Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part3

Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part3 - Berbeda dengan soal essai ekonomi peminatan kelas 11 semester ganjil k13 bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal nomor 11-30) yang diambil dari materi "Pendapatan Nasional" (Bab 1). Soal essay/uraian ekonomi bagian ke-3 postingan ini diambil dari Bab 2, "Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi".

Dimulai dari pertanyaan nomor 31, berikut di bawah ini soal ekonomi kelas xi semester ganjil kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban.

31. Masa di mana masyarakat berproduksi hanya untuk memenuhi kebutuhan kelompok sendiri. Pada masa ini keluarga mereka masih sangat sederhana,merupakan masa….
Jawaban : Rumah tangga tertutup

32. Untuk mengukur pertumbuhan ekonomi nilai PDB yang digunakan adalah….
Jawaban : PDB atau Produk Domestrik Bruto

33. Adam Smith meluncurkan buku yang berjudul “The of Nation”pada tahun….
Jawaban : Perubahan pendapatan nasional rill dalam jangka waktu panjang.

34. Tahap pertumbuhan ekonomi di mana pertukaran atau perdagangan sudah melewati batas-batas negara karena antarnegara ternyata saling membutuhkan,merupakan tahap….
Jawaban : Untuk meningkatkan taraf hidup atau tingkat kesejahteraan masyarakat

35. Tokoh yang berpendapatan bahwa pertumbuhan penduduk yang terlalu besar (hingga dua kali lipat)bisa menyebabkan melimpahnya tenaga kerja. Tenga kerja yang melimpah menyebabkan upah yang diterima menurun,di mana upah tersebut hanya biasa untuk membiayai tingkat hidup minimum(Subsistence level)adalah….
Jawaban : Kemiskinan, keterbelakangan, lapangan kerja,pemerintah pembangunan.

36. Menurut Simon Kuznets, pertumbuhan ekonomi adalah….
Jawaban : Peningkatan kemampuan suatu negara untuk menyediakan barang-barang ekonomi bagi penduduknya dan pertumbuhan kemampuan ini disebabkan oleh kemajuan teknologi dan kelembagaan serta penyesuaian ideology yang dibutuhkan

37. Suatu negara dikatakan telah mengalami pertumbuhan ekonomi bila jumlah….
Jawaban : PDB tahun sekarang lebih besar dibanding PDB tahun sebelumnya

38. Seorang yang mampu dan berani untuk mengambil resiko dalam melakukan suatu usaha guna memperoleh keuntungan disebut….
Jawaban : Joseph Schumpeter

39. Teori yang menekankan tentang pentingnya peranan pengusaha dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi dan para pengusaha merupakan golongan yang akan terus-menerus membuat pembaruan atau inovasi dalam ekonomi,merupakan teori dari….
Jawaban : Kewirausahaan (entrepreneurship)

40. Peralatan yang sangat dibutuhkan untuk mengelola perekonomian modern,terutama bagi perekonomian yang sangat mengandalkan mekanisme pasar disebut….
Jawaban : Manajemen

Lanjut ke soal nomor 41-55 ==> Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part4

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part3"