Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~ Part-7

Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~ Part-7 adalah soal essai terakhir dengan materi soal tentang Gejala Sosial dalam Masyarakat, dan bagian ketujuh merupakan lanjutan soal essai sosiologi peminatan kelas 10 semester genap K13 bagian ke-6 (nomor 76-90)..

Untuk soal-soal sosiologi peminatan dalam bentuk pilihan ganda/PG, anda bisa membacanya, dari awal... disini.

Berikut dibawah ini, soal essay sosiologi dan kunci jawaban untuk siswa SMA/MA dimulai dari pertanyaan nomor 91.

91. Tulislah definisi masalah sosial menurut Soerjono Soekanto!
Jawaban: Soerjono Soekanto menyatakan bahwa masalah sosial adalah permasalahan-permasalahan yang muncul dalam masyarakat, bersifat sosial, dan berhubungan erat dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan.

92. Apa yang anda ketahui tentang peperangan?
Jawaban:
Peperangan adalah bentuk pertentangan yang dahsyat, sehingga merugikan dan menimbulkan banyak korban atau terjadi disorganisasi, baik di negara yang menang maupun di pihak yang kalah.

93. Masalah generasi muda ditandai dengan dua ciri yang berlawanan, sebutkan!
Jawaban: Masalah generasi muda ditandai dengan dua ciri yang berlawanan, pertama adanya keinginan melawan misalnya dalam bentuk radikalisme dan delinkuensi yang disertai dengan suatu rasa takut bahwa masyarakat akan hancur karena perbuatan-perbuatan menyimpang. Kedua, adanya sikap apatis yang disertai rasa kecewa terhadap masyarakat.

94. Jelaskan pengertian separatism!
Jawaban: separatisme adalah suatu gerakan sekelompok orang yang bersifat sistematis dan terorganisir untuk memisahkan diri (membebaskan) dari pemerintah pusat (NKRI).

95. Mengapa masa remaja dirasakan sebagai suatu krisis?
Jawaban: Masa remaja dirasakan sebagai suatu krisis karena belum adanya pegangan, sedangkan kepribadiaannya sedang mengalami pembentukkan.

96. Apa yang dimaksud manifest social problems?
Jawaban: Manifest social problems adalah masalah sosial yang timbul sebagai akibat terjadinya ketidakseimbangan dalam masyarakat, yang dikarenakan tidak sesuainya tindakan dengan norma dan nilai yang ada dalam masyarakat.

97. Sebutkan beberapa masalah sosial dari faktor ekonomi!
Jawaban: Masalah sosial dari faktor ekonomi adalah kemiskinan, penggangguran, gelandangan, banyak nya jumlah pengemis, dan sebagainya.

98. Apa kriteria utama suatu masalah sosial?
Jawaban: Kriteria utama suatu masalah sosial adalah tidak adanya penyesuaian antara ukuran-ukuran dan nilai-nilai sosial dengan kenyataan-kenyataan serta tindakan-tindakan sosial.

99. Sosiologi termasuk disiplin ilmu normative, bukan merupakan disiplin ilmu kategori, jelaskan maksudnya!
Jawaban: Sosiologi termasuk disiplin ilmu normative, bukan merupakan disiplin ilmu kategori yang membatasi diri pada kejadian saat ini dan bukan apa yang terjadi atau seharusnya terjadi.

100. Mengapa masa remaja dianggap sebagai suatu masa yang berbahaya?
Jawaban: Masa remaja merupakan suatu masa yang berbahaya, karena pada periode itu seseorang eninggalkan tahap kehidupan anak-anak, untuk menuju ke tahap selanjutnya yaitu kedewasaan dank arena itu remaja memerlukan kedewasaan.

Lanjut ke soal penilian tengah semester genap => Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

atau lanjut ke soal setelah MID (nomor 101-120) => Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban~Part-8

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~ Part-7"