Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan ~ Part-9

Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan ~ Part-9 merupakan bagian terakhir dari rangkaian soal-soal ujian nasional sosiologi. Ada 4 pokok bahasan yang admin publish sebagai referensi anda belajar menghadapi UNBK Sosiologi tahun 2019, diantaranya: soal sosiologi tentang konsep dan objek kajian sosiologi, soal sosiologi tentang kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya, soal sosiologi tentang masyarakat multikultural, dan perubahan sosial (pembahasan sampai soal nomor 89).

Dan soal bagian kesembilan atau terakhir ini, merupakan pokok bahasan yang keempat yang berisikan soal tentang Penelitian Sosial dengan sub pokok bahasan "Penelitian Sosial dan Pendekatan dalam Penelitian Sosial" dan "Rancangan Penelitian, Laporan Penelitian, dan Manfaat Penelitian" dimulai dari soal nomor 90 berikut ini:

90. Unsur-unsur budaya yang ada dalam masyarakat diteliti melalui penelitian etnografis. Penelitian etnografis bertujuan mempelajari unsur kebudayaan masyarakat. untuk memperoleh data dalam kegiatan penelitian tersebut, penelitian harus melakukan pengamatan dalam kurun waktu yang lama. Hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk uraian panjang yang memiliki makna mendalam. Berdasarkan penjelasan tersebut penelitian yang dimaksud adalah jenis penelitian ….
a. eksperimen
b. eksploratif
c. eksploratori
d. kuantitatif
e. kualitatif
Jawaban: E
Pemabahsan:
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang analisisnya berusaha memahami makna yang ada dibalik data sosial yang diamati oleh peneliti.

91. Dewangga adalah warga pendatang baru yang berasal dari kota Jakarta. Sebagai  warga baru, ia sangat mengagumi budaya di tempat barunya. Dewangga memutuskan untuk mengetahui lebih jauh tentang kehidupan masyarakat jawa timur, tempat ia tinggal sekarang. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dewangga termasuk dalam jenis penelitian …..
a. eksplanatoris
b.komparatif
c. eksploratif
d. korelatif
e. survey
Jawaban: C
Pembahasan:
Penelitian eksploratif adalah penelitian yang bertujuan mendapatkan pengetahuan tentang apa yang belum pernah diketahui.

92. Setiap kegiatan penelitian yang dilakukan memiliki unsur manfaat bagi masyarakat. kegiatan akhir dari suatu penelitian adalah penyusunan hasil laporan. Manfaat laporan penelitian bagi pemerintah adalah ….
a. sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya
b. menunjukkan temuannya kepada masyarakat
c. memberi ilmu yang bermanfaat kepada masyarakat luas
d. untuk menunjukkan hasil penelitian kepada pemberi dana
e. dasar untuk membuat kebijakan yang sesuai kondisi masyarakat
Jawaban: E
Pembahasan:
Hasil laporan penelitian dapat digunakan pemerintah sebagai acuan dalam mengambil kebiajkan berkaitan dengan hal yang telah diteliti sehingga kebijakan yang diambil dapat sesuai sasaran.

93. Dalam menulis laporan penelitian, setiap peneliti wajib untuk mencantumkan daftar referensi yang digunakan sebagai sumber bacaan pada bagian ….
a. daftar lampiran
b. daftar pustaka
c. landasan teori
d. pendahuluan
e. lampiran
Jawaban: B
Pembahasan:
Daftar pustaka adalah bagian akhir dari laporan penelitian yang difungsikan untuk mencantumkan semua sumber dan bahan-bahan yang dijadikan sebagai rujukan dalam sebuah penyusunan laporan penelitian.

Baca juga: 
Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya
Contoh Soal UAS/PAT Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas 10 Semester Semester Genap K13
- Contoh soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan kelas 11 semester genap

1 komentar untuk "Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan ~ Part-9"

Nmazmi 14 November 2019 pukul 13.14 Hapus Komentar
Terimakasih banyak sudah di share, semoga digantikan kebaikannya :)