Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Dalam Fisika dan Artinya (Definisi dan Pengertiannya)

Istilah dalam fisika dan artinya pada tulisan ini berbentuk pertanyaan, yang nantinya akan didefinisikan dalam bentuk jawaban. Definisi dan Istilah yang dibuat ini, diharapkan dapat membantu Anda memahami banyaknya kosakata Inggris/Asing yang ada pada ilmu fisika.

1. Jelaskan arti dari Magnetic bottle?
Jawab: Botol magnetik adalah medan gaya magnetik yang dipakai untuk menyimpan partikel-partikel bermuatan (seperti dalam fusi nuklir, dimana partikel-partikel itu disimpan di dalam plasma). Plasma sebagai penyimpanan partikel itu dapat mencapai temperatur 100 juta derajat Celsius atau lebih, dan setiap partikel yang berada di dalamnya akan menguap secara tiba-tiba.

2. Apa yang dimaksud dengan Cryometer?
Jawab: Kriometer  adalah termometer yang dirancang untuk mengukur temperatur yang sangat rendah.

3. Apa yang dimaksud Crystal rectiffier?
Jawab: Kristal pelurus  adalah suatu dioda semikonduktor.

4. Apa yang dimaksud dengan Cryogenics?
Jawab: Kriogenika adalah ilmu fisika pada temperatur yang sangat rendah. Termasuk pula teknik untuk memperoleh temperatur yang sangat rendah serta studi tentang kelakuan material apabila material itu didinginkan.

5. Apa yang dimaksud dengan Crystal?
Jawab: Kristal adalah suatu benda padat yang bentuk geometerinya teratur. Di dalam kristal partikel-partikel (atom-atom, ion-ion, atau molekul-molekulnya)-nya tersusun secara teratur dan berulang dalam ruang. Susunan-susunan dari partikel-partikel pada kristal dinamakan struktur kristal. Posisi partikel-partikel dalam kristal tersusun seperti kisi-kisi yang merupakan titik-titik dalam ruang. Bentuk luar dri kristal bergantung pada susunan partikel-partikel di bagian dalamnya, selain itu juga bergantung pada cara bagaimana kristal itu dibentuk.

6. Apa yang dimaksud dengan Cryogenic?
Jawab: Kriogenik adalah cara-cara memperoleh temperatur rendah dan studi tentang gejala-gejala pada temperatur rendah.

7. Apa yang dimaksud dengan Cryoscopy?
Jawab: Krioskopi adalah teknik menentukan titik beku.

8. Apa yang dimaksud dengan Crystallography?
Jawab: Kristalografi adalah ilmu yang mempelajari pembentukan, struktur dan sifat-sifat dari kristal.

9. Apa yang dimaksud Cryostat?
Jawab: Kriostat adalah suatu wadah untuk menyimpan sampel pada temperatur yang sangat rendah.

10. Jelaskan arti dari Machine?
Jawab: Mesin/pesawat adalah suatu alat untuk mentransmisikan daya antara satu tempat ke tempat yang lain. Gaya berguna dari mesin itu adalah  yang dilakukan mesin itu terhadap beban atau yang lainnya. Tujuan membuat mesin/pesawat adalah untuk mengatasi beban yang besar dengan hanya sedikit usaha. Untuk setiap pesawat, hubungan ini diukur dalam perbandingan gaya, yaitu gaya berguna dari mesin  dibagi dengan gaya yang diberikan oleh pemakai (F1).

Kerja yang dilakukan oleh mesin (kerja mesin) tidak dapat melebihi kerja yang diberikan kepada mesin itu. Dengan demikian untuk mesin yang efisiensinya 100% (pada kenyataannya tidak pernah ada) maka:

jika  F2 > F1 maka  S2  <  S1 dan
jika F2 < F1 maka  S2  >  S1

dimana S2   dan S1  masing-masing adalah jarak yang ditempuh karena gaya Fdan gaya Fselama waktu tertentu.

Hubungan antara S2  dan S1 dinamakan pula sebagai perbandingan jarak atau perbandingan kecepatan, yaitu dinyatakan dengan S1 : S2.

Untuk bagian kedua nomor 11-20, baca: Istilah dalam fisika dan artinya (definisi dan pengertiannya) part-2

Posting Komentar untuk "Istilah Dalam Fisika dan Artinya (Definisi dan Pengertiannya)"