Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Mengawali Pidato Lengkap dengan Contohnya

Apakah Anda bingung untuk mengawali Pidato? Kalau ya, admin akan memberikan 11 tips mengawali pidato, lengkap dengan contohnya di artikel ini.

Lancar atau tidak komunikasi banyak ditentukan pada awal berpidato. Bagaimanakah cara mengawali pidato?

1. Awal Pidato dengan Rasa Syukur
Contoh:
Dalam kesempatan ini saya ucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang yang telah memberikan nikmat berupa kesehatan kepada kita semua sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul di sini….

2. Awal Pidato dengan Gambaran Umum
Contoh:
Belajar adalah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Belajar ini berlangsung seumur hidup. Belajar tidak harus dilakukan di sekolah, tetapi dapat juga dilakukan di rumah atau di mana saja. Belajar tidak mengenal usia. Belajar tidak hanya dilakukan anak-anak dan remaja, tetapi juga dapat dilakukan oleh orang tua.
Saya bersyukur dan berterima kasih kepada teman-teman yang telah memahami dan menyadari arti penting belajar. Di alam terbuka ini, kita tetap belajar, yakni dengan memahami masalah……

3. Awal Pidato dengan Cerita yang Umum Dikenal
Contoh:
Ada anak yang disuruh menggembalakan hewan ternak. Anak ini amat dekil dan kurus. Tiba-tiba datang menghampiri seorang saudagar kaya yang berminat membeli hewan-hewan ternak itu. Saudagar itu memaksa anak kerempeng itu agar menjual hewan-hewan ternak itu kepadanya. Si anak tetap tidak mau menjualnya karena hewan itu bukanlah miliknya. Kata si anak, “Ini hewan-hewan titipan. Mana mungkin saya menjualnya.”
“Ah, orang yang menyuruhmu menggembalakan ternak ini tidak akan tahu,” goda Saudagar.
“Saya tetap tidak berani. Ini bukan milik saya, “tegas anak dekil itu. Saudagar itu berlalu dengan kecewa. Hadirin walau anak itu dekil dan kurus, tetapi berhati emas. Dia sangat jujur . Nah, kejujuran merupakan…..

Baca juga:
- Contoh Pidato dengan Tema Perpisahan Sekolah SD, SMP, SMA yang Singkat
- Contoh Soal bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 beserta kunci jawaban tentang merangkum isi diskusi dan mengomentari pendapat dalam diskusi atau seminar.
- Contoh Soal PG bahasa Indonesia mengenai proposal kegiatan
- Contoh Soal PG bahasa Indonesia tentang menilai karya melalui resensi
- Contoh soal pilihan ganda bahasa Indonesia tentang naskah drama
4. Awal Pidato dengan Cerita Lucu
Contoh:
Alkisah, ada seorang guru bertanya kepada muridnya: “Apakah ibu kota Peru?” sang murid menjawab: “Lima, Bu!”. Nah, tiba-tiba di bagian bangku belakang ada yang nyeletuk: “Wah, banyak juga ya ibu kotanya!””Dari cerita tersebut, kadang ada sebagian orang yang tidak mengenal negara-negara di dunia ini. Padahal, ilmu pengetahuan tentang negara-negara lain sangat penting pada zaman globalisasi ini, sebab…….

5. Awal Pidato dengan Perkenalan Diri
Contoh:
Perkenalkan, nama saya Mustika. Saya berasal dari Bandung. Jika teman-teman tahu, Kota Bandung dikenal sebagai kota yang kreatif. Di sana banyak seniman, artis, hingga makanan yang selalu sangat beragam. Semua itu hasil kreativitas. Kreativitas adalah…

6. Awal Pidato dengan Cerita Unik
Contoh:
Sebelumnya, saya ingin menceritakan sebuah pengalaman pribadi. Kemarin saya diajak oleh ayah ke sebuah pameran komputer dan HP. Wah, ternyata di pameran tersebut saya mendapatkan informasi mengenai perkembangan internet. Ternyata, internet sudah menjadi media baru. Internet telah menggeser media cetak dan televisi. Kini orang dapat membaca tulisan berita, film, hiburan dan musik hanya dari Handphone/HP. Begitu pula dengan hubungan antarmanusia yang tidak lagi terbatas jarak dan waktu. Dengan gambaran dari cerita saya, pada pidato kali ini saya akan mengemukakan…..

7. Awal Pidato dengan Fakta Hadirin
Contoh:
Saya sangat gembira dengan kehadiran teman-teman dalam lomba pidato yang diselenggarakan sekolah kami. Teman-teman dengan antusias menyambut dan ikut serta dalam kegiatan lomba pidato kali ini. Tadi, saya melihat ada sebagian peserta yang masih memantapkan diri dengan berlatih berpidato di belakang gedung ini. Rupanya, keinginan rekan-rekan untuk memenangi lomba pidato sangat kuat. Kami sangat bangga, itu berarti rekan-rekan…..

8. Awal Pidato dengan Contoh
Contoh:
Kemarin, saya bertemu dengan salah seorang siswa teladan nasional yang kebetulan berkunjung ke rumah saya. Saya mendapat banyak masukan tentang bagaimana cara dia untuk dapat menjadi siswa teladan. Rupanya, semua berawal dari ketekunan dan kegigihan dia dalam belajar. Belajar dengan gigih dan tekun sangat penting…..

9. Awal Pidato dengan Mengutip Kata Bijak
Contoh:
Ada sebuah pepatah mengatakan “seribu teman terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak.” Itu berarti, pertemanan dan persahabatan sangatlah dianjurkan. Sikap bermusuhan sangat merugikan kita. Dalam kesempatan ini, saya akan mengetengahkan tema mengenai pentingnya menjalin persatuan dan kesatuan……

10. Awal Pidato dengan Alat Peraga
Contoh:
Apa yang saya pegang ini adalah selembar kertas kosong. Kertas kosong ibarat sebuah ladang ide yang harus kita isi. Begitu pula dengan diri kita. Jangan biarkan diri dan pikiran kita kosong. Kita harus mulai untuk mengisi hari-hari di sekolah ini dengan kegiatan yang bermanfaat….

11. Awal Pidato dengan Mengajak Hadirin
Contoh:
Teman-teman, saya selaku ketua panitia pengumpulan sumbangan korban bencana alam menghimbau agar sekolah kita ikut serta. Di sana sudah ada kotak kosong. Tolong diedarkan. Kita mulai dengan hal kecil. Bagi teman-teman yang ingin menyumbang, silakan menyumbang dengan seiklasnya.

Referensi materi: Adrian R. Nugraha, 2009, Pandai Berpidato, Bandung, PT. Gading Inti Prima

Baca juga:
- Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD dalam Bahasa Inggris
- 30 soal UAS/PAS B. Indonesia kelas 11 semester genap kurikulum 2013
- 45 contoh soal PAT Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2

Posting Komentar untuk "11 Tips Mengawali Pidato Lengkap dengan Contohnya"