bumi, aktivitas vulkanisme, dan angin.
Referensi tulisan rangkuman geografi kelas x semester 1 (SMA): Buku Geografi Untuk SMA/MA Kelas X, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas X Semester 1 (SMA)"