Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Contoh Soal Essay PAI Kelas 12 Tentang Hari Akhir Beserta Jawaban~3

Contoh Soal pendidikan Agama Islam (PAI) mengenai hari akhir/kiamat kelas 12 semester 1 SMA/MA postingan ketiga, adalah lanjutan 30 soal tentang hari kiamat beserta jawabannya bagian ke-1 dan bagian kedua (soal essay/uraian nomor 11-20).

Sedangkan untuk Anda yang mencari materi soal hari kiamat, dalam bentuk pilihan ganda silahkan baca: contoh soal PG PAI kelas 12 semester 1.

Dimulai dari pertanyaan nomor 21, berikut dibawah ini soal dilengkapi kunci jawaban:

21. Sebutkan 6 hikmah iman kepada hari akhir yang kamu ketahui!
Jawaban:
a. Menjauhkan diri dari asumsi-asumsi yang mengkiaskan apa yang ada di dunia ini dengan apa yang ada di akhirat.
b. Senantiasa pula membendung niat-niat yang buruk apalagi melaksanakannya.
c. Senantiasa tertanam kecintaan dan ketaatan terhadap Allah dengan mengharapkan mau’nah-Nya (pertolongan Allah) pada hari itu.
d. Menyejukkan dan menggembirakan hati orang-orang mukmin dengan segala kenikmatan akhirat yang sama sekali tidak dirasakan di alam dunia ini.
e. Adanya rasa kebencian yang dalam kepada kemaksiatan dan kebejatan moral yang mengakibatkan murka Allah di dunia dan di akhirat.
f. Dengan iman kepada hari Akhir senantiasa memotivasi untuk beramal kebajikan dengan ikhlas mengharap rida Allah semata.

22. Tuliskan Dalil Mengenai hari Akhir dalam Al-Quran Surat al-Infitar ayat1-4, beserta artinya!
Jawaban:
Ayat 1.
اِذَا السَّمَاۤءُ انْفَطَرَتْۙ
Artinya: Apabila langit terbelah, (Q.S. al-Infitar [82] : 1)

Tafsir Ringkas Kemenag
Ada empat peristiwa besar pada hari kiamat yang disebutkan di bagian awal surah ini, dari ayat 1 s.d. 4. Dua peristiwa yang pertama terjadi di langit dan sisanya di bumi. Apabila langit yang demikian besar dan kukuh terbelah, retak, kemudian digulung.

Ayat 2
وَاِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْۙ
Artinya: apabila bintang-bintang jatuh berserakan, (Q.S. al-Infitar/82 : 2)

Tafsir Ringkas Kemenag
Dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan, keluar dari garis edarnya, dan berhamburan secara acak akibat hilangnya gaya tarik-menarik antar-benda angkasa.
Ayat 3
وَاِذَا الْبِحَارُ فُجِّرَتْۙ
Artinya: apabila lautan diluapkan, (Q.S. al-Infitar/82 : 3)

Tafsir Ringkas Kemenag
Dan apabila lautan dijadikan meluap, di mana batas antara satu laut dengan lainnya terbelah dan hancur sehingga air meluap. Air tawar dan asin pun menyatu, berkumpul menjadi lautan raksasa tak bertepi.
Ayat 4
وَاِذَا الْقُبُوْرُ بُعْثِرَتْۙ
Artinya: dan apabila kuburan-kuburan dibongkar, (Q.S. al-Infitar/82 : 4)

Tafsir Ringkas Kemenag
Dan apabila kuburan-kuburan dibongkar sehingga mayat-mayat yang ada di dalamnya hidup kembali lalu berhamburan keluar tak tentu arah.

23. Apa yang kamu ketahui tentang Shirath?
Jawaban: Shirath adalah jembatan yang dipasang di atas neraka jahanam dengan jalan yang sangat menakutkan, semua akan melewatinya untuk menuju ke surga. Di antara mereka ada yang melaluinya dengan sekejap mata, ada pula yang melaluinya secepat kilat, ada seperti angin, ada yang seperti burung, ada yang secepat lari kuda, ada yang berlari, atau berjalan, ada pula yang merangkak, dan ada pula yang diseret, semuanya berjalan sesuai dengan amalnya hingga seseorang yang berjalan dengan sinar yang hanya sebesar ibu jari kakinya. Di antara mereka ada yang diambil kemudian dilempar ke dalam neraka, barang siapa yang dapat melewati shirat ini, maka ia masuk suraga.

24. Sebutkan Hadis Rasullah Saw. mengenai Shirath yang diriwayatkan oleh Imam Muslim!
Jawaban: Shirath diletakkan di atas neraka jahanam, maka aku dan umatkulah yang kali pertama akan melewatinya. “(HR. Muslim)”.

Baca juga:
- 50 Contoh Soal UTS/PTS PAI Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- 45 Contoh Soal UTS PAI kelas 11 Semester 1 dan Kunci Jawaban
- 120+ Soal UTS PAI Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

25. Apa yang kamu ketahui tentang Yaumul Jaza/hari pembalasan?
Jawaban: hari kiamat adalah hari pembalasan seluruh amal perbuatan manusia. Balasan yang akan diberikan Allah Swt. sangat tergantung pada amal yang telah dilakukan selama hidup di dunia. Jika amalnya baik maka balasanya berupa pahala dan surga sedangkan jika amalnya buruk maka balasannya adalah siksa neraka.

26. Tuliskan Q.S. al-Bayyinah [98]: 8), beserta artinya!
جَزَاۤؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗرَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ ۗ ذٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهٗ
Artinya: Balasan mereka di sisi Tuhannya adalah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rida kepada-Nya. Itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.

Tafsir Ringkas Kemenag
Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya bersama segala kenikmatan di dalamnya. Selain itu, mereka mendapat nikmat yang lebih besar. Allah rida terhadap mereka atas keimanan dan amal saleh mereka dan mereka pun rida kepada-Nya atas kemuliaan yang Allah anugerahkan kepada mereka. Yang demikian itu adalah balasan yang agung bagi orang yang takut kepada Tuhannya. Ketakutannya pada siksaan Allah mendorongnya untuk menjauhkan diri dari larangan Allah, termasuk kemusyrikan dan kekafiran.

27. Jelaskan mengenai tingkatan yang ada di dalam Surga dan neraka, dalam berbagai keterangan yang Ada dalam Al-Qur’an!
Jawaban: Dalam berbagai keterangan Al-Qur’an, surga memiliki berbagai macam tingkatan. Orang-orang yang beriman menempatinya sesuai dengan tingkatan keimanan dan ketakwaan mereka pada Allah Swt. Nama-nama surga (7 tingkatan) itu antara lain surga firdaus, surga na’im, surga ma’wa, surga adn, surga khulud, surga darussalam, dan darul maqamah. Sedangkan neraka adalah tempat azab atau siksaan yang Allah sediakan untuk orang-orang kafir dan yang berbuat maksiat. Di dalamnya terdapat berbagai macam siksaan dan beragam hukuman. Penjaganya malaikat yang sangat kasar dan keras. Orang-orang kafir akan kekal di dalamnya, makanan mereka zaqqum (sebuah pohon dalam neeraka, buahnya sangat pahit dan busuk baunya), dan minuman mereka hamim (air panas yang mendidih), api dunia ini hanya merupakan satu bagian dari tujuh puluh bagian dari panasnya api jahanam. Api jahanam lebih panas enam puluh sembilan kali dari api dunia di mana setiap bagiannya sama panasnya dengan api dunia atau lebih. Neraka juga memiliki tingkatan seperti surga, antara lain (7 tingkatan): neraka jahanam, neraka laza, neraka saqar, neraka sa’ir, neraka hutamah, neraka wail, dan neraka hawiyah.

28. Tuliskan Q.S. al-Ahzab[33]: 64-65, beserta artinya!
Jawaban:
Ayat 64.
اِنَّ اللّٰهَ لَعَنَ الْكٰفِرِيْنَ وَاَعَدَّ لَهُمْ سَعِيْرًاۙ
Artinya: Sesungguhnya Allah melaknat orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka (neraka) Sa‘ir (yang menyala-nyala).
Ayat 65.
خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًاۚ لَا يَجِدُوْنَ وَلِيًّا وَّلَا نَصِيْرًا ۚ
Artinya: dalam keadaan mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Mereka tidak akan memperoleh pelindung dan tidak (pula) penolong.

29. Keimanan kepada hari akhir tidak akan mendapatkan nilai yang maksimal bagi seseorang atau manfaat bagi lingkungannya, tanpa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebutkan 5 perilaku cerminan iman kepada Hari Akhir, yang perlu kamu terapkan!
Jawaban:
a. Meneladani perilaku terpuji dari siapa pun tanpa memandang latar belakangnya dan berusaha menerapkan dalam diri pribadi.
b. Melakukan segala pekerjaan yang positif dengan hati riang dan ikhlas.
c. Tidak ragu untuk menolong orang yang kesusahaan karena Allah pasti akan membalasnya. Apabila tidak di dunia ini, Allah pasti akan memberikannya tanpa kecuali.
d. Takut untuk melakukan dosa dan maksiat karena kitat tidak akan pernah mengetahui kedatangan hari kiamat tersebut.
e. Segera bertobat apabila melakukan kesalahan dan segera berusaha memperbaikinya.

30. Tuliskan Q.S. ad-Dukhan[44]: 43-46 yang berisikan tentang pohon zaqqum beserta artinya!
Jawaban:
- Ayat 43.
اِنَّ شَجَرَتَ الزَّقُّوْمِۙ
Artinya: Sesungguhnya pohon zaqum itu

Tafsir Ringkas Kemenag
Ayat-ayat yang lalu menggambarkan hukuman atau azab dunia bagi orang yang melakukan perbuatan dosa. Ayat-ayat berikut menggambarkan azab atau hukuman akhirat bagi mereka yang ingkar. Di antara hukuman itu adalah makanan berupa pohon zaqqum. Sesungguhnya pohon zaqqum itu, yang terdapat di pangkal api neraka itu,
- Ayat 44
طَعَامُ الْاَثِيْمِ ۛ
Artinya: adalah makanan orang yang bergelimang dosa.

Tafsir Ringkas Kemenag
adalah makanan bagi orang yang banyak melakukan perbuatan dosa.
- Ayat 45
كَالْمُهْلِ ۛ يَغْلِيْ فِى الْبُطُوْنِۙ
Artinya: (Zaqum itu) seperti cairan tembaga yang mendidih di dalam perut,

Tafsir Ringkas Kemenag
Pohon itu bentuknya seperti cairan tembaga/minyak yang mendidih di dalam perut,
- Ayat 46
كَغَلْيِ الْحَمِيْمِ ۗ
Artinya: seperti mendidihnya air yang sangat panas.

Tafsir Ringkas Kemenag
seperti mendidihnya air yang sangat panas yang panasnya mencapai titik puncak.

Baca juga:
- 30+ Contoh Soal Essay PAI Kelas 12 tentang Berpikir Kritis dan Demokratis
- Contoh Soal Essay PAI kelas 11 Semester 1 Beriman Kepada Kitab-kitab Allah
- Contoh Soal Essay PAI kelas 10 tentang Asmaul Husna
- 80 Contoh Soal UAS/PAS PAI Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban SMA/MA/SMK/MAK Lengkap
- Contoh Soal USP PAI kelas 12 dan Kunci Jawaban
Contoh Soal UAS/PAS PAI Kelas X Semester 1 Beserta Jawaban
- Contoh Soal UAS/PAS PAI  kelas 11 semester ganjil

Posting Komentar untuk "30 Contoh Soal Essay PAI Kelas 12 Tentang Hari Akhir Beserta Jawaban~3"