Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay ~Part-14

Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay ~Part-14 - Soal-soal essai SBK kelas 11 semester genap untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, mulai bagian ke-14 berisikan materi soal tentang pementasan seni teater modern (Bab 4). Selain itu, postingan kali ini melanjutkan tulisan materi soal tentang pergelaran seni tari (Bab 3, sampai dengan soal nomor 165).

Berikut dibawah ini, soal essai seni budaya kelas xi semester genap K13 edisi revisi dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 166.

166. Jelaskan mengenai pengertian teater menurut anda!
Jawaban: secara etimologis, teater diartikan sebagai gedung pertunjukkan. Teater diartikan dengan dua cara, yaitu secara sempit dan secara luas. Secara sempit, teater diartikan sebagai potret kehidupan manusia yang coba disuguhkan di atas panggung untuk ditonton para penikmat teater. Secara luas, teater merupakan segala peran yang coba disuguhkan di depan kerumunan orang banyak.

167. Apakah perbedaan teater dengan drama?
Jawaban: teater merupakan segala peran yang coba disuguhkan drama merupakan seni pertunjukan yang berkaitan dengan peran atau naskah cerita yang akan dipentaskan.

168. Apakah pengertian teater dramatik?
Jawaban: Teater dramatik diartikan sebagai pertunjukkan teater yang beradsarkan pada dramatika lakon yang dipentaskan. Situasi cerita dan latar belakang kejadian dalam teater dramatic dibuat dan ditelaah sedetail mungkin. Karakter setiap pemain pun hampir tidak ada improvisasi. Pada jenis teater ini, mencoba mementaskan cerita sesuai dengan realita tanpa mengada-ngada.

169. Jelaskan secara singkat mengenai teatrikalisasi puisi!
Jawaban:
Pertunjukkan teater dalam teatrikalisasi puisi berupa karya sastra puisi yang dibungkus dengan pertunjukkan teater. Karya sastra puisi yang biasanya hanya sekedar dibaca dalam teatrikal puisi karya sastra tersebut diperankan di atas panggung. Karena unsur utamanya adalah karya sastra puisi, maka teatrikal puisi lebih menitikberatkan pada estetika puisi di atas pentas.

170. Bagaimanakah ciri-ciri teater modern?
Jawaban:
Ciri-ciri teater modern sebagai berikut:
a. bertolak dari hasil karya sastra
b. teknik teater modern bersumber dari konsep teater berat
c. diikat oleh teknik dari hukum dramatologi
d. pertunjukkan dilakukan ditempat khusus yaitu bangunan yang memisahkan antara panggung pemain dengan penonton
e. unsur cerita modern berkaitan dengan peristiwa di era sekarang
f. ungkapan bentuk teater sudah menggunakan idiom-idiom modern
g.bahasa yang digunakan untuk dialog menggunakan bahasa melayu pasar, atau berbahasa indonesia

171. Jelaskan maksud pemeran sebagai alat utama perwujudan gagasan teater seorang sutradara!
Jawaban:
Pemeran adalah alat utama perwujudan gagasan teater seorang sudradara. Fungsi dan peran para pemain dalam mewujudkan gagasan sutradara ini kemudian didukung oleh sejumlah komponen manajemen produksi teater secara terpadu.

172. Apakah yang dimaksud staf produksi teater?
Jawaban:
Staf produksi teater adalah kelompok orang yang memegang tanggung jawab administrative pertunjukkan teater.

173. Jelaskan yang dimaksud staf panggung!
Jawaban:
Staf panggung adalah sekelompok orang yang mewujudkan gagasan artistik pentas dalam rangka mendukung terlaksana pementasan.

174. Sebutkan tipe-tipe sutradara dalam pementasan teater!
Jawaban:
Ada beberapa tipe sutradara dalam menjalankan penyutradaraannya, sebagai berikut:
a. sutradata konseptor. Ia menentukan pokok penafsiran dan menyarankan konsep penafsirannya kepada pemain. Pemain dibiarkan mengembangkan konsep itu secara kreatif. Tetapi juga terikat kepada pokok penafsiran tersebut.
b. sutradara dictator. Ia mengharapkan pemain dicetak seperti dirinya sendiri. Tidak ada konsep penafsiran dua arah ia mendambakan seni sebagai dirinya. Sedangkan pemain dibentuk menjadi robot-robot yang tetap buta tuli.
c. sutradara kordinator. Ia menempatkan diri ebagai pengarah atau polisi lalulintas yang mengkooprdinasikkan pemain dengan konsep pokok penafsirannya.
d. sutradara paternalis. Ia bertindak sebagi guru atau suhu yang mengamalkan ilmu bersamaan dengan mengasuh batin para anggotannya. Teater disamakan dengan pedompokan, sehingga pemain adalah cantrik yang harus setia kepada sutradara.

175. Apakah tujuan evaluasi kerja setelah pementasan teater?
Jawaban:
Mencari jalan keluar dalam pementasan selanjutnya berjalan dengan baik dan lancar.

Lanjut ke soal nomor 176-195 => Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay ~Part-15

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay ~Part-14"