Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Contoh Soal Essay PAI Kelas 12 Tentang Hari Akhir Beserta Jawaban

30 Contoh Soal Essay Agama Islam (PAI) tentang hari kiamat beserta jawabannya, berisikan materi soal iman kepada hari akhir kelas 12 semester 1. Beberapa materi soal yang ada, mengambil referensi dari website kemenag.go.id, seperti arti ayat dalam Al-Qur'an beserta tafsirnya. 

Sebelumnya, admin juga telah mempublish materi PAI mengenai hari akhir, baik itu dalam bentuk essay/uraian dan juga pilihan ganda yang bisa Anda baca pada postingan Contoh soal PG PAI kelas 12 semester 1.

Berikut dibawah ini, contoh soal tentang hari kiamat beserta jawabannya dengan pertanyaan pertama dimulai dari nomor 1.

1. Tuliskan Dalil Mengenai hari Akhir dalam Al-Quran Surat an-Naml ayat 87, beserta artinya!
Jawaban:
وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرِ فَفَزِعَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗوَكُلٌّ اَتَوْهُ دٰخِرِيْنَ
Artinya: Dan(Ingatlah) pada hari (ketika) sangkakala ditiup sehingga terkejutlah semua yang ada di langit dan semua yang ada di bumi, kecuali yang Allah kehendaki. Semuanya datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri. (Q.S. an-Naml [27]: 87).

Tafsir Ringkas Kemenag
Dan ingatlah, serta ingatkanlah umatmu, wahai Nabi Muhammad, pada hari ketika sangkakala ditiup oleh malaikat Israfil atas izin Allah, maka terkejutlah siapa dan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi oleh dahsyatnya suara sangkakala tersebut, kecuali siapa dan apa yang dikehendaki Allah untuk dimuliakan. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri dan dalam keadaan hina.

2. Jelaskan pengertian Kiamat Sugra secara lengkap, beserta dalilnya!
Jawaban: kiamat sugra berarti kiamat kecil. Seperti kematian, gempa bumi, gunung meletus, banjir dan lain-lain. Kiamat sugra disebut juga kiamat kecil, yaitu berakhirnya kehidupan masing-masing makhluk. Setiap makhluk yang hidup akan menemui kematian. Binatang-binatang akan mati setelah masa hidupnya selesai. Tumbuh-tumbuhan juga akan mengalami hal yang sama, demikian juga manusia. Hal itu seperti yang dijelaskan Allah Swt. dalam surah ali-Imran ayat 185 di bawah ini
كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَاِنَّمَا تُوَفَّوْنَ اُجُوْرَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَاُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا مَتَاعُ الْغُرُوْرِ
Artinya: Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya. (Q.S. ali-Imran[3] : 185)

Tafsir Ringkas Kemenag
Pada ayat lalu dijelaskan sikap orang-orang munafik yang menduga bahwa mereka dapat menghindar dari kematian. Pada ayat ini Allah menegaskan bahwa kematian dialami oleh setiap makhluk dan bisa terjadi kapan saja. Setiap yang bernyawa akan merasakan mati tanpa terkecuali. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasan kamu dari amal perbuatan baik dan buruk yang kamu lakukan selama di dunia. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kebahagiaan hakiki bukanlah berupa kedudukan dan pangkat yang tinggi, harta yang melimpah, rumah dan istana yang mewah. Semua itu akan musnah. Karena itu, jangan jadikan seluruh perhatian kamu pada kehidupan kini dan sekarang, karena kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya setiap orang yang hanya mementingkan kebahagiaan sementara.

Baca juga:
- 30+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 12 tentang Berpikir Kritis dan Demokratis
- Contoh Soal Essay PAI kelas 11 Semester 1 Beriman Kepada Kitab-kitab Allah
- Contoh Soal Essay PAI kelas 10 tentang Asmaul Husna
- 80 Contoh Soal UAS/PAS PAI Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban SMA/MA/SMK/MAK Lengkap
- Contoh Soal USP PAI kelas 12 dan Kunci Jawaban
Contoh Soal UAS/PAS PAI Kelas X Semester 1 Beserta Jawaban
- Contoh Soal UAS/PAS PAI  kelas 11 semester ganjil

3. Jelaskan pengertian Kiamat Kubra secara lengkap, beserta dalilnya!
Jawaban: Kiamat kubra (kerusakan besar) adalah hancurnya alam semesta dan segala isinya. Keadaan alam semesta dan segala isinya pada waktu terjadi kiamat banyak dijelaskan Allah dalam al-Qur’an. Kapan terjadinya hari kiamat kubra, hanya Allah saja yang mengetahui. Tidak ada satu makhluk pun yang mengetahuinya termasuk para malaikat Allah. Setelah kiamat kubra terjadi maka malaikat Israfil akan meniup sangkakala untuk yang kedua kalinya. Hal ini pertanda Allah akan membangkitkan dan menghidupkan kembali manusia yang paling akhir yang hidup di muka bumi akan bangkitnya dari alam kubur. Peristiwa ini dinamakan Yaumul Ba’ast.
Allah Swt. telah menggambarkan kejadian hari kiamat kubra dalam Al-Quran, sebagai berikut.
a. Surat az-Zumar ayat 68
وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ
Artinya: Sangkakala pun ditiup sehingga matilah semua (makhluk) yang (ada) di langit dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian, ia ditiup sekali lagi. Seketika itu, mereka bangun (dari kuburnya dan) menunggu (keputusan Allah). (Q.S. az-Zumar [9]: 68).

b. Surat al-Qari’ah ayat 1-11.
- Ayat 1
اَلْقَارِعَةُۙ
Artinya: Al-Qāri‘ah (hari Kiamat yang menggetarkan).
- Ayat 2
مَا الْقَارِعَةُ ۚ
Apakah al-Qāri‘ah itu?
- Ayat 3
وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ
Artinya: Tahukah kamu apakah al-Qāri‘ah itu?
- Ayat 4
يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ
Artinya: Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan
- Ayat 5
وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ
Artinya: dan gunung-gunung seperti bulu yang berhamburan.
- Ayat 6
فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِيْنُهٗۙ
Artinya: Siapa yang berat timbangan (kebaikan)-nya,
- Ayat 7
فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ
Artinya: dia berada dalam kehidupan yang menyenangkan.
- Ayat 8
وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ
Artinya: Adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)-nya,
- Ayat 9
فَاُمُّهٗ هَاوِيَةٌ
Artinya: tempat kembalinya adalah (neraka) Hawiyah.
- Ayat 10
وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ
Artinya: Tahukah kamu apakah (neraka Hawiyah) itu?
- Ayat 11
نَارٌ حَامِيَةٌ
Artinya: (Ia adalah) api yang sangat panas.

4. Jelaskan pengertian Hari Kiamat atau Hari Akhir secara lengkap!
Jawaban: hari kiamat adalah peristiwa dimana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang membunuh semua makhluk di dalamnya tanpa terkecuali. Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh malaikat Israfil atas perintah dari Allah Swt. Pada tiupan pertama semua makhluk hidup yang mati kemudian Allah Swt. akan kembali memerintahkan malaikat Israfil untuk meniup terompet untuk kedua kali guna membangunkan semua orang yang telah mati untuk melaksankan hari pembalasan.

5. Apa yang kamu ketahui tentang beriman kepada hari akhir?
Jawaban: Beriman kepada hari akhir artinya meyakini dengan teguh apa yang diberitakan oleh Allah dalam kitab-Nya dan apa yang disampaikan oleh Rasullah saw. dalam hadisnya terkait dengan peristiwa yang terjadi sesudah mati, mulai siksa kubur, azab, dan nikmat kubur dan seterusnya sampai surga dan neraka. Beriman kepada hari akhir merupakan rukun iman yang kelima dari enam rukun iman.

6. Apa yang kamu ketahui mengenai hari kiamat menurut ilmu pengetahuan seperti Astronomi, Geologi dan Fisika?
Jawaban:
- Menurut Astronomi: Astronom Sir Jame Jeinz, bumi dan planet-planet lain dari tata surya, beredar mengelilingi matahari. Namun daya tarik menarik antara bumi dan planet-planet lain dengan matahari dengan tidak selamanya utuh. Kian lama kian surut, akhirnya habis sama sekali. Bisa dibayangkan apa yang terjadi, jika keseimbangan daya tarik menarik itu tak ada lagi. Bumi akan bertubrukan dengan planet-planet lain atau meluncur menubruk matahari. Kejadian itu dapat menjadikan semua yang ada di bumi ini hancur lebur.

- Menurut Geologi: Bumi ini terjadi dari semacam gas panas atau nebula. Dalam waktu jutaan tahun gas panas itu makin lama makin dingin, sehingga akhirnya membeku dan menjadi zat padata seperti yang terdapat pada kulit bumi. Tetapi dalam perut bumi masih tersimpan gas-gas panas yang sifatnya berkembang dan mendesak arah ke luar. Suatu saat jika terjadi tekanan gas panas dari dalam bumi maka terjadilah letusan gunung dan gempa.

- Menurut Fisika: Febdian Rusydi seorang ahli fisika punya penjelasan ilmiah mengenai bagaimana terjadinya kiamat. Febdian mengatakan kiamat terjadi di bumi ketika sistem gravitasi yang ada menjadi kacau oleh aliran panas bumi di lapisan mantel. Mantel adalah lapisan tempat panas bumi berada. Saat itu terjadi pergerakan lempengan bumi yang ditandai dengan munculnya gempa. Pergerakan lempeng di bumi itu terus menerus berlanjut alias berevolusi. Bukti ilmiah menunjukkan dulu di bumi hanya ada satu kontinen besar sebelum akhirnya terpecah belah menjadi yang sekarang ini. Pengaruh gaya gravitasi sangat besar. Sehingga jika terjadi gempa dengan skala yang luar biasa maka efek yang dihasilkannya pun besar pula. Gunung pun bisa terangkat dan terbalik.

7. Tuliskan Q.S. al-Jatsiyah ayat 24 beserta artinya!
Jawaban:
وَقَالُوْا مَا هِيَ اِلَّا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا نَمُوْتُ وَنَحْيَا وَمَا يُهْلِكُنَآ اِلَّا الدَّهْرُۚ وَمَا لَهُمْ بِذٰلِكَ مِنْ عِلْمٍۚ اِنْ هُمْ اِلَّا يَظُنُّوْنَ
Artinya: Mereka berkata, “Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup, dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa.” Padahal, mereka tidak mempunyai ilmu (sama sekali) tentang itu. Mereka hanyalah menduga-duga. (Q.S. al-Jatsiyah[45] : 24)

Tafsir Ringkas Kemenag
Dan mereka, orang-orang musyrik dan yang mengingkari kebangkitan, berkata, “Ia, yakni kehidupan ini, tidak lain hanyalah kehidupan dunia kita saja, tidak ada kehidupan akhirat, sebahagian kita mati karena sampai ajalnya dan sebahagian kita hidup, yakni lahir lagi dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa, yakni akhir dari kehidupan kita.” Tetapi mereka tidak mempunyai ilmu, yakni pengetahuan yang pasti, tentang itu, mereka hanyalah menduga-duga saja.

8. Sebutkan tanda-tanda kecil dan besar kiamat yang dikatakan oleh Nabi Muhammad Rasulullah saw, dalam hadis yang diwirayatkan oleh Ibnu Syibah, Muslim, dan Turmudzi.
Jawaban:
a. Tanda-tanda kecil kiamat, antara lain.
1) Hamba sahaya perempuan melahirkan tuannya
2) Ilmu agama dianggap tidak penting
3) Perzinaan, minuman keras, fitnah, pembunuhan merajarela dimana-mana.
4) Jumlah wanita lebih banyak daripada laki-laki dengan perbandingan 50:1
5) Banyak terjadi gempa bumi/musibah/bencana alam
6) Lahirnya dajjal (tukang dusta) yang mengaku dirinya utusan Allah Swt.

b. Tanda-tanda besar kiamat, antara lain:
a. Matahari terbit dari barat
b. Munculnya binatang ajaib yang dapat berbicara
c. Seluruh manusia menjadi kafir dan lenyapnya Al-Qur’an
d. Rusaknya Ka’bah dengan sendirinya.
e. Berkuasanya bangsa Ya’juj dan Ma’juj di muka bumi.

9. Apa yang kamu ketahui tentang Yaumul ba’ats/hari kebangkitan?
Jawaban: Yaumul ba’ats artinya hari kebangkitan manusia dari alam kubur menuju ke padang mahsyar. Yaumul Ba’ats terjadi setelah malaikat israfil meniup sangkakala yang kedua kalinya.

10. Tuliskan Q.S. al-Zalzalah ayat 6 yang berisikan Yaumul ba’ats beserta artinya!
Jawaban:
يَوْمَىِٕذٍ يَّصْدُرُ النَّاسُ اَشْتَاتًا ەۙ لِّيُرَوْا اَعْمَالَهُمْۗ
Artinya: Pada hari itu manusia keluar (dari kuburnya) dalam keadaan terpencar untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatan mereka. (Q.S. al-Zalzalah[99]: 6)

Tafsir Ringkas Kemenag
Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya untuk menuju tempat hisab, atau beranjak dari tempat hisab itu, dalam keadaan berkelompok-kelompok. Kondisi mereka beragam; sebagian merasa tenang dan sebagian yang lain begitu gundah dan ketakutan. Mereka digiring dengan gegas ke surga atau neraka untuk diperlihatkan kepada mereka balasan semua perbuatannya yang telah Allah janjikan.

Lanjut ke soal nomor 11-20 ==> soal essay PAI kelas 12 tentang hari kiamat

Posting Komentar untuk "30 Contoh Soal Essay PAI Kelas 12 Tentang Hari Akhir Beserta Jawaban"