Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Singkat Mengenai Pentingnya Disiplin

Contoh pidato singkat mengenai pentinya kedisiplinan/displin tulisan ini bisa dijadikan referensi bagi Anda yang mencari bahan ceramah/sambutan sekitar kedisiplinan. Sebelumnya, admin telah mempublish 11 Tips Mengawali Pidato Lengkap dengan Contohnya serta Contoh Pidato dengan Tema Perpisahan Sekolah SD, SMP, SMA yang Singkat.

Berikut dibawah ini contoh pidato singkatnya.

Hadirin yang saya hormati,
Pertama-tama, kita patut bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin-Nyalah kita dapat hadir dalam rangka pembukaan “Pekan Displin Sekolah”ini. Pendidikan disiplin merupakan suatu proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu, atau membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu, terutama untuk meningkatkan kualitas mental dan moral. Di dalam keluarga pendidikan disiplin dapat diartikan sebagai metode bimbingan orang tua agar anaknya mematuhi bimbingan tersebut.

Setiap orang tua pasti berusaha untuk mengajarkan disiplin kepada anak-anaknya dengan menanamkan perilaku yang dianggap baik dan menghindari perilaku yang tidak baik. Hal ini memang akan lebih mudah dilakukan jika anak sebagai seorang individu mematuhi kemauan orang tuanya. Namun demikian, tujuan utama dari disiplin bukanlah hanya sekedar menuruti perintah atau aturan saja. Patuh terhadap perintah dan aturan merupakan bentuk disiplin jangka pendek.

Baca juga:
- 20+ Soal Essay Teks Prosedur dan Jawabannya Kelas 11 Semester 1 Bahasa Indonesia
- Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 Beserta Kunci Jawaban Tentang Teks Prosedur
- 79 Soal Bahasa Indonesia dan Jawabannya Kelas 12 Semester 1 (Persiapan UAS/PAS)

Sedangkan tujuan pendidikan disiplin adalah agar setiap individu memiliki disiplin jangka panjang, yaitu disiplin yang tidak hanya didasarkan pada kepatuhan terhadap aturan atau otoritas, tetapi lebih kepada pengembangan kemampuan untuk mendisiplikan diri sendiri sebagai salah satu ciri kedewasaan individu.

Kemampuan untuk mendisiplikan diri sendiri terwujud dalam bentuk pengakuan terhadap hak dan keinginan orang lain, dan mau mengambil bagian memikul tanggung jawab sosial secara manusiawi. Hal inilah yang sesungguhnya menjadi hakikat dari disiplin.

Referensi: Adrian R. Nugraha, 2009, Pandai Berpidato, Bandung, PT. Gading Inti Prima

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Singkat Mengenai Pentingnya Disiplin"