Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Contoh Soal Essay PAI Kelas 12 Tentang Hari Akhir Beserta Jawaban~2

Contoh soal essay Agama Islam tentang hari kiamat kelas 12 semester 1 bagian kedua, merupakan lanjutan 30 contoh soal essay PAI kelas 12 tentang hari akhir bagian sebelumnya (soal nomor 1-10).

Adapun untuk materi soal hari akhir dalam balam bentuk pilihan ganda, silahkan baca tulisan: contoh soal PG PAI kelas 12 semester 1.

Dimulai dari pertanyaan nomor 11, berikut di bawah ini soal dilengkapi kunci jawaban

11. Apa yang kamu ketahui tentang Yaumul Mizan/hari pertimbangan amal?
Jawaban: Yaumul Mizan artinya hari pertimbangan amal baik dan buruk manusia. Ketika itu ada “shirath” yaitu jalur penentu setiap manusia setelah dihisab dan ditimbang amal baik dan buruknya. Pada tahap ini manusia akan ditentukan masuk neraka atau masuk surga

12. Tuliskan Q.S. al-Anbiya ayat 47 yang berisikan mengenai yaumul mizan beserta artinya!
Jawaban:
وَنَضَعُ الْمَوَازِيْنَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔاۗ وَاِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ اَتَيْنَا بِهَاۗ وَكَفٰى بِنَا حٰسِبِيْنَ
Artinya: Kami akan meletakkan timbangan (amal) yang tepat pada hari Kiamat, sehingga tidak seorang pun dirugikan walaupun sedikit. Sekalipun (amal itu) hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkannya. Cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan. (Q.S. al-Anbiya[21]: 47)

Tafsir Ringkas Kemenag
Dalam menilai perbuatan hamba-hamba-Nya di akhirat, Allah menjamin akan menegakkan keadilan yang sebenarnya. Dan Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, dengan data yang objektif dan akurat; maka tidak seorang pun dirugikan walau sedikit, sehingga tidak ada seorang hamba yang amal kebaikannya dikurangi atau kejahatannya dilebih-lebihkan, sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkan pahala untuk perbuatan baik dan hukuman untuk perbuatan jahat. Dan cukuplah Kami yang membuat perhitungan terhadap perbuatan manusia dengan seadil-adilnya, objektif, tepat, dan akurat.

13. Apa yang kamu ketahui tentang Yaumul Mahsyar/hari dikumpulkan?
Jawaban: Yaumul Mahsyar artinya hari dikumpulkannya manusia dari umat Nabi Adam sampai umat Nabi Muhammad saw. (umat akhir zaman) di padang mahsyar dalam keadaan bermacam-macam sesuai dengan amal perbuatannya masing-masing.

14. Tuliskan Q.S. al-Kahfi ayat 47 mengenai yaumul mashyar beserta artinya!
Jawaban:
وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْاَرْضَ بَارِزَةًۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ اَحَدًاۚ
Artinya: (Ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung (untuk dihancurkan) dan engkau melihat bumi itu rata. Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia) dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka. (Q.S. al-Kahfi [18]: 47)

Tafsir Ringkas Kemenag
Dan ingatlah pada hari yang ketika itu Kami perjalankan gunung-gunung, yakni Kami hancurkan sehingga ia menjadi bagai kapas yang beterbangan, dan engkau akan melihat bumi itu rata karena tidak ada lagi gunung, tanaman ataupun bangunan, dan Kami kumpulkan mereka di Padang Mahsyar, tempat berkumpulnya seluruh manusia baik yang hidup dahulu maupun kemudian, dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka di dalam kuburnya, yakni di alam barzakh.

15. Apa yang kamu ketahui tentang Yaumul hisab/hari perhitungan amal?
Jawaban: Yaumul hisab artinya hari perhitungan amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. Ketika dilaksanakan hisab ini yang berbicara bukanlah mulut tetapi semua anggota badan yang menjadi saksi sehingga tidak satu pun perbuatan yang terlepas dari perhitungan.

Baca juga:
- 30+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 12 tentang Berpikir Kritis dan Demokratis
- Contoh Soal Essay PAI kelas 11 Semester 1 Beriman Kepada Kitab-kitab Allah
- Contoh Soal Essay PAI kelas 10 tentang Asmaul Husna
- 80 Contoh Soal UAS/PAS PAI Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban SMA/MA/SMK/MAK Lengkap
- Contoh Soal USP PAI kelas 12 dan Kunci Jawaban
Contoh Soal UAS/PAS PAI Kelas X Semester 1 Beserta Jawaban
- Contoh Soal UAS/PAS PAI  kelas 11 semester ganjil

16. Tuliskan Q.S. Yasin ayat 65 mengenai yaumul hisab beserta artinya!
Jawaban:
اَلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلٰٓى اَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَآ اَيْدِيْهِمْ وَتَشْهَدُ اَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ
Artinya: Pada hari ini Kami membungkam mulut mereka. Tangan merekalah yang berkata kepada Kami dan kaki merekalah yang akan bersaksi terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. (Q.S. Yasin[36]: 65

Tafsir Ringkas Kemenag
Pada hari ini Kami tutup mulut mereka sehingga tidak dapat berkata bohong atau berdalih sedikit pun. Tangan mereka akan berkata kepada Kami perihal perbuatan yang mereka lakukan di dunia, dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. Dengan demikian, mereka tidak mungkin mengelak atas dosa yang telah mereka lakukan (Lihat Surah Fussilat/41: 19-20).

17. Apa yang kamu ketahui tentang Yaumul barzah/Alam Kubur?
Jawaban: Alam barzah adalah kurun waktu/periode di antara saat kematian manusia di dunia ini dengan saat pembangkitan (dihidupkannya kembali) manusia di hari pembalasan. Adapun yang dimaksud dengan alam kubur, yaitu batas antara alam dunia dan alam akhirat.

18. Tuliskan Q.S. al-Mu’minun ayat 99-100 yang berisikan Yaumul barzah beserta artinya!
Jawaban:
- Ayat 99
حَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءَ اَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُوْنِ ۙ

Artinya: (Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu) hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke dunia) (Q.s. al-Mu’minun [23]: 99)
- Ayat 100
لَعَلِّيْٓ اَعْمَلُ صَالِحًا فِيْمَا تَرَكْتُ كَلَّا ۗاِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَاۤىِٕلُهَاۗ وَمِنْ وَّرَاۤىِٕهِمْ بَرْزَخٌ اِلٰى يَوْمِ يُبْعَثُوْنَ
Artinya: agar aku dapat beramal saleh yang telah aku tinggalkan.” Sekali-kali tidak! Sesungguhnya itu adalah dalih yang diucapkannya saja. Di hadapan mereka ada (alam) barzakh) sampai pada hari mereka dibangkitkan. Q.s. al-Mu’minun [23]: 100)

Tafsir Ringkas Kemenag
Orang-orang kafir itu akan terus membangkang, hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka untuk mengakhiri kehi-dupannya di dunia dan menghentikan kenikmatan yang dirasakannya, hingga pada akhirnya ia melihat siksa yang akan diterimanya, dia berkata, “Ya Tuhanku, kembalikanlah aku ke dunia agar aku dapat berbuat kebajikan yang telah aku tinggalkan.” Sekali-kali tidak! Allah tidak akan memenuhi permohonan mereka karena Allah tahu bahwa mereka tidak akan menepati janji. Sesungguhnya itu adalah dalih yang diucapkannya saja. Dan di hadapan serta di belakang mereka ada barzakh, yaitu dinding pemisah antara kehidupan dunia dan akhirat, yang menghalangi mereka kembali ke dunia sampai pada hari mereka dibangkitkan.

19. Tuliskan Dalil Mengenai hari Akhir dalam Al-Quran Surat al-Zalzalah ayat1-2, beserta artinya!
Jawaban:
Ayat 1
اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ
Artinya: Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat, (Q.S. al-Zalzalah[99] : 1)

Tafsir Ringkas Kemenag
Banyak kejadian dahsyat yang terjadi di bumi ketika kiamat tiba. Apabila bumi diguncangkan oleh malaikat atas perintah Allah dengan guncangan yang dahsyat setelah Israfil meniupkan sangkakala pertama,
Ayat 2
وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ
Artinya: bumi mengeluarkan isi perutnya, (Q.S. al-Zalzalah[99] : 2)

Tafsir Ringkas Kemenag
dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat yang dikandung-nya, baik kekayaan yang ada di dalamnya atau mayat-mayat yang terkubur,

20. Sebutkan 4 tahapan perhisaban pada yaumul mahsyar beserta dalilnya!
Jawaban:
a. Merupakan tanya jawab (Q.S. al-Hijr [15]: 92-94)
b. Membaca kitab catatan amal masing-masing (Q.S. al-Infitar [82]: 9-14)
c. Mendengarkan rekaman (Q.S. al-Jatsiyah[45]: 29)
d. Melihat gambar dan foto-foto (Q.S. al-Zalzalah [99]: 6-8)

Lanjut ke soal nomor 21-30 ==> Soal essay tentang hari kiamat kelas 12 semester 1

Posting Komentar untuk "30 Contoh Soal Essay PAI Kelas 12 Tentang Hari Akhir Beserta Jawaban~2"